Spinner Icon

Sebelum Membangun, Pelajari Informasi Jasa Arsitek Rumah Ini

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 Desember 2023
Table of Contents:

Jasa arsitek rumah memiliki cakupan yang lebih luas daripada sekadar merancang kerangka bangunan fisik. Dengan bantuan jasa arsitek rumah, proses pembangunan rumah dapat dilakukan dengan efisien, termasuk perancangan struktur, pemilihan material bangunan, dan penetapan anggaran yang diperlukan.

Apakah kamu ingin mengetahui tarif jasa arsitek dan cara menemukan arsitek yang sesuai dengan kebutuhanmu? Kali ini kami akan membagikan informasi seputar jasa arsitek rumah untukmu. Mari disimak!

Key Takeaways:

  • Dengan menggunakan jasa arsitek rumah, kamu dapat membuat anggaran yang efisien dan menghindari kesalahan struktural yang dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah. Hal ini tentu saja sangat krusial dalam membangun rumah, sebab kamu akan tinggal di dalamnya untuk waktu yang lama.
  • Kamu harus mengerti cara mencari jasa arsitek yang cocok denganmu. Maka dari itu lakukan riset dan gali informasi dari berbagai sumber, seperti portofolio, cara membangun rumah, dan kesesuaian gaya arsitek dengan wujud akhir rumah impianmu.

Manfaat menggunakan jasa arsitek


Jika keputusanmu sudah bulat untuk menggunakan jasa arsitek dalam merencanakan pembangunan rumah diharapkan memberikan manfaat signifikan pada proses pembangunan. Dampak langsung dari kerjasama dengan arsitek akan terlihat pada kualitas bangunan yang akan dibangun. Bahkan dari sketsa denah yang direka oleh arsitek, kamu dapat memvisualisasikan gambaran lengkap rumah yang akan dibangun.

Berbagai aspek penting seperti kenyamanan, keamanan, dan kesehatan penghuni dalam rumah dapat terwujud melalui desain yang efisien yang dibuat oleh arsitek. Berikut adalah beberapa keunggulan dari menggunakan jasa arsitek yang patut dipertimbangkan:

  • Efisiensi penggunaan anggaran untuk material bangunan melalui perencanaan desain yang efisien.
  • Menghindari kesalahan struktural yang dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah.
  • Memperoleh bangunan rumah dengan kualitas unggul dan daya tahan yang tinggi.
  • Memiliki hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan desain yang khusus, menciptakan keunikan yang membedakan rumah tersebut dari yang lain.
  • Meningkatkan nilai jual rumah secara keseluruhan.


Perbedaan jasa arsitek rumah dan jasa desainer rumah

Sebelum mendalami topik terkait tips memilih jasa arsitek rumah, perlu disadari bahwa terdapat beberapa mispersepsi antara jasa arsitek rumah, disamakan dengan jasa desainer rumah. Walaupun hanya berbeda satu kata saja, tetapi perbedaan pada dua jenis pekerjaan ini sangat besar.

Tugas merupakan perbedaan paling krusial dari dua jenis pekerjaan ini. Walaupun bekerja selaras untuk menciptakan hunian yang nyaman dan aman, nyatanya dua profesi ini memiliki tugas yang sangat jauh berbeda. Maka dari itu, kali ini kami juga akan menjelaskan pemahaman terkait perbedaan tersebut, agar tidak salah di kemudian hari.

1. Tugas jasa arsitek rumah

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arsitek didefinisikan sebagai seorang ahli yang mengkhususkan diri dalam perencanaan dan penggambaran gedung, jembatan, dan proyek-proyek serupa.

Selain menciptakan menggambar dan merancang, jasa arsitek rumah biasanya bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai bahan dan kebutuhan konstruksi yang diperlukan dalam proyek yang sedang dikerjakannya.

Secara sederhana, arsitek dapat diartikan sebagai seorang perencana yang menciptakan ide dan rancangan untuk sebuah bangunan. Tidak hanya terbatas pada desain rumah, jasa arsitek juga sangat dibutuhkan dalam proyek-proyek pembangunan lainnya seperti rumah sakit, hotel, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang arsitek biasanya menggunakan konsep angka, garis, dan sudut. Kemampuan matematika dan logika adalah aspek yang sangat penting dalam profesi ini. Hal ini bertujuan agar arsitek dapat menghitung dan memastikan keamanan serta stabilitas dari konstruksi bangunan yang direncanakan.

Singkatnya, fokus utama dari profesi arsitek adalah pada bagian eksterior bangunan, termasuk rencana, konstruksi, dan bentuknya. Setiap karya yang dirancang arsitek wajib memiliki nilai fungsi, estetika, dan kesesuaian dengan kebutuhan klien.

2. Tugas jasa desain rumah atau desain interior

Jasa desain rumah atau desain interior adalah seorang profesional yang berfokus pada tata letak ruang dan barang dalam suatu bangunan. Karena itu, jasa desain rumah biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam memahami tata ruang. Mereka juga memiliki keterampilan untuk menciptakan penampilan ruangan yang artistik dan nyaman.

Jasa desain rumah sangat diperlukan dalam proses renovasi kecil dari ruangan. Sebab. orientasi utama dari pekerjaan jasa desain rumah adalah menciptakan estetika dalam ruang interior. Setelah desain disetujui, mereka akan langsung mengejawantahkan ruangan tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya, desainer interior tidak hanya merancang susunan dan tata letak sebuah ruangan, tetapi juga berperan dalam menentukan aspek-aspek teknis seperti pemilihan warna cat dan furnitur yang sesuai untuk ruangan tersebut.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jasa Desain Interior yang Tepat


Tips memilih jasa arsitek rumah


Setelah memahami perbedaan tersebut secara seksama, maka kita akan beralih pada fokus utama artikel ini, yakni tips memilih jasa arsitek rumah. Riset mendalam dan teliti merupakan tahap awal paling krusial ketika mencari jasa arsitek rumah.

Kamu tentu saja perlu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Di era modern ini kamu bisa melakukan pencarian online dengan mudah. Karena jasa arsitek yang baik biasanya memiliki beragam informasi yang mudah diakses di internet dan media sosial. Setelah kamu menemukan jasa arsitek, berbagai hal yang harus kamu periksa adalah sebagai berikut:

1. Sertifikasi jasa arsitek

Kredibilitas seorang arsitek dalam merancang rumah ditentukan, antara lain, oleh kepemilikan sertifikat arsitek yang sah. Dengan memiliki sertifikasi arsitek, pengetahuan, metode kerja, dan keterampilan dalam perencanaan desain bangunan telah dipastikan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Di Indonesia, Sertifikasi Keahlian Arsitek (SKA) diberikan oleh Ikatan Arsitek Indonesia yang bermitra dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN).

Terdiri dari 13 poin kompetensi standar, sertifikasi ini menjadi tolak ukur keahlian seorang arsitek di bidang arsitektur. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa jasa arsitek rumah yang akan kamu gunakan telah memiliki Sertifikat Keahlian Arsitek. Hal ini demi menjamin keamanan dan kesuksesan proyek pembangunan rumah kamu.

2. Portofolio jasa arsitek

Pengalaman kerja dari jasa arsitek dalam merancang rumah dapat diperiksa melalui portofolio proyek sebelumnya. Dengan memeriksa dan mengevaluasi portofolio tersebut, kamu dapat memastikan bahwa jasa arsitek yang akan kamu pilih sesuai dengan preferensi kamu.

Melalui portofolio, kamu dapat melihat kualitas dan jumlah proyek sebelumnya, yang dapat menunjukkan gaya khas seorang arsitek dan apakah cocok dengan selera kamu. Penting untuk memilih arsitek yang memiliki pengalaman dalam mendesain jenis bangunan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebagai contoh, disarankan untuk memilih arsitek yang memiliki pengalaman dalam merancang hunian pribadi jika kamu berencana membangun rumah pribadi. Sebaliknya, seorang arsitek yang lebih berpengalaman dalam desain bangunan komersial seperti restoran, bandara, atau gedung lain mungkin tidak cocok untuk proyek rumah pribadi kamu.

3. Menimbang Testimoni

Ulasan atau testimoni dari klien sebelumnya tentang seorang arsitek rumah dapat menjadi indikator penting dalam menentukan apakah jasa arsitek tersebut cocok untuk kamu. Testimoni ini sering kali mencerminkan cara kerja calon arsitek rumah yang akan kamu pilih.

Dari testimoni tersebut, kamu dapat mengetahui apakah hasil akhir proyek rumah memuaskan atau tidak, apakah durasi pengerjaan tepat waktu, dan juga informasi terkait tarif arsitek rumah. Pengalaman klien sebelumnya dapat memberikan wawasan berharga mengenai kualitas layanan dan kepuasan mereka dengan arsitek tersebut.

Kepuasan atau kekecewaan klien sebelumnya tentu saja akan memengaruhi pandangan dan persepsi terhadap jasa arsitek tersebut, sehingga ulasan atau testimoni ini bisa menjadi acuan penting dalam memilih arsitek yang tepat untuk proyek rumah kamu.

4. Mencocokkan gaya dan cara kerja

Poin berikutnya yang dapat digunakan sebagai penilaian terhadap jasa arsitek rumah adalah memahami cara kerja dan kesesuaian gaya arsitektur mereka. Biasanya, informasi ini dapat diperoleh melalui percakapan langsung dengan arsitek tersebut.

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait hal ini, kamu dapat memperoleh gambaran tentang cara kerja dan kesesuaian gaya arsitektur yang dimiliki oleh jasa arsitek rumah tersebut. Setiap jasa arsitek rumah memiliki ciri khas gaya dan cara kerja yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahuinya.

5. Menyesuaikan budget

Penting untuk menyesuaikan budget kamu dengan biaya pembayaran yang harus kamu lakukan, sehingga terdapat target yang tepat untuk rumah impianmu. Mungkin kamu belum familiar dengan cara menghitung tarif jasa arsitektur, tenang saja, kami juga akan membantu kamu untuk urusan ini.

Menghitung harga jasa arsitek rumah

Tarif seorang arsitek dapat bervariasi tergantung pada luas bangunan yang akan dibuat. Biasanya, tarifnya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp800 ribu per meter persegi. Meskipun demikian, beberapa arsitek mungkin menetapkan harga di bawah atau di atas kisaran tersebut, tergantung pada portofolio dan pengalaman mereka dalam membangun rumah.

Selain itu, lingkup pekerjaan arsitek juga dapat mempengaruhi besaran tarifnya. Jika tugasnya hanya sebatas mendesain bangunan, biaya jasa desain arsitek rumah tidak akan sebesar biaya yang mencakup peran sebagai kontraktor, pengawas, dan pembelian material.

Jadi, misalnya, jika ingin membangun rumah dengan ukuran lebar 6 meter dan panjang 15 meter, dengan satu lantai dan kebutuhan ruangan sudah dipikirkan, bisa meminta bantuan seorang arsitek dengan harga desain sekitar Rp150.000,- per meter persegi bangunan.

Dengan demikian, total biaya desain rumah yang harus disiapkan akan menjadi: 90 meter persegi (luas bangunan) x Rp150.000,- = Rp13.500.000,-. Produk yang didapatkan dari pemesanan jasa desain arsitektur tersebut adalah paket gambar rumah siap bangun, termasuk perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dan kebutuhan material yang dibutuhkan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Developer Rumah dan Perannya!


BTN: Solusi untuk rumah impianmu

Nah, selain jasa arsitek, untuk mewujudkan rumah impianmu, kami memiliki satu lagi informasi berguna untuk kamu, yakni program KPR dari Bank BTN. BTN adalah bank yang dapat membantumu dalam pengajuan kredit rumah (KPR). Proses pengajuan KPR melalui BTN juga tergolong mudah, kamu bisa mengajukannya secara online melalui BTN Properti. Selain itu, BTN menyediakan fitur simulasi KPR yang akan mempermudah kamu dalam menghitung dan merencanakan KPR sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu tertarik untuk membangun atau merenovasi rumahmu, kamu juga bisa menemukan jasa profesional melalui BTN Properti. Atau kamu juga bisa klik link ini untuk mendalami informasi seputar properti atau tips-tips membangun rumah lainnya!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua