Spinner Icon

Jenis Karpet yang Tepat untuk Hunian

Author Image
Info Terbaru · 6 Oktober 2020
Table of Contents:

Jenis Karpet ada berbagai macam untuk melengkapi desain interior sebuah hunian. Karpet dibutuhkan untuk melapisi ubin lantai agar terlihat lebih rapi dan juga enak dipandang. Ada banyak fungsi dari berbagai Jenis Karpet yang digunakan untuk hunian. Fungsi penggunaan karpet di antara lainnya yaitu agar tidak licin ketika menginjak lantai, untuk mempercantik lantai, dan untuk menghangatkan lantai ketika sedang duduk. Biasanya penggunaan karpet difokuskan pada ruang tamu dan berbagai ruangan tertentu.

Pemakaian karpet pada rumah dapat disesuaikan dengan konsep interior yang telah diterapkan. Misalnya menyesuaikan motif dan desain karpet pada warna cat dinding atau warna sofa ruangan. Selain itu kamu harus memikirkan fungsi dari Jenis Karpet pada ruangan rumah agar nyaman digunakan. Pada umumnya Jenis Karpet sangatlah beragam, mulai dari karpet dengan bahan dasar seperti wol, sutra, katun, atau karpet vynil. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai Jenis Karpet yang dapat kamu gunakan sesuai ruangan pada hunian kamu.


Jenis Karpet Berbahan Wol 


Jenis Karpet berbahan dasar wol ini merupakan salah satu jenis karpet yang cocok jika diletakkan pada kamar tidur atau ruang keluarga untuk bersantai. Dengan memiliki bahan yang halus, kamu akan nyaman saat menggunakannya. Karpet wol juga mudah ditemukan pada offline atau online store, tentunya dengan harga yang beragam sesuai dari ketebalan karpet wol tersebut. Dengan bahan yang berkualitas, karpet wol dapat bertahan lama jika dirawat dan disimpan dengan cara yang benar. Akan tetapi, perawatan karpet wol cukup sulit dan memakan waktu. Karena karpet berbahan wol ini mudah kotor dan debu mudah menempel sehingga membersihkannya harus secara rutin dengan menyikat seluruh permukaan karpet agar bersih dari debu.


Jenis Karpet Vynil Cocok untuk Ruang Kerja


Jenis Karpet yang satu ini adalah vynil yang memiliki berbagai jenis, salah satunya yaitu karpet vynil roll. Untuk karpet vynil biasanya dijual dalam bentuk roll panjang atau gulungan yang disesuaikan dengan ukuran yang akan dibeli. Pada umumnya Jenis Karpet ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 2 meter. Harga yang dibandrol cukup terjangkau sesuai ketebalan karpet.

Penggunaan karpet vynil cocok untuk ruangan yang cukup luas seperti kantor atau aula. Namun, seiring berjalannya waktu karpet vynil sudah sering digunakan pada hunian. Tidak jarang Jenis Karpet ini diaplikasikan pada ruang kamar atau ruang kerja di rumah. Karpet vynil memiliki tekstur halus dan lentur sehingga pas digunakan untuk interior rumah. Untuk masalah motif dan warna kamu tidak perlu khawatir, karpet vynil tersedia dalam berbagai macam motif dan warna sesuai selera dan interior hunian. Untuk pemasangan karpet vynil dapat dikatakan agak sulit karena kamu harus mengukur lantai terlebih dahulu agar sesuai dan memastikan bahwa karpet tidak bergeser agar tekstur tetap rapi. 


Berikan Sentuhan Mewah untuk Hunian dengan Jenis Karpet


Agar sebuah hunian terlihat menarik, dekorasi serta tambahan furniture juga berpengaruh lho. Untuk menambahkan kesan mewah, kamu bisa menggunakan Jenis Karpet yang satu ini. Karpet dengan berbahan dasar sutra akan memberikan sentuhan elegant dan cantik. Karpet sutra dibuat dengan proses yang cukup lama namun teliti dan rapi. Belum lagi karpet ini terbuat dari serat alami yang membuat karpet menjadi istimewa dengan teksturnya yang halus. Tidak salah jika karpet sutra dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Jenis Karpet ini dapat menyerap debu pada ruangan dan memiliki ketahanan yang baik. Perlu diingat untuk perawatan karpet sutra harus menggunakan vacuum cleaner agar semua kotoran dapat dibersihkan.

Penggunaan karpet sangatlah penting selain untuk nilai estetika pada sebuah hunian, karpet juga memiliki fungsi yang baik untuk kenyamanan. Jangan lupa untuk membersihkan karpet secara berkala sesuai masing-masing Jenis Karpet.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua