Spinner Icon

12 Kaktus Hias untuk Mempercantik Rumah Kamu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 9 Agustus 2023
Table of Contents:
  • 12 Jenis Kaktus Indoor untuk Menghias Rumah Minimalismu
  • 1. Kaktus Natal
  • 2. Tanaman Kaktus Memanjang
  • 3. Kaktus Saguaro
  • 4. Kaktus Telinga Kelinci
  • 5. Kaktus Bintang
  • 6. Kaktus Bulu
  • 7. Tanaman Kaktus Peruvian Apple
  • 8. Kaktus Blue Columnar
  • 9. Kaktus Bulan
  • 10. Kaktus Paskah
  • 11. Kaktus Barel
  • 12. Kaktus Lady Finger
  • Kesimpulan

Tanaman kaktus tumbuh dengan lambat dan perawatannya cenderung cukup mudah. Tanaman ini tahan kekeringan, mereka menyimpan cairan di batang atau daunnya. Namun, itu bukan satu-satunya hal yang membuat mereka berbeda. Anggota famili kaktus memiliki areoles, tonjolan kecil di bagian luar tanaman dengan beberapa kemampuan unik, tidak seperti sukulen lainnya.

Kaktus memang sudah sangat terkenal digunakan sebagai tanaman hias yang cantik. Kaktus memiliki sesuatu yang membuatnya menarik untuk dijadikan pajangan, meskipun memiliki duri yang sedikit berbahaya. Kaktus juga dapat bersanding dengan indah di samping dinding plester putih dan lantai terakota.

Berbagai keuntungan dan penampilan kaktus yang unik ini membuatnya dapat digunakan di dalam ruangan untuk mendekorasi rumah minimalis. Kamu dapat meletakkan satu tanaman kaktus di ambang jendela atau di ruang tamu untuk dekorasi yang unik. Tanaman hias yang ideal umumnya membutuhkan lebih sedikit cahaya dan bertubuh lebih kecil agar terlihat modern dan minimalis.

Tertarik menggunakan kaktus sebagai tanaman hias di rumah? Yuk, simak beberapa tanaman kaktus indoor berikut untuk menghias ruangan rumahmu.

Key Takeaways:

  • Tanaman kaktus sudah sangat terkenal digunakan sebagai tanaman hias yang cantik karena bentuknya yang unik.
  • Pastikan kaktus hiasmu tidak diperoleh dari alam liar. Pastikan juga tanaman ini ditempatkan jauh dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil agar terhindar dari cedera.
  • Ada 12 jenis kaktus indoor yang dapat kamu pilih untuk menghias rumah minimalismu, antara lain kaktus natal, tanaman kaktus memanjang, kaktus saguaro, kaktus telinga kelinci, kaktus bintang, kaktus bulu, tanaman kaktus peruvian apple, kaktus blue columnar, kaktus bulan, kaktus paskah, kaktus barel, dan kaktus lady finger.

12 Jenis Kaktus Indoor untuk Menghias Rumah Minimalismu

Ada banyak jenis kaktus indoor yang dapat kamu gunakan untuk menghias rumah minimalis. Namun, sebelum memilih jenis kaktus yang ingin digunakan untuk menghias rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pastikan kamu tidak memperoleh kaktusmu dari alam liar. Selain itu, kamu juga harus pastikan tanaman kaktusmu diletakkan jauh dari hewan peliharaan dan anak kecil agar terhindar dari cedera. Berikut adalah 12 jenis kaktus yang cocok untuk menghias bagian dalam rumahmu.

1. Kaktus Natal

Tanaman kaktus natal adalah tanaman musim dingin yang populer dan dapat hidup selama bertahun-tahun. Seperti namanya, tanaman kaktus ini mekar selama musim Natal, seperti kerabatnya, kaktus easter.

Kamu dapat menempatkan kaktus natal di ruangan tanpa lampu selama enam minggu untuk membuatnya mekar. Agar kuncupnya terbentuk, kamu butuh mendiamkannya selama 12 hingga 14 jam di dalam kegelapan. Kaktus sukulen ini terlihat bagus jika diletakkan di keranjang gantung, karena bentuknya yang melengkung ke bawah dan batangnya yang panjang jika menggantung di sisi pot.

2. Tanaman Kaktus Memanjang

Tanaman kaktus memanjang memiliki tampilan yang cantik dan bisa menjadi hiasan yang cocok untuk tamanmu karena kemiripannya dengan menara kastil. Jenis kaktus kecil ini tumbuh dengan lambat dan dapat tumbuh setinggi 6 kaki. Tempatkan tanaman kaktus ini di lokasi yang mendapat banyak sinar matahari.

3. Kaktus Saguaro

Kaktus Saguaro adalah kaktus yang ditemukan secara eksklusif di Gurun Sonoran. Kaktus saguaro adalah kaktus yang tumbuh ke atas dan cukup tinggi. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 6 kaki.

Batang kaktus saguaro menyerupai menara kastil. Batang kaktus ini umumnya memiliki banyak cabang yang mengarah ke atas. Namun, tanaman kaktus mini ini tumbuh dengan lambat. Pastikan kamu menyimpan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari. Tanaman kaktus saguaro akan menumbuhkan bunga berwarna putih di akhir musim semi, dan pada tanaman yang lebih besar, kamu bisa menemukan buah yang bisa dimakan loh.

4. Kaktus Telinga Kelinci


Kaktus telinga kelinci atau dikenal juga sebagai kaktus sayap malaikat, adalah kaktus yang sangat populer sebagai pilihan dekorasi rumah karena bentuknya yang lucu. Tanaman kaktus ini tidak memiliki duri seperti kaktus pada umumnya, tapi kamu tetap harus hati-hati dengan tanaman ini.

