Spinner Icon

Rumah Makin Cantik! Cek 14 Inspirasi Gazebo Minimalis Modern

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Januari 2023
Table of Contents:
  • 14 Desain Gazebo Minimalis Modern
  • 1. Gazebo Kayu
  • 2. Gazebo Saung Kayu
  • 3. Gazebo Batu Alam
  • 4. Gazebo Panggung
  • 5. Gazebo Modern dengan Atap Otomatis
  • 6. Gazebo dengan Gaya Arsitektur Jepang
  • 7. Gazebo di Samping Kolam Renang
  • 8. Gazebo yang Besar dan Lebar
  • 9. Gazebo dengan Atap Kubah
  • 10. Gazebo dengan Atap Futuristik
  • 11. Gazebo Bercabang
  • 12. Gazebo Medieval
  • 13. Gazebo dengan Hiasan Mood Lamp
  • 14. Gazebo dengan Tanaman Rambat
  • Kesimpulan

Pada masa modern kini, banyak elemen yang ditambahkan ke dalam desain rumah minimalis untuk mempercantik fasad rumah. Salah satu elemen yang cukup terkenal dan sering ditambahkan ke fasad rumah minimalis adalah gazebo.

Bangunan kecil ini secara khusus dibangun di ruang terbuka sebagai area bersantai atau duduk-duduk bersama keluarga ataupun tamu yang berkunjung ke rumah. Jika diletakkan di muka rumah, gazebo dapat mempercantik penampilan rumah, dan menambah fungsi dari halaman rumah.

Pada artikel ini, akan dibahas beberapa inspirasi desain gazebo minimalis yang modern yang dapat menjadi inspirasi kamu dalam mempercantik rumah. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut. 

14 Desain Gazebo Minimalis Modern

Sedang ingin menambahkan gazebo ke dalam fasad rumah minimalismu? Yuk simak inspirasi-inspirasi desain gazebo minimalis modern berikut ini.

1. Gazebo Kayu

Sebagai salah satu bahan yang sangat umum digunakan dalam konstruksi rumah, kayu juga dapat digunakan untuk bahan pembangunan gazebo. Bahan kayu membuat gazebo menyatu dengan nuansa alam. Kamu dapat menambahkan kesan modern dengan membuat gazebo dalam bentuk balok dengan tiang penopang yang terbuat dari kayu. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tirai pada keempat sisi gazebo untuk menghalau terik matahari.

2. Gazebo Saung Kayu

Selain gazebo dari kayu, di Indonesia penggunaan kayu sebagai bahan pembangunan gazebo sudah umum digunakan, yaitu untuk membangun gazebo model saung sederhana. Model saung sendiri tidak sulit untuk diterapkan, namun sayangnya terkadang terkesan terlalu kuno dan sederhana. Namun untuk meningkatkan kesan modern, kamu dapat menggunakan atap galvalum dan pagar pembatas yang terbuat dari besi berwarna hitam.

3. Gazebo Batu Alam

Selain terbuat dari kayu, gazebo juga dapat kamu buat dengan menggunakan batu alam. Dengan bentuk segi enam, pembatas gazebo yang terbuat dari batu alam membuat gazebo terlihat lebih elegan. Kamu juga dapat mengkombinasikan bahan batu alam dengan elemen kayu pada pembatas gazebo untuk menghasilkan konsep yang lebih asri dan unik.

4. Gazebo Panggung

Dengan tampilan natural menggunakan bahan kayu, desain gazebo yang satu ini memiliki model yang tidak biasa. Gazebo dengan model panggung dibangun dengan lantai yang ditopang oleh sejumlah tiang pendek untuk membentuk panggung.

Pada sisi depan gazebo ini, kamu dapat menambahkan tangga kayu pendek. Selain itu, kamu dapat memasang pagar penahan dari bahan kayu untuk memberikan kesan yang alami layaknya di pedesaan.

5. Gazebo Modern dengan Atap Otomatis

Kamu senang berjemur? Desain gazebo satu ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi kamu. Dengan desain yang minimalis dan modern, bagian atap gazebo ini memiliki sistem buka-tutup otomatis. Atap gazebo ini dapat kamu buka hanya dengan memencet tombol yang kemudian akan melipat atap ke samping.

6. Gazebo dengan Gaya Arsitektur Jepang

Inspirasi desain dari gaya arsitektur Jepang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu desain yang cukup banyak digemari adalah desain gazebo. Ciri khas gazebo dengan gaya Jepang adalah adanya penggunaan kayu, pemilihan palet warna merah bata yang sederhana, serta bentuk atap yang khas dengan bentuk segi enam. Gazebo gaya Jepang umumnya dibuat dengan pilar yang tinggi, pembatas yang rendah, dan konsep ruang terbuka yang memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Baca juga: Cek Inspirasi Desain Taman Jepang Di Sini

7. Gazebo di Samping Kolam Renang

Setelah asyik berenang, kamu tentu membutuhkan tempat untuk bersantai sebentar sambil menikmati pemandangan kolam renang yang menyegarkan. Salah satu solusinya adalah dengan membangun gazebo di samping kolam renang. Untuk meningkatkan kesan minimalis dan modern, kamu bisa membangun gazebo dengan pilar persegi panjang dengan kursi yang menyatu pada rangka gazebo. Kamu bisa membangun gazebo dengan dominasi warna putih sehingga gazebo akan terlihat lebih modern dan elegan.


8. Gazebo yang Besar dan Lebar

Kamu memiliki fasad rumah yang besar atau area taman yang luas? Berarti kamu akan membutuhkan gazebo yang besar juga. Desain gazebo yang besar dan lebar memungkinkan kamu untuk mengadakan acara di gazebo yang mengharuskan kamu untuk mengundang banyak orang.

Dibangun dengan konsep modern, gazebo ini dibangun menggunakan bahan kayu dengan kombinasi warna cokelat dan hitam. Selain itu, kedua sisi gazebo ditutup dengan palet kayu multifungsi yang bisa kamu gunakan untuk menghalau terik matahari ataupun sebagai area untuk tanaman hias. Sebagai tips, kamu bisa membangun gazebo yang lebih tinggi dan pagar pembatas yang lebih rendah untuk menghasilkan tampilan gazebo yang lebih lega dan luas.

9. Gazebo dengan Atap Kubah

Kamu gemar dengan konsep klasik sekaligus modern? Desain atap kubah pada gazebo adalah pilihan yang tepat bagi kamu. Identik dengan desain unik ala arsitektur Yunani Romawi Kuno, desain atap kubah memberikan kesan gazebo yang elegan dan mewah.

Untuk mempercantik desain gazebo, kamu bisa membangun gazebo dengan desain berongga dengan pilar penyangga yang besar. Konsep ruang terbuka ini akan membuat gazebo memiliki sirkulasi angin yang lebih leluasa dan suasana yang lebih sejuk.

10. Gazebo dengan Atap Futuristik

Jika pada desain-desain sebelumnya banyak menyinggung desain gazebo dengan atap datar atau segi enam, desain gazebo yang satu ini memiliki atap yang bertekuk. Dengan konsep futuristik, gazebo dengan atap yang bertekuk dibangun dengan model seperti pergola yang tidak memiliki bagian lantai. Dominasi warna hitam pada desain gazebo ini juga memberikan kesan yang modern dan minimalis.

11. Gazebo Bercabang

Desain gazebo yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu adanya area tambahan di sisi bangunan utama gazebo sehingga membuat gazebo terlihat seakan-akan memiliki cabang. Area tambahan ini bisa kamu gunakan sebagai area barbeque agar membuat acara liburan di gazebo menjadi lebih seru.

12. Gazebo Medieval

Ingin memberikan konsep rustic pada taman rumahmu? Konsep medieval bisa kamu terapkan pada gazebo dengan menerapkan tema abad pertengahan. Kamu bisa menggunakan perabot, seperti meja dan kursi, serta tiang penopang dengan gaya kuno. Untuk mempertajam kesan rustic, kamu juga bisa melengkapi gazebo dengan interior batu bata di sisi tengah ruangan.

13. Gazebo dengan Hiasan Mood Lamp

Salah satu fungsi utama dibangunnya gazebo adalah untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau orang terdekat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun gazebo agar waktu bersama dengan keluarga menjadi lebih nyaman, salah satunya adalah menggunakan hiasan mood lamp. Kamu juga bisa menambah dengan berbagai hiasan lain, misalnya sofa, vas bunga, serta bunga-bunga atau tanaman untuk membuat tampilan lebih asri. Hiasan-hiasan ini akan membuat gazebo memiliki kesan yang lebih romantis dan hangat.

14. Gazebo dengan Tanaman Rambat

Meskipun terbuat dari rangka besi, kamu bisa membuat gazebo kamu tetap terlihat menyatu dengan alam. Salah satu trik yang bisa kamu gunakan adalah dengan menumbuhkan tanaman rambat di sekitar rangka gazebo. Tanaman rambat ini akan memberikan nuansa gazebo yang lebih nyaman dan asri setelah tanaman ini tumbuh lebat.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendesain Saung Depan Rumah? Cek Semua Di Sini


Kesimpulan

Demikian berbagai inspirasi yang bisa kamu gunakan saat membangun gazebo untuk fasad rumah minimalis. Pastikan kamu bisa menyesuaikan konsep gazebo yang ingin kamu bangun dengan konsep yang kamu bangun untuk rumah minimalismu agar tetap selaras.

Kini setelah mengetahui berbagai inspirasi gazebo minimalis untuk rumah, kamu bisa mulai mewujudkan rumah impianmu bersama Bank BTN. Bank BTN menyediakan program KPR bagi masyarakat untuk bisa mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program KPR dari BTN? Kamu bisa mengunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut. Selain itu, website kami juga menyediakan banyak informasi lainnya seputar properti yang pastinya bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang ingin membangun atau membeli rumah. Klik link ini untuk langsung mengunjungi website kami.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua