Spinner Icon

Percantik Rumah dengan 11 Inspirasi Tanaman Hias Depan Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Mei 2024
Table of Contents:
  • 11 Jenis Tanaman Hias untuk Taman Depan Rumah
  • 1. Lidah Mertua
  • 2. Tanaman Monstera
  • 3. Calathea Lutea
  • 4. Kamboja
  • 5. Pohon Palem
  • 6. Kaktus Koboi
  • 7. Ketapang Kencana
  • 8. Bunga Mawar dan lain-lain
  • 9. Lee Kuan Yew
  • 10. Bambu
  • 11. Pohon Bonsai
  • Kesimpulan

Tidak hanya bagian interior rumah, penting juga bagi penghuni rumah untuk mempercantik halaman depan rumah atau eksterior rumah. Keberadaan tanaman hias depan rumah akan membuat rumah terlihat makin indah dan menarik.

Namun, kamu tidak bisa memilih sembarang tanaman untuk dijadikan tanaman hias depan rumah. Berbagai jenis tanaman memiliki bentuk, ukuran, dan karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, mereka juga memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu mengetahui jenis-jenis tanaman hias depan rumah yang cocok untuk rumahmu.

Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi tanaman hias depan rumah yang menarik dan mudah dirawat untuk menghias halaman rumah.


Key Takeaways:

  • Keberadaan tanaman hias depan rumah akan membuat rumah terlihat makin indah dan menarik.
  • Berbagai jenis tanaman memiliki bentuk, ukuran, dan karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, mereka juga memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.
  • Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat akan menanam tanaman hias depan rumah, antara lain luas pekarangan, kondisi cuaca di daerah tempat tinggal, dan yang paling penting, jenis tanaman hias depan rumah yang ingin kamu tanam.

11 Jenis Tanaman Hias untuk Taman Depan Rumah

Tanaman hias depan rumah akan membuat halaman memiliki suasana yang sejuk dan asri. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat akan menanam tanaman hias depan rumah, antara lain luas pekarangan, kondisi cuaca di daerah tempat tinggal, dan yang paling penting, jenis tanaman hias depan rumah yang ingin kamu tanam.

Berikut adalah 11 rekomendasi tanaman hias depan rumah yang dapat menjadi pilihan kamu untuk menghias halaman depan rumah.

1. Lidah Mertua

Biasa dikenal sebagai tanaman ular, lidah mertua adalah tanaman hias yang paling banyak diminati oleh orang-orang sejak tahun 1950-an, bahkan hingga saat ini. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di taman minimalis karena tampilannya yang eksotis.

Tanaman lidah mertua memiliki bentuk yang tegak dan warna yang beraneka ragam. Bentuknya yang unik dan warnanya yang beragam ini akan membuat taman minimalis menjadi lebih menarik dan segar. Selain itu, daunnya juga memiliki bentuk yang unik yang menyerupai pedang.

Bila dirawat dengan baik, tanaman lidah mertua dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menanam tanaman ini di pot yang kuat dan kokoh.

2. Tanaman Monstera

Tanaman monstera atau dikenal juga sebagai tanaman philo juga merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer saat ini. Tanaman ini adalah jenis tanaman rambat yang mudah dirawat.

Monstera deliciosa adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di tanah yang lembab dan tidak memerlukan banyak cahaya matahari. Namun, kamu perlu menjaga agar tidak memberikan tanaman ini terlalu banyak air atau terlalu basah. Pastikan kamu memberikan lubang drainase yang memadai untuk tanaman monstera yang kamu tanam di dalam pot.

3. Calathea Lutea


Banyak jenis tanaman hias depan rumah yang sedang populer saat ini, salah satunya calathea lutea. Tanaman hias depan rumah yang satu ini adalah tanaman jenis pisang-pisangan yang saat ini digandrungi oleh para pecinta tanaman.

Calathea lutea memiliki daun yang lebar, seperti daun pohon pisang. Bentuk daunnya yang lebar menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai penghias pagar. Tanaman hias depan rumah ini cocok diletakkan di pekarangan yang mendapat sinar matahari langsung, namun juga cocok untuk diletakkan pada area yang teduh.

4. Kamboja

Di Indonesia, pohon kamboja adalah salah satu jenis tanaman hias depan rumah yang sangat umum ditemui. Tanaman hias ini dapat memberikan nuansa yang teduh, nyaman, dan tropis bagi rumah. Bentuk pohon kamboja yang unik memberikan perpaduan yang cantik dengan beragam konsep desain rumah.

Pohon ini memiliki bunga yang berwarna-warni, yang memberikan nilai estetika tambahan, baik ketika bunga bermekaran atau bahkan saat bunga sudah rontok ke pekarangan rumah. Selain itu, pohon kamboja akan memberikan aroma bunga yang harum saat musim panas tiba.

5. Pohon Palem

Salah satu tanaman hias depan rumah yang juga umum ditemukan di taman depan rumah adalah tanaman palem. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di taman karena tanaman ini memiliki ukuran yang beragam yang dapat disesuaikan dengan luas pekarangan.

Di samping memberikan tampilan yang menarik dan indah pada fasad rumah, tanaman palem juga memberikan efek yang baik bagi kesehatan penghuni. Tanaman ini dapat menyerap zat kimia negatif yang dapat berperan sebagai racun.

Tanaman ini juga tidak sulit dirawat, dimana kamu hanya perlu menyiramnya sebanyak 3-4 kali seminggu. Pohon palem akan memberikan sentuhan estetika yang menyegarkan bagi taman depan rumah.

6. Kaktus Koboi

Bentuknya yang unik dan jenisnya yang beragam membuat kaktus kian diminati oleh para pecinta tanaman untuk menghias pekarangan rumah. Kaktus koboi adalah salah satu jenis tanaman kaktus yang sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah. Pasalnya, jenis kaktus ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis kaktus lainnya.

Bentuknya yang panjang dan berbeda dengan satu sama lain yang membuatnya unik pasti akan mempercantik tampilan hunian minimalis. Di samping itu, tanaman ini juga relatif mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air dan cocok ditanam di daerah tropis.

7. Ketapang Kencana

Pohon ketapang kencana sangat cocok untuk dipadukan pada rumah minimalis. Tanaman ini memiliki ranting panjang yang melebar, yang akan membuat rumah menjadi teduh dan sejuk ketika pohon sudah tumbuh besar.

Selain itu, tanaman ketapang kencana banyak dipilih di Indonesia karena sifatnya yang tahan terhadap cuaca panas dan cepat rimbun.

8. Bunga Mawar dan lain-lain

Bunga mawar yang cantik juga dapat menjadi pilihan tanaman hias depan rumah yang dapat membuat rumah terlihat lebih indah dan segar. Dengan beragam jenis warna bunga mawar yang dapat dipilih, kamu bisa menanam beberapa jenis mawar di lahan yang sama untuk menciptakan tampilan depan rumah yang cantik berwarna-warni.

Di samping bunga mawar, kamu juga dapat memadukan jenis-jenis bunga lain untuk mempercantik pekarangan. Beberapa diantaranya yang dapat kamu pilih adalah bunga bougenville dan bunga kertas yang memiliki beragam pilihan warna. Bunga-bunga cantik ini akan membuat area pekarangan rumah menjadi lebih cerah dan enak dipandang.

9. Lee Kuan Yew


Selain tanaman hias depan rumah yang ditanam di pot atau di tanah taman depan rumah, tanaman rambat juga sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias outdoor. Salah satunya yang paling populer adalah tanaman lee kuan yew.

Salah satu keuntungan menanam tanaman lee kuan yew yang tumbuh secara merambat adalah kamu dapat menghemat tempat menanam. Tanaman hias depan rumah yang satu ini tumbuh menjuntai panjang, sehingga sangat cocok untuk dipadukan dengan konsep rumah minimalis yang sederhana.

Keuntungan lain dari memilih tanaman lee kuan yew untuk menghias tampilan depan rumah adalah tanaman ini sangat mudah dirawat. Tanaman ini dapat tumbuh segar sepanjang tahun selama tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup.

10. Bambu

Tanaman hias depan rumah terakhir yang dapat menjadi rekomendasi tanaman taman depan rumah adalah bambu. Pohon bambu adalah salah satu tanaman yang sangat cocok dipadukan pada pagar dengan background yang polos, untuk dapat menonjolkan keindahan batang dan daun bambu.

Jika dirawat dengan baik, pohon bambu dapat menumbuhkan daun yang cantik dan rimbun, sehingga membuat pekarangan menjadi teduh dan nyaman. Bagi kamu yang tertarik untuk menanam bambu di taman depan rumah, kamu dapat memilih bambu yang rumpun agar kamu dapat mengendalikan persebarannya dengan baik.

11. Pohon Bonsai

Salah satu jenis tanaman hias depan rumah yang juga memiliki popularitas tinggi adalah pohon bonsai. Meskipun banyak yang mengira tanaman hias ini adalah tanaman indoor, namun tanaman ini juga sangat cocok untuk menghias taman depan rumah. Menanam bonsai adalah salah satu bentuk seni dalam praktik hortikultura Tiongkok.

Tanaman bonsai sendiri merupakan tanaman atau pohon yang dibuat dalam ukuran kecil. Tanaman ini memiliki bentuk yang beragam dan unik, membuat tanaman hias ini banyak dipilih untuk menghiasi taman. Ukuran dan bentuk bonsai dapat kamu sesuaikan dengan menggunakan kawat pada ranting dan dahannya.

Kamu dapat menanam tanaman ini di dalam pot atau bahkan langsung di taman depan rumah. Ada beragam jenis tanaman bonsai yang dapat kamu pilih berdasarkan konsep taman yang ingin kamu rancang, mulai dari bonsai beringin, bonsai pohon serut, bonsai cemara udang, dan lain-lain.

Baca juga: Pot Tanaman Hias: 7 Pilihan yang Estetik dan Fungsional


Kesimpulan

Demikian berbagai jenis tanaman hias yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik area depan rumah. Ingatlah untuk mempertahankan daya tarik yang dimiliki oleh tanaman hias depan rumah, kamu perlu merawat tanaman dengan baik. Setiap jenis tanaman memiliki metode perawatan yang berbeda-beda, pastikan kamu melakukan perawatan yang tepat untuk jenis tanaman hias yang berbeda.

Ingin membaca artikel terkait properti lainnya? Temukan rekomendasi atau inspirasi seputar properti lainnya di link ini.

Baca juga: Tanaman Hias Mini Ruangan: 5 Pilihan untuk Udara Lebih Segar

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua