Spinner Icon

Hemat Listrik dan Air? Ini Dia Rahasianya!

Author Image
Info Terbaru · 28 Oktober 2020
Table of Contents:

Hemat Listrik dan Air merupakan hal utama yang dipikirkan untuk keberlangsungan hidup banyak orang. Tagihan listrik dan air setiap bulan yang membengkak tentunya bisa membuat kamu pusing. Kita semua tahu bahwa listrik dan air tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari apalagi saat ini kegiatan banyak dilakukan di rumah.

Mengingat himbauan dari pemerintah untuk tetap berada di rumah saja sebagai upaya pencegahan virus berbahaya. Hal ini membuat kita secara otomatis menggunakan tenaga listrik untuk menyalakan perangkat wifi atau sekadar menonton TV. Sangat wajar hal tersebut dilakukan karena listrik telah menjadi kebutuhan dasar. Selain listrik, air yang digunakan dengan tidak bijak juga bisa membuat tagihan menjadi bengkak. Untuk itu disarankan agar menerapkan cara Hemat Listrik dan Air agar tagihan stabil dan tidak membengkak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menerapkan hidup Hemat Listrik dan Air saat di rumah saja.


Hemat Listrik dan Air Dengan Matikan Lampu Ketika Tidak Perlu


(Shutterstock)

Cara Hemat Listrik dan Air sangat mudah dengan diawali mematikan lampu dan alat-alat listrik yang tidak digunakan. Apalagi ketika siang hari jika lampu terus menyala akan mengakibatkan suasana yang panas dan tentunya biaya listrik yang semakin membengkak. Di samping itu, mematikan lampu akan mendukung upaya mengurangi dampak pemanasan global dan turut andil mendukung dunia menjadi lebih baik. Optimalisasikan penggunaan cahaya matahari agar ruangan di rumah tetap terang dan hangat. Kemudian matikan alat-alat listrik ketika tidak digunakan seperti TV, AC, kipas angin atau laptop. Perlu diingat barang yang menggunakan daya listrik harus digunakan secara bijak agar tagihan listrik membengkak. Yuk ajak anggota keluarga untuk menerapkan Hemat Listrik dan Air untuk kehidupan yang lebih baik.


Hemat Listrik dan Air Menggunakan Shower


(Shutterstock)

Bicara tentang Hemat Listrik dan Air, cara yang tepat agar penggunaan air tidak membengkak yaitu dengan mengganti bathup menjadi shower dinding atau gayung. Karena mandi menggunakan bathup 10 kali lebih boros dibanding menggunakan shower atau gayung. Bayangkan saja kamu memerlukan sekitar 100-300 liter air untuk menampung air pada bathup sedangkan untuk shower dan gayung hanya perlu menghabiskan sekitar 10-30 liter air saja. Agar lebih yakin dengan penggunaan jenis shower tempel kamu bisa cek Jenis Shower Kamar Mandi ini. Untuk langkah selanjutnya yaitu penggunaan air keran ketika mencuci piring agar tidak dibiarkan mengalir saat kamu sedang mencuci peralatan makan. Tanpa kamu sadari kebiasaan kecil ini berdampak besar untuk kehidupan.


Tanaman di Halaman Bisa Memberikan Kesejukan Agar Hemat Listrik dan Air