Kaktus telinga kelinci memiliki glochid, yaitu duri berbulu yang memberikan tampilan polkadot. Glochid ini dapat menempel pada tubuhmu loh. Agar tanaman kaktus telinga kelinci dapat berkembang dengan baik, kamu dapat menempatkannya di tempat yang cerah.

5. Kaktus Bintang

Kaktus bintang tumbuh dengan baik di dalam ruangan dan di tanah yang subur. Dikenal juga sebagai kaktus bintang laut atau landak laut, tanaman kaktus bintang bisa digunakan untuk penghias ruangan. Bunga pada tanaman ini berwarna putih atau kuning. Untuk tanaman kaktus bintang ini, kamu dapat menempatkannya di tempat yang menerima banyak sinar matahari.

6. Kaktus Bulu

Tanaman kaktus bulu adalah kaktus dengan duri-duri putih yang tampak seperti bulu halus. Kulit luar yang lembut dan berbulu halus berwarna putih ini membantu melindungi tanaman ini dari terik matahari. Namun, jangan tertipu oleh penampilannya, karena ternyata duri kaktus ini tajam loh.

7. Tanaman Kaktus Peruvian Apple

Kaktus Apel Peru atau Cereus Repandus adalah kaktus kolumnar besar, tegak, dan berduri yang ditemukan di Amerika Selatan. Cereus Repandus terutama ditanam untuk keperluan dekorasi tetapi juga digunakan sebagai bahan kuliner di wilayah tersebut.

8. Kaktus Blue Columnar

Kaktus kolom biru atau juga dikenal sebagai kaktus obor biru merupakan tanaman yang tumbuh cepat yang dapat tumbuh setinggi 30 kaki di habitat aslinya. Tanaman kaktus ini adalah pilihan cocok untuk dekorasi.

Bentuk tanaman kaktus ini seperti kaktus mekar dengan bentuk corong saat sudah dewasa. Tanaman kaktus kolom biru mengalihkan banyak sinar matahari karena mengeluarkan warna kebiruan di dalamnya.

9. Kaktus Bulan

Tanaman kaktus bulan bisa menjadi tambahan yang indah untuk taman indoor karena warnanya yang cerah. Jenis kaktus ini terdiri dari dua jenis kaktus yang dicangkokkan bersama. Meskipun demikian, kaktus bulan memiliki tinggi yang pendek bila dibandingkan dengan beberapa jenis kaktus lainnya. Penampilan dari kaktus ini menyerupai bola kecil, bulat, merah atau kuning.

Tanaman kaktus mini ini sebaiknya diletakkan di tempat yang dapat memperoleh sinar matahari tidak langsung karena sinar matahari langsung yang terlalu banyak dapat merusaknya. Tanaman kaktus bulan yang mekar akan terlihat sangat berwarna dan menjadi dekorasi rumah yang indah. Kaktus bulan ini sangat menarik karena dapat menghasilkan cabang.

10. Kaktus Paskah


Jenis kaktus yang satu ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan kaktus Natal. Tanaman bunga kaktus easter hadir dalam berbagai warna yang cerah dan indah, serta bunga yang besar. Sama seperti kaktus natal, kaktus paskah akan mekar saat Paskah tiba.

Dengan ujung membulat yang terpusat pada daun, jenis kaktus yang satu ini memiliki bunga berbentuk terompet dan kelopak runcing. Kaktus ini mekar dalam warna oranye, lavender, peach, dan merah muda.  Dengan warna hijau, tanaman ini selalu menarik, meski tanpa bunga berwarna-warni. Kaktus paskah menyukai cahaya terang tetapi bukan sinar matahari langsung karena akan membakar daunnya. Tanaman kaktus ini memerlukan lebih banyak air dan filter.

11. Kaktus Barel

Kaktus barel dikenal juga sebagai kaktus paling ganas. Tanaman kaktus ini ditutupi dengan duri panjang dan kaku yang berfungsi untuk melindungi daging buahnya. Buah kaktus ini dapat dimakan.

Ada sejumlah varietas kaktus barel dalam dua jenis genus, Echinocactus dan Ferocactus. Echinocactus memiliki mahkota berduri halus, sedangkan Ferocactus berduri ganas. Masing-masing varietas kaktus ini bisa ditanam sebagai tanaman hias. Untuk menumbuhkannya hingga subur, kamu harus ingat untuk memberikannya sinar matahari sebanyak mungkin dan sedikit air ditambah dengan campuran pot yang longgar.

12. Kaktus Lady Finger

Tanaman kaktus lady finger juga dikenal sebagai kaktus renda emas, bisa menjadi tambahan yang bagus untuk tamanmu. Tanaman bunga kaktus kecil ini berbunga putih dan tingginya hanya mencapai 6 inci. Kamu dapat meletakkan tanaman ini di dekat jendela yang menghadap matahari untuk memberinya banyak cahaya terang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah yang Lebih Hijau


Kesimpulan

Demikian 12 jenis kaktus yang cocok untuk kamu letakkan di rumah minimalis. Setiap jenis kaktus memang memiliki penampilan yang unik. Ingatlah untuk memperhatikan karakteristik dan hal-hal yang harus diperhatikan setiap jenis kaktus agar kamu dapat memelihara kaktus dengan baik. Juga tetap waspada saat menanam kaktus karena meskipun banyak jenis tanaman kaktus yang durinya tidak berbahaya, pastikan tanaman ini terhindar dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Ingin memperoleh informasi bermanfaat lainnya seputar properti? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk memperoleh informasi bermanfaat lainnya mengenai properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua