Spinner Icon

Inspirasi Renovasi Balkon Rumah Agar Lebih Sehat dan Estetik

Author Image
Info Terbaru · 7 Oktober 2021
Table of Contents:

Balkon rumah merupakan salah satu bagian favorit dari hunian yang sering digunakan untuk bersantai. Namun kendalanya, tidak semua balkon memiliki ruang yang cukup luas untuk dijadikan tempat yang nyaman untuk ngobrol. Kalau kamu adalah orang yang gemar nongkrong di balkon, tidak ada ruginya kalau kamu merenovasinya sesuai keinginan. Jadikan balkon rumahmu menjadi tempat yang nyaman untuk melepas lelah setelah bekerja seharian. 

Contoh berikut memang merupakan penerapan renovasi balkon dari sebuah apartemen. Tetapi, ide yang digunakan masih sangat mungkin untuk kamu terapkan pada fasad hunianmu.


Renovasi Balkon Rumah untuk Fasad Lebih Menarik dan Bernilai Lebih


(www.tegnestuenlokal.dk)

Renovasi balkon rumah bisa membuat fasad hunian menjadi lebih menarik sekaligus meningkatkan fungsinya. Kalau sebelumnya balkon rumahmu hanya memuat sedikit orang, nantinya bisa memuat lebih banyak orang. Sebelum melakukan renovasi, kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup agar upaya tersebut tidak terhenti di tengah jalan. Sebaiknya, kamu juga melakukan konsultasi dengan arsitek professional untuk merancang balkon sesuai keinginanmu. 


Meredam Panas dengan Balkon Rumah yang Cukup Luas


(www.tegnestuenlokal.dk)

Balkon yang lebih luas dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Kamu bisa menambahkan meja dan kursi atau menggelar alas untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Di pagi hari, kamu bisa berjemur sambil sedikit olahraga ringan. Sedangkan, di sore hari, kamu bisa bersantai sambil membaca buku atau mendengarkan musik. Balkon akan menjadi tempat favorit untuk bersantai di rumah. 


Balkon Rumah dengan Fasad Semi Tertutup untuk Masuknya Udara dan Cahaya


(www.tegnestuenlokal.dk)

Salah satu fungsi balkon adalah untuk mendapat kesegaran dari udara di luar ruang. Jadi, jangan sampai balkon yang kamu renovasi malah memiliki ruang terbuka yang terbatas. Salah satu alternatif fasad yang kamu pilih dapat berupa kayu yang dipasang sejajar namun tetap memiliki jarak, sehingga cahaya masih dapat menembus fasad bangunan. Udara dan angin segar yang melewati sela-sela fasad akan membuatmu merasa lebih rileks. 

Kamu bisa mengkombinasikan fasad berbahan kayu dengan tanaman merambat, untuk memunculkan kesan alami dan membuat udara menjadi lebih segar. Sesi konsultasi dengan arsitek dapat kamu ambil untuk memunculkan ide-ide baru yang mungkin tak terpikirkan, sekaligus mempermudah untuk mewujudkan balkon rumah idaman. 


Referensi:

https://www.contemporist.com/small-covered-balconies-give-this-apartment-building-a-unique-look/


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua