Spinner Icon

Jaga Makan Selama Lebaran, Sehat Seterusnya

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 25 April 2022

Perayaan lebaran selalu disambut oleh masyarakat Indonesia dengan sajian menu khas lebaran, seperti rendang, opor, dan sambal goreng ati. Makanan yang penuh rempah, kaya bumbu, dan berlemak memang enak untuk dikonsumsi. Belum lagi kue kering seperti putri salju, nastar, kastangel, dan kue kering lainnya biasanya hanya dapat kita temukan saat lebaran saja.

 

Kandungan makanan di atas tinggi kalori dan lemak. Jika kita konsumsi makanan tersebut secara berlebihan bukan tidak mungkin penyakit akan menghampiri kita, seperti kolesterol, gula darah, asam urat dan tekanan darah pun bisa naik. Atur asupan selama lebaran dengan tips di bawah ini:

 

 1. Konsumsi serat

Tetap penuhi konsumsi serat dengan makan buah dan sayur. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Kamu bisa konsumi buah dan sayur sebelum makan karena serat membantu tubuh lebih cepat kenyang dan dapat mencegah kita dari makan berlebih.

 2. Cukupi konsumsi air putih

Pastikan kamu cukup konsumsi air putih. Air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme untuk tubuh membakar lemak dan membuangnya sebagai kotoran. Hindari minuman dengan kadar gula tinggi, seperti sirup, soda, dan lain sebagainya. Minuman dengan kadar gula tinggi menyebabkan meningkatnya asupan kalori harian.

3. Batasi porsi makan dan makanan berlemak tinggi

Setiap bersilaturahmi ke rumah handai taulan, sering kali kita ditawari makan, kamu bisa menyiasatinya dengan mengambil porsi sedikit. Lebih baik kamu makan dengan porsi sedikit tapi sering daripada porsi besar dalam satu waktu sekaligus. Sebagai acuan takaran makanan, kamu cukup ambil tiga potong kecil ketupat, setengah potong ayam atau daging dan satu centong kuah opor. Kamu juga bisa memilih bagian daging yang tidak tinggi lemak, misalnya daging ayam tanpa kulit.

 4. Tetap aktif bergerak dan berolahraga

Kamu harus tetap bergerak aktif dan berolahraga. Usahakan untuk berjalan kaki dibanding naik kendaraan jika jarak tempat ke lokasi Shalat Id atau silaturahmi masih terjangkau atau saling berdekatan.

 

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang dapat menghitung kalori makanan untuk menjaga asupan harianmu. Usahakan untuk makan tidak lebih banyak dari kalori harian yang kamu butuhkan ya!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/3-rumus-menjalani-lebaran-sehat/

https://www.halodoc.com/artikel/lebaran-di-rumah-ini-tips-sajikan-makanan-sehat-dan-lezat

 

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua