Spinner Icon

Inspirasi untuk Percantik Rumah Industrial Minimalis

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 11 Agustus 2021
Table of Contents:

Sesuai dengan namanya, industrial berarti rumah yang gaya bangunannya mirip dengan rumah-rumah industri, seperti pabrik atau gudang. Rumah industrial memiliki ciri yang khas, yakni tidak banyak memiliki sekat sehingga lebih terbuka dan terkesan luas. Rumah dengan gaya industrial biasanya menonjolkan materi-materi bangunan yang digunakan. Materi-materi bangunan tersebut sengaja tidak ditutupi finishing untuk menampilkan kesan tegas dan apa adanya. 


Belakangan ini, rumah dengan gaya industrial semakin banyak diminati karena memiliki kesan urban dan modern. Tidak hanya untuk keperluan industri, melainkan juga dipilih sebagai gaya rumah tinggal. Berikut inspirasi untuk mempercantik rumah industrial minimalis.


Furnitur yang Cocok untuk Gaya Rumah Industrial Minimalis


(Foto Adam Winger dari Unsplash)


Dalam rumah industrial biasanya akan terekspos baja dan beton. Kedua bahan ini dapat kamu padukan dengan furnitur yang berbahan besi, aluminium atau kayu. Untuk mendukung kesan vintage dalam desain industrial, kamu bisa menggunakan furnitur lawas dengan kualitas yang baik. Furnitur yang kamu pilih juga harus sederhana. Kesan sederhana dan tegas yang dimunculkan akan mendukung konsep rumah industrial minimalis. 


Kamu juga dapat memadukan elemen besi dan kayu dalam satu furniture dalam rumah industrial minimalis. Dalam furnitur ruang tamu, biasanya terdapat meja dan sofa. Kaki meja dapat menggunakan bahan dari besi. Sedangkan tatakan meja menggunakan papan kayu tanpa finishing warna, sehingga terlihat guratan lapisan kayu yang alami. Finishing yang sederhana bertujuan mempertahankan karakter kayu yang estetik. Jangan lupa untuk bantal dan sofa harus menggunakan warna yang senada dengan material dan barang di sekitarnya.


Warna yang Senada untuk Gaya Rumah Industrial Minimalis


(Foto Rhema Kallianpur dari Unsplash)


Warna yang dominan netral, gelap atau terang, seperti warna hitam, coklat gelap, abu-abu dan putih sangat sesuai dengan gaya rumah industrial minimalis. Kamu juga bisa menambahkan tekstur untuk memperkuat kesan alami dan apa adanya. Tidak perlu banyak dekorasi lain dalam ruangan, rumah dengan gaya ini cukup memegang kesederhanaan dengan minimnya peralatan yang dibutuhkan. 



Tambahkan Karpet untuk Pelengkap Rumah Industrial Minimalis


(Foto Ali CHoubin dari Unsplash)


Tidak perlu banyak dekorasi bukan berarti tidak boleh sama sekali. Kamu dapat menambahkan dekorasi jika memang dirasa perlu. Dalam rumah industrial minimalis, perlu ditambahkan dekorasi karpet yang dibutuhkan untuk menambah aksen lantai yang cenderung polos karena hanya berupa semen ekspos. Sentuhan lukisan-lukisan kontemporer minimalis juga dapat diberikan untuk menambah ‘warna’ pada dinding sehingga terasa lebih unik dan menarik. Meskipun sederhana, rumah industrial minimalis tidak terlalu polos.



Kesan Hijau pada Rumah Industrial Minimalis


(Foto Pascal Meier dari Unsplash)


Adanya tumbuhan, membantu membersihkan udara di sekitar rumah. Kamu bisa menambahkan tumbuh-tumbuhan untuk menambah kesegaran. Banyak alternatif tanaman seperti, Sirih Gading, Lee Kwan Yew, Calathea, Sanseviera, Ivy, Kaktus, Monstera, bahkan Bougenville. Tanaman yang tumbuh merambat sangat cocok dengan gaya rumah industrial minimalis.


Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/78080/lima-elemen-rumah-industrial

https://fabelio.com/blog/apa-itu-desain-rumah-industrial/

https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-industrial-41835

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua