Spinner Icon

Jenis Lantai Rumah dan Keunggulannya untuk Hunian

Author Image
Info Terbaru · 2 Maret 2021
Table of Contents:

Jenis Lantai Rumah memiliki banyak ragam yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing hunian. Lantai menjadi salah satu bagian material penting untuk digunakan pada berbagai ruangan rumah. Untuk itu, pemilihan Jenis Lantai Rumah harus tepat dengan kualitas terbaik sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang.

Ketika memilih Jenis Lantai Rumah tentunya diperlukan pemikiran yang matang dan beberapa pertimbangan agar sesuai konsep rumah serta budget yang sudah disiapkan. Pemilihan lantai rumah yang tepat akan menghasilkan tampilan rumah yang menarik dan nyaman.

Ada banyak Jenis Lantai Rumah yang bisa kamu gunakan yaitu seperti lantai vinyl, lantai keramik, lantai kayu dan lantai granit. Lantai tersebut pastinya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kondisi rumah nantinya.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai Jenis Lantai Rumah beserta keunggulannya masing-masing sehingga bisa kamu jadikan referensi ketika memilih lantai rumah yang tepat.

 

Jenis Lantai Rumah Vinyl yang Minimalis Modern


(Pexels)

Jenis Lantai Rumah yang sering digunakan yaitu lantai vinyl. Lantai vinyl sendiri terbuat dari bahan PVC yang dikenal dengan keunggulan material yang halus dan mudah ketika memasang untuk hunian. Lantai vinyl berbeda dengan Jenis Lantai Rumah lainnya. Lantai vinyl biasanya sudah didesain sedemikian rupa dengan berbagai motif dan warna yang bisa disesuaikan berdasarkan konsep hunian.

Selain memiliki keunggulan teksturnya yang halus, Jenis Lantai Rumah vinyl ini memiliki harga yang terjangkau dibanding dengan lantai rumah lainnya. Saat ini lantai vinyl banyak diminati karena materialnya yang bagus dan mudah untuk dipasang di ruangan tertentu sehingga tidak memakan banyak budget untuk menggunakan jasa profesional seperti tukang.

Selain pemasangannya yang mudah dan praktis, jenis lantai vinyl dapat dikatakan awet dan tahan lama yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Cara merawat lantai vinyl cukup mudah yaitu hanya dengan menyapu dan mengepel secara rutin untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di karpet. Namun, kamu perlu sedikit berhati-hati dalam pemasangan karpet vinyl agar tidak mudah robek dan rusak.

 

Jenis Lantai Rumah Keramik yang Elegan dan Mewah


(Pexels)

Jenis Lantai Rumah yang sudah sering kita lihat di berbagai sudut ruangan yaitu keramik. Keramik sudah digunakan sejak dulu untuk mendukung tampilan hunian agar lebih sempurna. Keramik menjadi pilihan karena memiliki keunggulan yang tidak kalah dari Jenis Lantai Rumah lainnya.

Penggunaan keramik bisa memberikan kesan sejuk dan adem pada ruangan sehingga sangat pas untuk penerapan di Negara tropis seperti Indonesia. Selain itu, cara perawatannya cukup mudah hanya dengan dibersihkan menggunakan pel lantai atau kain basah.

Harganya sangat terjangkau sehingga kamu tidak perlu mempersiapkan budget besar dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Tampilannya yang elegan dan mewah menambah kesan manis dan cantik untuk interior rumah. Namun, kamu perlu mengingat bahwa lantai keramik mudah pecah sehingga perlu berhati-hati jika terjadi benturan yang menyebabkan kerusakan pada lantai.


Material Kayu untuk Jenis Lantai Rumah yang Apik dan Unik


(Pexels)

Jenis Lantai Rumah yang bisa kamu gunakan untuk hunian selanjutnya yaitu dengan menggunakan lantai kayu. Lantai kayu merupakan kumpulan kepingan kayu yang sudah disesuaikan sedemikian rupa untuk penerapan desain interior maupun eksterior rumah yang apik.

Pada umumnya, Jenis Lantai Rumah ini memiliki tipe yaitu finished hardwood floor dan unfinished hardwood floor yang di mana beberapa material kayu sudah dibentuk dengan rapi sedangkan yang lainnya masih berupa tekstur asli yang kasar dan alami. Untuk itu disarankan melakukan pelapisan menggunakan cat agar lebih aman digunakan.

Penggunaan lantai kayu sangat pas untuk memberikan desain yang dinamis dan minimalis. Warna alami dari kayu bisa disesuaikan dengan konsep rustic ataupun industrial pada hunian. Pemasangannya juga sangat mudah dan efisien. Materialnya yang kuat dan tebal menjadikan Jenis Lantai Rumah lebih awet dan tahan lama. Untuk budget, kamu memerlukan sedikit anggaran lebih karena harga yang ditawarkan cukup mahal.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua