Spinner Icon

Feng Shui Kamar Tidur Pengaruhi Kualitas Tidur? Simak Penjelasannya!

Author Image
Info Terbaru · 14 Oktober 2020
Table of Contents:

Feng Shui Kamar Tidur bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang mengalami masalah tidur. Sebelum menerapkan Feng Shui untuk ruangan, mari kita pelajari mengenai Feng Shui terlebih dahulu. Apa itu Feng Shui? Singkatnya Feng Shui merupakan ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia serta bumi dapat hidup dalam keseimbangan harmoni untuk memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif.

Feng Shui memiliki arti Angin dan Air yang sudah ada sejak 6000 tahun silam. Feng Shui mempelajari mengenai bagaimana energi alam semesta dan lingkungan saling mempengaruhi hidup dan keberuntungan seseorang. Terdapat 3 konsep Feng Shui yaitu Qi, Yin dan Yang yang mencakup banyak kekuatan alam salah satunya bentuk dan letak suatu objek. Sudah banyak gedung atau sebuah hunian yang menerapkan Feng Shui ini agar memberikan suasana positif dan ketenangan.

Pada kamar tidur, menurut prinsip Feng Shui bahwa kamar tidur merupakan ruangan penting dalam penerapannya. Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa penerapan Feng Shui Kamar Tidur untuk membantu kamu memperbaiki tidur agar lebih berkualitas.


Feng Shui Kamar Tidur Menyesuaikan Peletakan yang Baik


(Shutterstock)

Penerapan Feng Shui Kamar Tidur yang baik dengan memperhatikan letak tempat tidur yang tepat. Pastikan meletakkan tempat tidur berlawanan dengan dinding serta jauh dari pintu. Hal ini akan memberikan ketenangan serta kenyamanan ketika tidur. Jika tempat tidur berada dekat pada pintu, maka akan semakin mudah mendengar suara-suara dari luar kamar yang menganggu tidur. Selain itu hindari menempatkan kamar tidur di samping kamar mandi atau dapur karena adanya elemen api yang dapat menyebabkan insomnia. Untuk dekorasi seperti lukisan atau foto, sebaiknya tidak diletakkan pada dinding dekat tempat tidur melainkan dipindahkan pada sisi lainnya.


Feng Shui Kamar Tidur yang Nyaman


(Shutterstock)

Selain penempatan tempat tidur, Feng Shui Kamar Tidur yang tepat yaitu dengan memberikan jendela agar cahaya dan sinar matahari baik masuk ke dalam kamar. Tetapi perlu diingat agar tidak menaruh jendela di belakang tepat tempat tidur atau pada posisi kepala. Hal tersebut akan mengakibatkan energi negatif dari luar seperti suara angin, aroma tidak sedap, bayangan, serta cahaya yang akan menganggu penerapan Feng Shui Kamar Tidur. Biarkan cahaya masuk tepat ke dalam ruangan kamar bukan menyinari wajah ketika tidur.


Feng Shui Kamar Tidur dengan Menyingkirkan Benda Ini


(Shutterstock)

Kamu mencintai pekerjaanmu atau menyukai membaca buku? Sampai-sampai memiliki rak buku di kamar tidur atau meletakkan laptop di atas kasur. Hal tersebut merupakan sesuatu yang baik dan menguntungkan. Akan tetapi, ketika berada di kamar tidur sebaiknya benda tersebut disingkirkan dari atas tempat tidur. Simpan barang elektronik di tempat yang aman dan dapat dijangkau. Energi dari benda elektronik dapat menggangu tidur serta Feng Shui Kamar Tidur lho. Pastikan memindahkan rak buku beserta buku-buku di ruangan tertentu. Pasalnya buku memiliki energy negatif yang dapat merangsang pikiran dan mengganggu kualitas tidur.


Menggunakan Aroma Terapi Bisa Menjadi Solusi