Spinner Icon

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Ruko

Author Image
Info Terbaru · 25 Oktober 2016
Ruko adalah salah satu bentuk investasi di bidang properti yang memang sangat menarik karena prospek keuntungan yang dapat ditawarkannya. Sama seperti investasi-investasi lainnya, investasi Ruko juga tidak luput dari berbagai kelebihan dan kekurangan dari sifatnya sebagai barang investasi.
Kali ini BTN properti akan membahas berbagai kelebihan dan kekurangan dari Ruko sebagai barang investasi.


Kelebihan

Ketika berada di lokasi yang strategis, suatu Ruko dapat memiliki permintaan yang sangat tinggi, sehingga harganya pun bisa menjadi sangat tinggi. Bahkan untuk suatu Ruko yang berlokasi strategis, maka harga jual Ruko dapat melambung tinggi melebihi harga rumah di kawasan yang sama. Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan keuntungan yang besar, maka investasi Ruko dapat dijadikan salah satu pilihan investasi untuk Anda.


Selain untuk dijual kembali, Ruko juga menawarkan permintaan yang tinggi untuk disewa. Jadi jika Anda belum tertarik untuk menjual Ruko, namun ingin mengoptimalkan investasi Anda agar tetap menghasilkan, maka Anda dapat dengan mudah menyewakan Ruko investasi Anda. Bahkan dari sisi harga sewa, harga sewa Ruko relatif memiliki kenaikan positif yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga sewa rumah.


Kelebihan lainnya adalah fakta bahwa Ruko dapat dimiliki dengan program KPR rumah yang memungkinkan Anda untuk memiliki barang investasi ini secara lebih ringan.


Kekurangan

Investasi Ruko bukan tanpa kekurangan, salah satu kekurangan utama dari investasi Ruko adalah sensitivitasnya terhadap keadaan ekonomi, baik yang sifatnya lokal atau internasional. Jika keadaan ekonomi menjadi lesu maka akan mempengaruhi permintaan beli dan sewa dari suatu Ruko. Oleh karena itu jika keadaan ekonomi menjadi lesu selama Anda berinvestasi pada Ruko, disarankan bagi Anda untuk tidak melikuidasi Ruko tersebut dan menunggu hingga keadaan ekonomi membaik. Hal ini penting karena sensitivitas Ruko terhadap keadaan ekonomi akan membuat harga sewa dan jual Ruko tadi dengan cepat menyesuaikan dengan keadaan ekonomi yang mulai membaik.


Ruko juga sangat bergantung dengan lokasi Ruko tadi berada. Sehingga, jika lokasinya tidak strategis, maka Ruko tadi tidak akan memiliki permintaan yang tinggi. Hal ini membuat berspekulasi pada investasi Ruko merupakan hal yang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan berspekulasi pada bentuk properti lain, misalnya rumah. Karena ketika Anda berspekulasi untuk investasi rumah di daerah yang antah berantah, rumah tadi akan tetap memiliki permintaan yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan Ruko pada lokasi yang sama.


Kekurangan terakhir adalah besarnya dana yang dibutuhkan untuk terjun ke dalam bisnis investasi Ruko, karena memang pada dasarnya bukanlah barang berharga murah. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi pada Ruko, pertimbangkanlah dengan matang bagaimana cara Anda mengolah investasi Ruko tersebut akan tidak memberikan kerugian.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua