Spinner Icon

Kasur Anti Tungau? Berikut Ini Langkahnya!

Author Image
Info Terbaru · 19 November 2020
Table of Contents:

Kasur Anti Tungau sebenarnya sangat mudah untuk kamu dapatkan yaitu cukup membersihkannya dengan rutin. Akan tetapi, sekadar membersihkan saja tidaklah cukup. Kamu perlu membersihkannya secara rinci dan sering mengganti sprei. Tentunya kita semua akan menghabiskan waktu lebih lama di kasur untuk istirahat. Kamu tentu tidak mau jika kasur menjadi sumber kuman penyakit apalagi dengan adanya debu dan tungau.

Tungau sulit diketahui keberadaannya dan tidak terlihat oleh mata karena ukurannya yang sangat kecil seperti debu. Terlihat bersih bukan berarti kasurmu bebas dari tungau lho. Kamu bisa merasakan kehadiran tungau jika sudah tidak nyaman ketika tidur di atas kasurmu itu. Merasakan gatal-gatal pada daerah kulit merupakan tanda bahwa kasurmu terdapat tungau.

Supaya kamu dapat tidur nyenyak dan nyaman, tentunya harus menjaga kebersihan kasur. Dan agar terciptanya kesehatan untuk dirimu dan keluarga. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar kasur bebas dari tungau dan debu lainnya.


Kasur Anti Tungau dengan Bersihkan Kasur Menggunakan Vacuum


(Shutterstock)

Kasur Anti Tungau bisa kamu dapatkan jika kamu mau membersihkan kasur dengan rutin, ya! Namun, jangan membersihkan secara asal-asalan karena bisa saja tungau bersarang di kasur karena tungau tidak bisa terlihat dengan kasat mata. Membersihkannya dengan menggunakan sapu khusus kasur tidaklah cukup. Kamu perlu vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan kasur dan beberapa bagian agar benar-benar bersih dari tungau dan debu.

Menggunakan vacuum cleaner menjadi cara terbaik untuk membersihkan kasur dari debu, noda, dan tungau. Vacuum cleaner memiliki daya hisap yang besar sehingga bisa menghisap kotoran dan membuat kasur semakin bersih. Setelah menggunakannya jangan lupa langsung dibersihkan agar kotoran dari kasur tidak menempel terlalu lama pada alat vacuum.


Kasur Anti Tungau Bisa Tercipta dengan Mengganti Sprei Secara Rutin


(Shutterstock)

Selain membersihkan kasur dengan vacuum agar mendapatkan Kasur Anti Tungau, kamu bisa mengganti sprei kasur dan bantal secara rutin. Hal ini dilakukan agar kasurmu selalu bersih dan terhindar dari tungau. Jangan biarkan sprei terus terpasang lebih dari seminggu agar tidak menyebabkan sarang noda dan kotoran. Walaupun terlihat masih bersih, alangkah lebih baik jika menggantinya setiap seminggu sekali.

Setelah mengganti sprei dengan yang baru, kamu tentu harus mencuci sprei yang sudah digunakan. Cara mencuci sprei tidak boleh sembarangan. Rendam sprei yang akan dicuci menggunakan air panas untuk mengangkat kotoran dan tungau yang berada di sprei. Kemudian tunggu beberapa saat lalu masukan ke dalam mesin cuci. Gunakan sabun pencuci yang wangi dan anti bakteri, pastikan sprei kering merata agar tidak lembap dan bau. Ingat selalu agar membersihkan dan mengganti sprei beserta selimut dan sarung bantal secara rutin.


Kasur Anti Tungau dengan Menjemur Kasur di Sinar Matahari


(Shutterstock)

Jika memungkinkan untuk menjemur kasurmu di bawah sinar matahari, kamu dapat melakukannya minimal dua minggu sekali.  Menjemur kasur di bawah sinar matahari dapat membuat bakteri dan tungau mati dalam sekejap. Proses ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan Kasur Anti Tungau sehingga bebas dari penyakit.

Jemur kasur selama 30 menit atau 1 jam agar kasur benar-benar kering dan hangat. Tidak lupa untuk menjemur perlengkapan tidur lainnya seperti bantal dan selimut. Cara ini sudah sering dilakukan sejak dahulu namun dipercaya cukup optimal untuk membasmi tungau di kasur.


Gunakan Bahan Alami Ini untuk Kasur Anti Tungau


(Shutterstock)

Untuk memiliki Kasur Anti Tungau kamu harus secara rutin membersihkan kasurmu dan perlengkapan tidur, ya! Setelah melakukan cara-cara di atas, kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Yap! Penggunaan bahan alami yang sering kamu jumpai di dapur yaitu garam dan cuka. Kamu pasti heran kalau bahan-bahan ini bisa membasmi tungau. Faktanya bahan-bahan alami seperti ini bisa dimanfaatkan menjadi pembersih kasur dan peralatan lainnya

Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan salah satu bahan yang kamu punya dengan sedikit air. Masukan campuran bahan tadi ke dalam botol semprot yang tersedia di rumah. Semprotkan bahan yang sudah dicampurkan ke area kasur. Khusus cuka, kamu tidak perlu campuran air lagi ya! Cukup masukan saja ke dalam botol semprot. Dalam sekejap kasur akan bersih dan bebas dari tungau.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua