Spinner Icon

Kebiasaan-Kebiasaan yang Membuyarkan Impian Memiliki Rumah Idaman

Author Image
Info Terbaru · 7 Februari 2017

Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang, dan bukan rahasia lagi, program KPR rumah adalah sebuah jalan yang dapat mempermudah banyak orang orang untuk mewujudkan impian ini.

Namun membeli rumah lewat KPR bukan sekedar melunasi uang mukanya saja, melainkan juga membayar angsuran KPR tersebut tiap bulannya. Nah! Pembayaran angsuran ini butuh komitmen yang besar, yang jika Anda masih punya kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat impian Anda memiliki rumah menjadi buyar.

Masih sulit mengontrol keinginan

Jika Anda tipe orang yang masih mudah membeli sesuatu karena terdorong keinginan dan bukannya kebutuhan, maka Anda bisa jadi belum siap untuk menjadikan KPR sebagai jalan untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Karena jika Anda masih melakukan ini, besar kemungkinan Anda akan tergiur untuk membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan, padahal dana Anda sudah mepet karena harus membayar angsuran KPR rumah Anda.

Masih belum terbiasa mengatur pengeluaran

Ketika Anda adalah orang-orang yang masih hidup foya-foya di awal bulan namun menjadi kere di akhir bulan, atau Anda adalah orang-orang yang menabung hanya ketika Anda masih memiliki uang sisa di akhir bulanmaka Anda belumlah sepenuhnya siap mengajukan KPR.

Karena agar pembayaran angsuran dapat berjalan dengan lancar, Anda harus menciptakan perencanaan pengeluaran secara matang, mulai dari pengeluaran sehari-hari, belanja bulanan, pembayaran kredit, tabungan, hingga pengeluaran-pengeluaran tidak terduga.

Jika masih belum terbiasa memiliki rencana pengeluaran, bukan tidak mungkin Anda akan kehabisan uang ketika tiba saatnya harus membayar angsuran KPR, yang tentunya dapat menyebabkan rumah Anda ditarik oleh pihak bank.

Masih kebiasaan berutang

Apakah itu dengan penggunaan kartu kredit atau bentuk utang-utang lainnya, masih terbiasa berutang adalah bukti nyata bahwa Anda belum siap mengambil KPR rumah. Karena berutang adalah bukti nyata bahwa Anda masih tidak memiliki kesanggupan dari sisi finansial.

Ketidaksanggupan finansial ini pun bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa saja pada dasarnya pendapatan Anda tidak cukup memenuhi kebutuhan Anda (misalnya Anda harus menyekolahkan beberapa anak dalam satu waktu) atau karena keinginan Anda yang terlalu besar (misalnya menggunakan kartu kredit untuk jalan-jalan).

Apapun alasannya ketika Anda masih sering berutang, artinya Anda belumlah siap untuk menanggung beban tambahan angsuran KPR tiap bulannya.

Masih belum disiplin terhadap waktu

Masih sering bayar tagihan ngaret? Kalau iya Anda juga termasuk orang-orang yang belum siap untuk memiliki rumah impian lewat program KPR. Karena dalam urusan membayar angsuran KPR, Anda harus benar-benar disiplin dalam membayar angsuran tiap bulannya. Hal ini penting diperhatikan karena jika Anda ngaret membayar angsuran, bukan hanya Anda akan diberi penalty, rumah Anda juga berisiko untuk disita oleh pihak bank.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selama Anda masih belum disiplin dalam hal ini, sebaiknya jangan memaksakan untuk mengambil KPR terlebih dahulu.

 

Masih punya kebiasaan-kebiasaan di atas, kalau iya pikir-pikir dulu sebelum mengambil KPR!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua