Spinner Icon

Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Agustus 2022
Table of Contents:

Minimalis merupakan gaya hunian yang tengah digandrungi oleh anak-anak muda. Gaya ini menampilkan kesan modern dan elegan yang dihasilkan dari pengaplikasian elemen-elemen sederhana.

Lebih lanjut, rumah minimalis umumnya mengoptimalkan ruang terbatas yang dikreasikan untuk memenuhi berbagai fungsi. Karena itulah, gaya minimalis menjadi solusi bagi hunian dengan lahan sempit untuk memiliki seluruh komponen penyusun rumah.

Demikian juga dengan halaman rumah. Penerapan konsep minimalis di lahan terbatas mampu mewujudkan keinginan kamu untuk memiliki halaman rumah. Dengan penataan dan pemanfaatan lahan yang baik, halaman rumah dapat menjadi lahan terbuka yang nyaman dan terlihat cantik.

Halaman Rumah Minimalis

Halaman rumah merupakan sebuah area yang umumnya dibangun berdekatan dengan bangunan utama. Area tersebut mewakili gambaran suasana rumah secara keseluruhan. Karenanya, banyak halaman rumah dirancang agar terlihat indah dan menyajikan kenyamanan.

Terdapat sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari hadirnya halaman rumah, seperti adanya wadah untuk melepas penat hingga area untuk meletakkan tanaman hias, rerumputan, pepohonan, serta elemen lain yang mengandung unsur estetika.

Lalu, bagaimana cara membangun halaman rumah dengan konsep minimalis? Yuk, cermati hal-hal berikut ini.

Membangun Halaman Rumah Minimalis


Source: Arsitag


Memilih konsep minimalis untuk halaman rumah bukan sekadar meletakkan furnitur maupun ornamen bertema minimalis untuk mempercantik halaman, melainkan juga membutuhkan perencanaan yang matang agar halaman rumah dapat difungsikan secara optimal dan mewakili konsep yang akan dihadirkan pada interior rumah.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain halaman rumah minimalis:

1. Persiapkan Lahan yang akan dijadikan Halaman

Terlebih dahulu, hal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan area yang akan dijadikan halaman rumah. Pada tahap ini, kamu dapat menentukan lokasi dan luas lahan yang akan dialokasikan.

Jika kamu berencana untuk menanam rerumputan dan tanaman hias, lebih baik jika kamu dapat memastikan terlebih dahulu jenis tanah untuk menaksir jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di kawasan tersebut. Tes ini dilakukan untuk melihat komposisi dan kelembaban tanah.

2. Tata Ruang dan Peruntukan Halaman

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembagian fungsi lahan. Halaman rumah minimalis umumnya tak hanya menjadikan halaman rumah sebagai taman, melainkan juga fungsi-fungsi lain seperti area bermain anak, area parkir, hingga tempat penyimpanan.

Pikirkan matang-matang agar seluruh sudut halaman dapat dioptimalkan secara maksimal. Selain itu, pikirkan set-up pembagian area agar tetap terlihat lapang dan cantik walaupun dimanfaatkan untuk berbagai fungsi.

Untuk area yang benar-benar terbatas, alokasikan dinding untuk membuat taman dengan konsep vertikal, gantung, maupun berundak. Hal ini dilakukan agar halaman rumah tetap dapat memuat fungsi-fungsi lainnya secara optimal

3. Pelajari Sistem Drainase Lahan

Lahan terbatas kerap mengalami kendala pada sistem drainase (resapan air). Sebagai upaya untuk memastikan bahwa bangunan utama dalam kondisi aman, ketahui arah aliran air serta daerah resapan yang telah ada sebelumnya. Lebih lanjut, pastikan renovasi yang akan kamu lakukan tidak mengganggu sumber resapan utama.

Pemanfaatan area halaman sebagai taman yang ditumbuhi rumput, pohon, dan tanaman hijau juga bisa bermanfaat untuk menciptakan daerah resapan yang menghindari potensi banjir karena air tidak dapat meresap ke tanah

4. Atur Pencahayaan