Spinner Icon

Inspirasi Olimpiade Tokyo 2020, Ubah Barang Bekas Jadi Lebih Berkelas

Author Image
Info Terbaru · 9 Agustus 2021
Table of Contents:

Masih dalam kehangatan suasana Olimpiade Tokyo 2020, banyak hal yang menarik yang diperbincangkan dari perhelatan ini. Salah satu bahasan yang menarik adalah pengolahan barang bekas yang didaur ulang menjadi lebih berkelas. Medali yang diberikan kepada atlet pemenang berbahan dasar barang elektronik bekas yang didaur ulang. Sedangkan, untuk pembuatan podium juga merupakan produk daur ulang yang bahannya berasal dari plastik bekas. Terdapat juga beberapa konstruksi sementara yang dibangun dari kayu bekas yang didaur ulang. Hal ini menunjukkan bahwa bahan-bahan bekas tidak selalu buruk. Bahkan, barang dari bahan bekas bisa tampil estetik dan meningkatkan nilai dari sebuah benda baru yang dibuat.

Inspirasi tersebut juga dapat diterapkan dalam dekorasi rumah. Jika mungkin proses daur ulang barang bekas seperti dilakukan dalam Olimpiade Tokyo 2020 dirasa terlalu rumit dan tidak mungkin dilakukan di rumah, kamu bisa mendekor rumah dengan menggunakan kembali barang bekas.


Menggunakan Barang Bekas sebagai Tampilan Luar (Fasad) Bangunan


(www.shau.nl)


Aksen unik dan tidak umum, biasanya menambah nilai fasad bangunan menjadi lebih menarik untuk dilihat secara lebih rinci. Barang bekas juga tidak selalu identik dengan sesuatu yang buruk. Banyak diantaranya yang masih memiliki nilai guna yang baik sehingga dapat digunakan kembali. 

Bekas ember kemasan es krim mejadi salah contoh lain yang menarik dari fasad bangunan dari barang bekas. Fungsi utama dari ember es krim ini adalah untuk membuat aktivitas di dalam ruangan terlihat agak samar karena lapisan dalamnya hanya berbahan kaca transparan. Penyusunan kotaknya disusun berdasarkan pesan yang diterjemahkan dalam kode yang bermakna "buku adalah jendela dunia". Pesan ini disampaikan oleh Walikota Bandung saat itu, Bapak Ridwan Kamil. 

Estetika bangunan ini bertambah, terlebih jika dilihat pada malam hari. Warna bekas kotak kemasan eskrim dipilih yang berwarna putih, sehingga selaras dengan warna bangunan. Warna putih dapat merefleksikan cahaya lampu dari dalam ruangan. Proyek ini menunjukkan bahwa barang bekas dapat bertambah nilainya sehingga bangunan terlihat lebih menarik dan berkelas.


Gunakan Barang Bekas Kemasan Sehari-Hari


(Photo by Osman Rana on Unsplash)


Pemanfaatan botol minuman soda merupakan pemanfaatan barang bekas kemasan konsumsi minuman sehari-hari yang mudah ditiru. Mungkin dalam botol kemasan tersebut terdapat merek dagang yang tidak dapat dihilangkan, namun kamu dapat ditambahkan bola-bola air berwarna-warni. Selain fungsinya untuk menjaga bunga dalam botol tetap segar, bola-bola tersebut memberikan warna dalam kemasan sehingga lebih menarik dan mampu mengaburkan citra barang bekas yang dimiliki botol tersebut.  


Berdasarkan beberapa contoh diatas, selain nilai estetika, nilai yang bertambah adalah nilai keberlanjutan. Konsep keberlanjutan yang dimaksud adalah nilai guna dari sebuah barang yang tetap ada, sehingga tidak hanya menjadi sampah. 

Barang bekas yang hendak kamu gunakan tidak harus kamu kumpulkan sendiri, terlebih jika membutuhkannya dalam jumlah banyak. Kamu bisa memperolehnya dari para pengepul barang-barang bekas. Jangan lupa untuk membersihkannya sebelum digunakan. 


Referensi:

https://shau.nl/en/project/53


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua