Spinner Icon

Simak Apa Itu HPL (High Pressure Laminate) dan Kelebihannya!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Desember 2022
Table of Contents:

Furnitur merupakan barang yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan di rumah atau tempat tinggal. Sesuai dengan fungsinya, furnitur membantu proses pekerjaan rumah tangga menjadi mudah, sebagai tempat penyimpanan, dan menciptakan kenyamanan bagi para penghuninya.

Umumnya masyarakat akan membeli furnitur yang awet, kuat, dan mewah. Jenis furnitur yang sangat memenuhi karakteristik tersebut dan mudah ditemukan adalah furnitur berbahan kayu.

Kayu juga mengalami proses pengerjaan yang cukup panjang hingga diberikan lapisan untuk menambah nilai estetika, meningkatkan daya tahan, dan mencegah terjadinya pengeroposan akibat serangga. Teknik finishing kayu yang paling populer akhir-akhir ini merupakan teknik finishing dengan HPL.

Apa itu HPL? Bagaimana teknik pemasangannya? Berikut telah kami rangkumkan informasi lengkap seputar HPL.


Pengertian Lapisan HPL (High Pressure Laminate)

High Pressure Laminate (HPL) adalah produk pelapis yang digunakan untuk finishing pada furnitur berbahan kayu agar terlihat lebih halus serta bertekstur. Berbahan plastik sintetis berupa laminasi bertekanan tinggi, High Pressure Laminate (HPL) ternyata memiliki beberapa lapisan. Lapisan tersebut yakni kraft paper (lapisan kraft) yang diresapi resin fenolik, decor paper (lapisan dekoratif), dan overlay paper (lapisan laminasi bening).

High pressure laminate (HPL) dibuat melalui proses bertekanan dan suhu panas yang tinggi sekitar 1000 kg per meter persegi dan bersuhu 140 derajat Celcius. Produk ini populer karena harganya yang cukup terjangkau. High Pressure Laminate (HPL) juga bisa menghasilkan material yang kuat, tahan lama, higienis, serta bisa memberikan desain yang beragam.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Bahan Pelapis Kayu untuk Furnitur & Interior


Sejarah HPL (High Pressure Laminate)

Pada tahun 1896, HPL (High Pressure Laminate) diciptakan untuk pertama kalinya oleh seorang ahli kimia yang berasal dari Belgia, yaitu Leo Hendrik. Ide ini diciptakan dari keinginannya yang ingin menggunakan bahan plastik sintetis sebagai alternatif dari peralatan isolator listrik yang murah. Akan tetapi, ide tersebut malah membuahkan penemuan yang bisa mengubah masa kini dan digunakan oleh berbagai orang di dunia.


Kelebihan HPL (High Pressure Laminate)


Berbagai kelebihan HPL (High Pressure Laminate) bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dalam menggunakannya, antara lain:

1. Daya tahan yang kuat

Dikarenakan jenisnya yang tebal, bertekstur, dan memiliki motif kayu yang direkatkan pada kayu olahan (seperti particle board), membuat HPL memerlukan proses yang cukup panjang. Proses produksi itu meliputi proses perekatan melalui tekanan dan suhu tinggi dalam bentuk lembaran serta berukuran besar. Tekanan dan suhu panas dalam proses produksi tersebut cukup tinggi, sekitar 1000 kg per meter persegi dan bersuhu 140 derajat Celcius. Dengan proses tersebut dan pengolahan langsung dari pabrikan, membuat HPL memiliki daya tahan yang baik dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

2. Proses pengerjaan HPL lebih efisien dan rapi

Proses penggunaan material lain umumnya memakan waktu lama dan memerlukan biaya tinggi, seperti melamin dan duco. Sedangkan penggunaan finishing HPL bisa dilakukan dengan cepat, praktis, dan dengan harga yang terjangkau. Hanya cukup merekatkan HPL pada kayu, maka proses finishing telah selesai digunakan. Proses pengerjaan menggunakan HPL juga terjamin rapi yang menjadi kelebihan HPL dibanding bahan lain.

3. Anti air dan anti gores

Lapisan HPL terbuat dari bahan utama berupa plastik keras PVC, yang resisten terhadap air, panas, hingga goresan. Plastik keras PVC yang digunakan pada HPL dinilai jauh lebih kuat dibandingkan material yang digunakan pada furnitur lainnya.

4. Menciptakan ruangan berkonsep modern minimalis

Ingin menciptakan konsep modern minimalis, maka penggunaan lapisan HPL sebagai finishing perabotan sangat cocok jadi pilihan. Selain itu, HPL juga tersedia dalam berbagai motif dan warna mulai dari metalik, kayu, hingga motif granit dan marmer.

5. Pengerjaan dan perawatan yang mudah

Pemasangan lapisan HPL tergolong mudah karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, karena HPL berbahan plastik, proses perawatan juga bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya bisa dilap menggunakan kain.

6. Bervariasi

Produk HPL memiliki berbagai variasi. Terdapat produk edging yang bersudut untuk mempermudah pengerjaan furnitur pada bagian pinggiran yang tipis.

Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!


Keunikan HPL (High Pressure Laminate)

Setelah mengetahui pengertian dan kelebihannya, ternyata lapisan HPL memiliki beberapa keunikan lain. Simak penjelasan berikut!

1. HPL Door relatif tahan panas

Berbeda dengan teknik finishing lainnya seperti finishing melamin yang proses pengerjaannya cukup memakan waktu, finishing HPL lebih cepat, praktis, dan ekonomis. Oleh karena itu, banyak masyarakat menggunakannya untuk finishing produk interior dan furnitur rumah maupun kantor. Produk HPL banyak digunakan untuk finishing daun pintu, lemari meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain.

Uniknya, HPL diaplikasikan pada pintu secara vertikal dengan material plywood sehingga terlihat kokoh layaknya menggunakan kayu asli. Pintu HPL dapat digunakan pada interior rumah. Misalnya pintu kamar tidur, pintu kamar mandi atau pintu gudang.

2. HPL Cupboard lebih ringan dan minimalis

Produk HPL juga bisa diaplikasikan pada produk-produk furnitur custom made seperti lemari pakaian, nakas, meja rias, meja kerja, kabinet, dan masih banyak lagi. Umumnya, HPL marak diaplikasikan di kamar tidur dan dapur.

Pada kamar tidur, furnitur yang dilapisi HPL merupakan furnitur dengan material kayu. Tujuan penggunaan HPL tersebut yaitu agar lemari penyimpanan terlihat kokoh meskipun bobot aslinya ringan. Selain itu, dikarenakan sifat HPL yang tahan panas maka bisa mengurangi terjadinya risiko kebakaran.


Kesimpulan

High Pressure Laminated (HPL) adalah produk pelapis luar berbahan plastik sintetis yang marak digunakan untuk mempercantik dan melindungi perabotan rumah tangga. Maraknya penggunaan HPL dikarenakan memiliki beberapa kelebihan dibanding produk lain seperti tahan panas, anti gores, memiliki harga yang terjangkau, menciptakan tampilan modern dan minimalis, kuat, dan tahan air. Untuk pemakaian HPL tergolong mudah karena tidak diperlukan keahlian khusus.

Dengan mengetahui informasi mengenai pengertian, kelebihan, asal usul, dan teknik pemasangan HPL, kamu bisa memutuskan finishing terbaik untuk perabotanmu.

Cari tau informasi rumah minimalis dan program KPR lainnya di website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua