Spinner Icon

Kayu Indonesia, Desain Eropa

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 11 November 2016
Housing-Estate.com, Jakarta - Kolaborasi pengrajin lokal dengan desainer asing lazim terjadi di negara kita. Kepercayaan masyarakat terhadap orang asing tak bisa dipungkiri lebih tinggi ketimbang bangsanya sendiri. Alasannya desainer atau pengusaha mebel asing lebih menjanjikan pasar yang besar dan berkesinambungan. Salah satunya Inch, merek furnitur asal Swiss yang menggandeng sekolah kejuruan Pendidikan Industri Kayu (PIKA) Semarang, Jawa Tengah, sebagai bengkel produksi. Sedangkan alat-alat bantu fungsi dan bagianbagian berbahan dasar metal diproduksi ATMI (Akademi Tehnik Mesin Industri) Solo, Jawa Tengah.


Inch yang merupakan gabungan kata In = Indonesia dan Ch = Switzerland, didirikan sembilan tahun silam oleh Thomas Wuthrich dan Yves Raschle. Duo desainer asal Swiss itu pernah menetap di Indonesia saat bekerja pada sebuah organisasi nirlaba. Sejak awal keduanya berniat membina hubungan lebih dari sekadar bisnis dengan berkontribusi melalui pelatihan keahlian dan pengalaman, khusus kepada murid PIKA sebagai timbal balik.


Ekologi juga menjadi isu penting bagi Inch. Kayu jati yang menjadi bahan dasar produk hanya berasal dari hutan tanam ulang di Indonesia yang tersertifikasi. Bagi Inch kayu itu hidup dan bahan yang cenderung berubah. Sifat-sifat kayu yang berbeda harus dipahami betul, sejak persiapan, cara perakitan, sampai finishing. Banyak bagian pengerjaan yang harus dikerjakan dengan tangan sehingga hasilnya unik. Untuk pertama kali Inch memamerkan produk-produknya di Indonesia di Galeri Dialogue, Kemang, Jakarta Selatan. Sebagian besar dinamai dalam bahasa Jawa dan Indonesia sebagai pencerminan karakter Indonesia dan agar terdengar unik di pasar global. Berikut beberapa desain furnitur Inch yang kental bergaya Eropa dengan tampilan serat kayu berkarakter.


Perabot kayu indonesia


1. Satu dan Delapan

Kursi tunggal berbahan kayu jati dengan rangka dari logam bercat hitam. Desain lekukan pada dudukan dan sandaran berfungsi ergonomis sekaligus estetis. H: 45/85 cm W: 43 cm D: 53 cm.

2.Shanghai Chair

Kursi tunggal dengan detail potongan kayu yang menarik. Cocok untuk melengkapi meja makan. H : 45/81 cm W : 44 cm D : 56 cm.

3. Shanghai Lounge Chair

Kursi santai dua dudukan memadukan warna alami kayu jati dan rangka baja berlapis cat hitam. Bantalan berlapis kulit berwarna hitam pada dudukan dan sandaran kursi menambah kenyamanan. H:38/67cm/W:83cm/D:76cm.


Perabot kayu indonesia 2



1. Shangai Lounge Table

Coffee table berbentuk segi enam tak beraturan terbuat dari kayu jati solid. H : 35cm/W:61cm/D:54cm


2. Loro

Meja sudut bundar dengan kaki ramping dari bahan logam. Di:42cm/H:50/74cm


3. Tuju

Coffee table bercabang tiga memadukan kayu dan kaki berbahan stainless steel Di: 94cm/H:45cm


Perabot kayu indonesia 3


1. Enam

Rak pajang terdiri dari dua elemen kotak dan garis, bisa diperpanjang tanpa batas. Tersedia variasi vertikal dan horizontal. H:193cm/W:145cm/D:34cm


2. Sepuluh

Kabinet rendah dengan tiga kompartemen, memiliki detail unik pada setiap daun pintu. Kombinasi bahan kayu dengan karakter serat yang khas dan dua kaki kabinet dari baja bercat hitam L:193cm/D:48cm/H:61cm


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua