Spinner Icon

Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding Pada Hunian

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 21 April 2021
Table of Contents:

Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding menjadi suatu hal penting yang harus kamu pikirkan secara matang untuk mendukung tampilan hunian agar lebih sempurna. Menggunakan cat merupakan solusi terbaik untuk menutupi segala retak atau noda pada dinding agar terlihat lebih menarik dan baru. Tentunya cat dinding memiliki keunggulan serta kekurangannya yang menjadi pertimbangan sebelum melakukan renovasi rumah. Mulai dari budget yang dimiliki hingga penerapan desain hunian yang cocok dengan cat dinding tertentu.

Mengecat rumah sendiri merupakan pilihan yang tepat untuk lebih hemat dan bisa menerapkan warna desain yang cocok untuk interior rumah. Apalagi kamu bisa bebas untuk berkreasi menggunakan warna pilihanmu. Nah, berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding yang perlu kamu ketahui agar semakin yakin untuk menerapkannya pada tembok rumah.


Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding Merupakan Hal Penting


(Pexels)

Biasanya ketika ingin melakukan renovasi rumah, kamu difokuskan terhadap perbaikan dinding yang sudah kusam atau retak. Hal ini mengharuskan kamu memikirkan secara matang untuk memperbaiki dinding rumah dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu melakukan pengecatan ulang dinding rumah. Namun, sebelum kamu melakukan perbaikan dinding rumah dengan menggunakan cat dinding sebaiknya memikirkan desain yang cocok untuk hunian. Pasalnya, dinding rumah menjadi fokus utama serta memiliki fungsi penting pada hunian yang bisa mengubah ruangan menjadi lebih cerah dan luas.

Tentukan warna cat dinding dengan pilihan menarik seperti warna putih solid, cream, beige, atau pastel. Warna tersebut merupakan pilihan warna umum yang bisa menjadikan ruangan lebih segar dan tidak sempit. Pilih warna cat dinding yang sesuai dengan penerapan desain interior agar lebih matching dan indah untuk dipandang.


Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding  Memiliki Banyak Pilihan Warna dan Sesuai Kantong


(Pexels)

Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding salah satunya yaitu memiliki banyak pilihan warna yang bagus dan menarik. Tidak hanya itu, menggunakan cat dinding bisa menghemat dana yang kamu miliki karena harganya yang terjangkau dan pas di kantong.

Kamu bisa memilih berbagai warna kesukaan dari banyaknya pilihan warna cat yang tersedia. Kamu bisa sesuaikan warna cat dengan dekorasi atau furniture pada ruangan untuk hasil yang lebih selaras dan eye-catching. Warna-warna tertentu juga bisa meningkatkan mood kamu lho agar tetap nyaman dan betah berlama-lama berada di ruangan tersebut. Maka dari itu, pilih warna yang menarik dan sesuai dengan karakter kamu, ya!


Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding Berada Pada Proses Aplikasinya yang Tidak Mudah


(Pexels)

Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding rupanya berada pada tahapan proses pengecatannya lho. Mengecat dinding rumah terlihat sangat mudah, padahal kamu perlu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak berantakan sehingga terlihat rapi dan menarik. Proses dan tahapan dalam pengecatan juga memakan waktu yang tidak sebentar karena ada beberapa langkah yang harus dilalui.

Sebelum mengecat rumah menggunakan warna cat dinding pilihanmu, kamu harus mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu. Cat dasar ini biasa disebut primer yang berfungsi untuk melapis permukaan dinding agar bisa melekat lebih sempurna. Setelah melalui langkah ini barulah bisa melapisi dinding menggunakan cat warna yang diinginkan. Dengan menggunakan cat primer terlebih dahulu, maka warna lainnya bisa muncul dan lebih tebal.

Jika kamu merasa kesulitan dalam mengecat dinding rumah sendiri, sebaiknya memanggil jasa tukang yang sudah berpengalaman  untuk melakukan pengecatan sehingga tampilan hunian bisa lebih maksimal.


Memikirkan Daya Tahan pada Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding


(Pexels)

Kelebihan dan Kekurangan Cat Dinding perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya. Dengan memperhatikan keunggulan serta kekurangan penggunaan cat dinding, dapat meminimalisasi kerugian. Misalnya memikirkan daya tahan dalam penerapan cat dinding untuk interior rumah. Hal ini sangat penting sehingga cat dinding tidak mudah retak dan mengalami kerusakan.

Biasanya cat dinding sangat mudah pudar dan memiliki daya tahan yang rendah. Namun, tidak perlu khawatir jika kamu menggunakan cat dinding dengan kualitas yang terbaik. Untuk itu disarankan menyiapkan dana khusus untuk membeli cat dinding yang bagus. Pemilihan cat dinding berkualitas terbaik bisa awet dan tahan lama sehingga kamu tidak perlu lagi memperbaiki dinding untuk beberapa tahun ke depan. 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua