Spinner Icon

Ide Dekorasi dengan Barang Antik yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

Author Image
Info Terbaru · 31 Agustus 2021
Table of Contents:

Barang Antik merupakan salah satu ide menarik untuk menguatkan kesan vintage dari sebuah hunian. Kalau kamu menyukai barang-barang bernilai seni, tentu kamu akan menyempatkan diri untuk mencarinya kalau berkunjung ke berbagai daerah untuk mengoleksinya. Barang antik bisa berwujud dalam banyak benda, misalnya lampu, meja, cermin, pintu, bahkan berbentuk bangunan. 


Koleksi barang antik akan menjadi lebih menarik jika ditata dengan baik dalam rumah. Sehingga, tidak hanya terkesan cantik, namun juga terawat keutuhannya dapat dipertahankan, mengingat strukturnya yang biasanya mudah rapuh. Oleh karena harganya yang relatif mahal, mungkin sebagian orang tidak mengoleksi barang-barang ini, terlebih sebagai dekorasi rumah.


Barang Antik Peninggalan Keluarga


(www.pinterest.com)

Barang antik tidak selalu dapat kamu peroleh dengan membelinya. Terkadang, mungkin kamu tidak menyadari adanya barang tersebut di rumahmu yang bisa kamu gunakan kembali dengan mengalihkan fungsinya. Misalnya, kamu memiliki bekas meja jahit yang sudah rusak di dalam gudang. Kamu bisa mengkreasikan meja tersebut menjadi tatakan wastafel. Hanya perlu membersihkannya dan menggabungkannya dengan peralatan lainnya, kamu bisa memiliki wastafel yang unik dan menawan.  


Menggunakan Barang Antik sebagai Tampilan Luar (Fasad) Bangunan


(www.andramatin.com)

Aksen unik dan tidak umum, biasanya menambah nilai fasad bangunan menjadi lebih menarik untuk dilihat secara lebih rinci. Salah satu contoh lain penggunaan barang antik adalah bentuk fasad bangunan dari ribuan jendela yang dipasang rapat pada sebuah bangunan. Keunikannya semakin meningkat karena ukuran yang berbeda-beda, membuat bentuknya semakin kompleks, namun tetap memiliki satu kesatuan. 

Pengaplikasian barang antik dalam jumlah banyak mempertimbangkan banyak aspek, salah satunya adalah warna. Dalam contoh bangunan ini, jendela-jendela tersebut tidak dicat ulang, sehingga dipilih warna yang senada dan menyesuaikan dengan gaya bangunan industrial minimalis. 

Jika kamu tertarik untuk mempercantik rumahmu dengan jumlah yang cukup banyak, mungkin akan terlalu lama jika mengumpulkan satu persatu. Kamu bisa memperolehnya melalui pasar yang menyediakan khusus barang antik di kotamu.


Mengunjungi Pasar Barang Antik


(Foto oleh Kukuh Himawan Samudro dari Unsplash)

Temukan barang antik yang cocok untuk hiasan di rumahmu di pasar antik kotamu. Jika kamu berada di Jakarta, kamu bisa mampir menuju pasar antik di sekitar Jalan Surabaya. Mungkin sekali waktu kamu mengunjungi Kota Surakarta, mampirlah ke Pasar Triwindu untuk berburu di sana. Atau jika sedang bertandang ke Bali, jangan lupa bertandang ke Pasar Kerobokan. Pasar ini merupakan salah satu surga untuk mencari barang antik. 


Bagi kamu yang gemar berbelanja barang antik, tetaplah teliti terhadap pada yang kamu beli. Tetaplah waspada agar kamu tidak tertipu dengan membeli barang yang hanya serupa dengan aslinya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua