Spinner Icon

10 Tips dan Trik Bikin Interior Rumah Jepang

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 Januari 2023
Table of Contents:

Mendengar sebutan negara Jepang, kamu tentu berpikir akan kemajuan teknologinya. Tetapi perlu diketahui bahwa negara Jepang tidak hanya menginspirasi kemajuan teknologi di dunia, akan tetapi juga desain rumah minimalis. Banyak orang dari berbagai belahan negeri terinspirasi dari berbagai desain minimalis negara Jepang.

Konsep rumah minimalis berarti sederhana. Tetapi tidak hanya itu, desain ini juga bisa memberikan kesan megah dan menawan sekaligus. Oleh karena itu, banyak sekali milenial sekarang menyukai desain interior khas Jepang tersebut. Ingin membangun interior rumah ala Jepang? Simak tips berikut!

Tips dan Trik Membuat Interior Rumah Jepang

Bagi kamu yang ingin membuat desain interior rumah ala Jepang, berikut beberapa tips dan trik yang perlu kamu perhatikan dan menjadi inspirasi rumahmu.

1. Menggunakan elemen kayu

Sebagian besar desain rumah Jepang menggunakan elemen kayu sebagai bahan bakunya. Mulai dari dinding, lantai, pintu, hingga furnitur lainnya, semua berbahan dasar kayu. Ternyata penggunaan kayu sebagai struktur utama bangunan tradisional Jepang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan saat gempa bumi terjadi. Selain itu, kayu juga membantu meningkatkan kelembaban saat musim panas panjang terjadi atau memberikan suasana hangat kala musim dingin.  Warna alami yang dihasilkan kayu juga memiliki daya tarik tersendiri, yang mana membuat rumah terlihat natural dan sederhana dibanding menutupinya dengan cat atau wallpaper.

2. Mengaplikasikan tatami

Tatami merupakan elemen tradisional Jepang berupa tikar jerami yang umumnya digunakan untuk alas lantai pada hunian di Jepang. Material ini membantu mengatur kelembaban di setiap rumah saat terjadi pergantian musim panas dan musim dingin. Mengusung budaya Jepang yang tidak menggunakan alas kaki di dalam rumah, tatami juga sering digunakan sebagai alas untuk duduk atau tidur. Kamu bisa menggelar tatami di salah satu ruangan untuk menambahkan gaya khas Jepang.


3. Penggunaan palet warna yang sederhana

Sesuai dengan prinsip minimalis dan natural, kamu juga perlu memperhatikan warna yang digunakan. Umumnya rumah bergaya Jepang didominasi oleh warna-warna sederhana seperti cokelat, putih, abu-abu, warna pastel, atau warna material kayu.

Warna-warna tersebut bisa menciptakan suasana menenangkan di dalam rumahmu. Sebagai tips, kamu bisa menggunakan warna cat dinding putih dan dipadukan dengan furnitur berwarna coklat agar terlihat selaras dan lebih harmonis. Jika tidak ingin menggunakan cat tembok, kamu bisa menggunakan wallpaper yang sederhana sebagai alternatifnya.

4. Sliding doors (pintu geser)

Sliding doors (pintu geser) atau yang dikenal dengan sebutan shoji di negara Jepang merupakan furnitur yang menjadi ciri khas rumah bergaya Jepang. Umumnya shoji terbuat dari bingkai kayu dan dilapisi dengan lembaran kertas yang transparan agar cahaya alami mudah masuk ke dalam rumah.

Namun, kini telah dibuat pintu geser yang lebih modern yaitu menggunakan panel kaca agar mudah untuk dirawat dan tahan untuk jangka yang panjang. Selain digunakan sebagai penghubung ruangan, Shoji juga dapat menghemat ruangan karena hanya perlu kamu geser ke samping untuk membuka tutupnya. 

5. Terhubung dengan alam

Orang Jepang sangat mencintai alam. Mereka juga suka untuk hidup selaras dengan alam. Rumah di negara Jepang menunjukkan ikatan yang kuat dengan keindahan alam. Untuk menciptakan konsep tersebut, kamu bisa menggunakan tanaman tradisional Jepang sebagai hiasan seperti bonsai, kayu, dan bambu.

Penggunaan tanaman tersebut bertujuan untuk memberikan rasa tenang dan natural. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan jendela lebar untuk membiarkan pemandangan alam yang indah terlihat dari ruangan atau kamarmu. Kamu juga bisa membuat ruang terbuka yang terhubung dengan alam. Misalnya sebuah ruangan semi-outdoor.

6. Genkan

Genkan merupakan ruang meditasi khas Jepang dengan dekorasi yang didominasi oleh warna putih dan aneka tanaman. Umumnya tanaman yang digunakan merupakan tanaman hijau.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa membuat sebuah ruangan yang multifungsi. Misalnya untuk bermeditasi sekaligus latihan yoga. Sebagai hiasan, kamu bisa menggunakan bantal atau permadani mewah di dalam ruangan. Kamu juga bisa membuat air mancur kecil untuk membuat suasana terasa tenang.

7. Membuat kebun

Sering terdapat kebun dalam desain interior Jepang. Taman di negara Jepang umumnya dibuat dengan tujuan untuk menghadirkan rasa damai melalui prinsip desain yang minimalis sekaligus sederhana.

Sebagian besar taman Jepang mengusung konsep zen garden yaitu berukuran kecil dengan tanaman hijau seperti pohon, air terjun, ataupun kolam ikan kecil. Terdapat juga taman kering yang menampilkan susunan bebatuan dan pasir bersih atau kerikil yang didesain sedemikian rupa. Menariknya kamu juga bisa membuat zen garden sendiri di rumahmu.


8. Perhatikan lightning yang tepat

Setiap rumah tentu memerlukan lightning yang tepat dan baik agar penghuninya merasa nyaman. Desain interior rumah Jepang umumnya berfokus pada tipe pencahayaan terkonsentrasi atau sering dikenal dengan task lighting.

Kamu bisa menggunakan lampu dekoratif seperti lampion untuk menambah nuansa khas Jepang. Selain itu, panel dinding atau room divider juga bisa kamu aplikasikan agar membuat ruangan terasa lebih modern. Lampu gantung minimalis bergaya Jepang juga bisa kamu aplikasikan untuk menambah pencahayaan rumahmu. 

9. Sederhana

Rumah tradisional Jepang mengusung konsep sederhana. Konsep ini menghilangkan furnitur yang tidak perlu digunakan sebagai interior sehingga tidak membuat ruangan sempit. Semakin sederhana sebuah rumah, maka akan semakin baik dan terlihat sederhana.

10. Memiliki pintu masuk yang lebih rendah

Karakteristik yang membedakan rumah gaya barat dengan rumah Jepang yaitu umumnya pintu masuk pada desain rumah Jepang sedikit lebih rendah dibanding bagian rumah lainnya. Misalnya pintu masuk lebih rendah dibanding dinding rumahnya. Pada bagian ini merupakan transisi dimana penghuni rumah atau tamu melepas sepatu luarnya dan disinilah para tamu akan disambut ke dalam rumah.

Tertarik ingin memiliki desain rumah ala Jepang? Kunjungi website BTN Properti untuk informasi mengenai inspirasi rumah, dekorasi, dan program KPR bank BTN! Klik di sini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua