Spinner Icon

Ikuti Tips Hemat Belanja Online Ini Yuk!

Author Image
Info Terbaru · 12 November 2020
Table of Contents:

Tips Hemat Belanja Online menjadi salah satu cara yang perlu kamu ikuti agar tetap bisa membeli segala kebutuhan rumah tangga namun tetap bisa menabung juga. Tentunya dengan kemajuan teknologi yang makin canggih. Untuk itu kamu perlu memanfaatkan teknologi agar bisa membeli kebutuhan rumah tangga secara online. Terlebih lagi di saat keadaan tidak menyarankan untuk keluar rumah, ada baiknya kamu berbelanja secara online sebagai alternatif yang lebih aman dan nyaman.

Dengan berbelanja secara online, kamu tidak perlu repot antre dan menghabiskan waktu berjalan keluar rumah. Hanya dengan memainkan jari jemari, setelah itu memilih barang yang diinginkan dan membayarnya, barang pesanan akan diantarkan sampai depan pintu rumah dengan aman, seru dan asik bukan?

Namun, perlu diingat bahwa belanja online sangat mengiurkan sehingga dapat membuat kamu kalap, boros dan mengeluarkan banyak uang. Nah, supaya tidak boros dan bisa menabung berikut ini merupakan Tips Hemat Belanja Online yang bisa kamu ikuti.


Tips Hemat Belanja Online Pertama Adalah Buat Daftar Terlebih Dulu



Tips Hemat Belanja Online paling utama dilakukan yaitu dengan menulis daftar barang-barang yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda. Pahami makna kebutuhan dan keinginan sehingga kamu bisa memprioritaskan barang yang lebih penting dan berguna untuk kegiatan rumah tangga. Setelah mengetahui dua perbedaan ini, kamu sudah bisa mulai memilah mana barang yang kamu butuhkan untuk dibeli.

Langkah ini diperlukan untuk menghindari melihat barang-barang lain sehingga kamu akan fokus mencari kebutuhan yang sudah diutamakan tersebut. Jangan terlalu buru-buru membeli pesanan dan membayarnya jika tidak terlalu yakin. Lebih baik masukan terlebih dahulu beberapa barang ke keranjang sebelum membeli pesanan atau membayarnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jika kamu menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah atau mendapatkan potongan harga yang besar.


Tips Hemat Belanja Online dengan Memanfaatkan Gratis Ongkir dan Cashback



Tips Hemat Belanja Online lainnya dengan memanfaatkan potongan harga, cashback, atau gratis ongkos kirim. Tentunya ketiga hal ini menjadi incaran kamu ketika berbelanja online bukan? Sudah pasti jawabannya iya. Karena siapa yang tidak menginginkan cashback berupa koin sebesar 10-15% dari uang yang dikeluarkan? Atau potongan harga sebesar 20% hingga 50%. Belum lagi gratis biaya kirim yang akan membuat kamu kalap saat berbelanja.

Kamu bisa mencari tahu brand tertentu yang memberikan gratis ongkir, cashback, atau discount. Biasanya mereka memberikan promo tersebut pada waktu tertentu. Kamu harus cermat dalam belanja online sehingga dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga murah sehingga dapat berhemat.


Sediakan Budget Khusus Merupakan Tips Hemat Belanja Online yang Harus Kamu Terapkan



Tips Hemat Belanja Online selanjutnya yaitu dengan menyediakan dana khusus untuk membeli produk yang kamu inginkan. Sah-sah saja kamu menginginkan sesuatu asal kebutuhan primer sudah terkecukupi dengan baik. Tidak ada salahnya kan membahagiakan diri sendiri dengan membeli produk yang diinginkan? Apalagi jika ada promo, wah jangan sampai kalap, ya!

Untuk itu diwajibkan menyediakan dana khusus agar tidak mengganggu dana darurat yang digunakan untuk hal lebih penting. Sisihkan sebesar 15% dana khusus dan manfaatkan potongan harga atau biaya kirim. Jika diperlukan untuk menunggu hingga waktu promo datang tidak masalah, ya!

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua