Spinner Icon

Mau Ambil KPR di Usia Muda? Ini Dia Program KPR Milenial!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Agustus 2022
Table of Contents:


Sebagai kaum milenial, adanya peningkatan kebutuhan dan biaya hidup yang harus dikeluarkan membuat impian untuk memiliki rumah sendiri menjadi tertunda. Belum lagi harga rumah yang terus melonjak sering membuat kaum milenial mengurungkan niatnya untuk membeli rumah. Namun, kenyataannya, kaum milenial tidak perlu takut lagi membeli rumah sendiri.

Masa iya? Baca artikel ini untuk kamu para kaum milenial yang ingin membeli rumah.

Tips Membeli Rumah untuk Kaum Milenial

Sebelum membeli rumah, baiknya kaum milenial menyimak tips berikut:

1. Perhatikan Kemampuan Finansial

Sebelum membeli rumah, ketahui terlebih dahulu kemampuan finansialmu sendiri. Kemampuan finansial ini tidak hanya untuk memastikan apakah penghasilanmu cukup untuk membayar cicilan KPR. Tetapi untuk menjadi pertimbangan bank apakah kondisi keuangan kamu saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dan cicilan KPR tanpa merasa terbebani.

Setelah memperhatikan kemampuan finansial, kamu juga harus dapat mengelola keuangan kamu dengan bijak. Dibutuhkan komitmen saat menjalankan program KPR untuk tetap membayar cicilan kredit. Selain itu, dibutuhkan juga persiapan dana lainnya. Karena biaya yang perlu kamu siapkan tidak cuma sebatas uang muka dan cicilan saja, tetapi juga ada biaya-biaya lainnya.

Untuk memudahkan, kamu dapat membuat perencanaan alokasi dana setiap bulannya. Tentukan prioritas alokasi dana tersebut, dimana prioritas utama tetaplah berada pada kebutuhan dasar.

2. Tentukan Target Rumah KPR

Rumah adalah tempat untuk beristirahat sebagai hasil kerja keras yang pastinya akan kita nikmati dalam jangka panjang. Sehingga penting bagi kamu sebagai calon pemilik rumah untuk melakukan penelitian mendalam mengenai bangunan rumah yang akan kamu pilih.

Perhatikan detil kondisi fisik dan lokasi bangunan saat kamu melakukan riset bangunan rumah. Perhatikan juga kesesuaian harga jual dengan budget yang kamu miliki, serta fasilitas dan lingkungan di sekitar rumah yang akan kamu beli. Apakah rumah berada di daerah rawan banjir, dan sebagainya.

Setelah melakukan riset dan menemukan rumah yang cocok, telusuri lebih lanjut terkait keabsahan status bangunan dan kredibilitas developer yang membangun rumah kamu. Informasi ini penting agar nanti kamu tidak mengalami kendala saat proses appraisal dan verifikasi oleh pihak bank yang menyediakan jasa KPR.

3. Mengajukan Program KPR untuk Kalangan Milenial

Kini kamu sudah menemukan rumah yang cocok, langkah selanjutnya adalah untuk memilih program KPR yang dapat kamu ajukan. Setiap program KPR akan memiliki keuntungannya masing-masing.

Sekarang sudah ada bank yang menyediakan program KPR bagi para kaum milenial. Program ini diharapkan dapat membantu para generasi milenial untuk dapat mulai membeli rumah impiannya.

Khusus bagi kalangan milenial, KPR milenial menghadirkan banyak kemudahan untuk meringankan proses cicilan kredit, salah satunya adalah program KPR BTN Gaess.

Baca juga: Ini Dia 10 Tips KPR Rumah untuk Millennials!

Perbedaan KPR lain dengan KPR Milenial

1. DP Rendah Hingga Tanpa DP

DP rumah yang jumlahnya tidak kecil sering menjadi permasalahan bagi para kaum milenial. Jumlah DP yang tidak kecil ini menjadi salah satu pertimbangan bank dalam membentuk KPR khusus untuk para kaum milenial.

KPR umumnya memberikan syarat uang muka minimal 10% untuk rumah pertama, yang mana dapat menjadi beban yang cukup berat untuk pembelian rumah terutama bagi kaum milenial.

Hal ini membuat bank meluncurkan solusi produk KPR milenial yang menawarkan uang muka rendah. Salah satunya Bank BTN yang mengeluarkan program KPR BTN Gaess untuk milenial dengan besaran uang muka yang rendah. Besaran uang muka ini dimulai dari 0%.

2. Suku Bunga Rendah

Rata-rata suku bunga yang ditawarkan oleh program KPR milenial juga lebih rendah daripada KPR konvensional. Misalnya suku bunga yang dikenakan oleh program KPR BTN Gaess. Bank BTN menawarkan suku bunga KPR mulai dari 2,22% fixed rate 1 tahun untuk developer tertentu atau 3,72% fixed rate 1 tahun untuk suku bunga non-developer tertentu.

3. Tenor Lebih Panjang

Jangka waktu cicilan atau yang sering disebut sebagai tenor juga menjadi pertimbangan penting saat membeli rumah. Pertimbangan ini terutama dimiliki oleh para kaum milenial. Untungnya saat ini sudah ada bank yang menawarkan program KPR dengan tenor lebih panjang khusus untuk para milenial.

Semakin panjang tenor yang diberikan oleh bank, maka akan semakin ringan pula cicilan yang harus dibayarkan setiap periodenya. KPR BTN Gaess sendiri memberikan opsi tenor hingga 30 tahun untuk nasabah milenial yang ingin membeli rumah. Sehingga kini para kaum milenial tidak perlu khawatir lagi adanya cicilan yang berat dan perlu dibayarkan dalam waktu yang cepat pula.

4. Biaya Provisi Rendah

Ada beberapa biaya yang harus disiapkan saat ingin membeli rumah dengan skema KPR. Mulai dari yang muka, biaya administrasi, biaya notaris, biaya pajak, dan lain-lain. Salah satu biaya administrasi yang harus dibayarkan adalah biaya provisi.

Biaya provisi sendiri adalah biaya yang harus kamu bayarkan sebagai nasabah ketika mengajukan pinjaman KPR yang disetujui oleh pihak bank. Untuk biaya KPR konvensional biasanya dikenakan biaya sebesar 1% dari total pinjaman yang disetujui oleh bank.

Dengan program KPR milenial, biaya provisi yang dikenakan akan lebih rendah. Misalnya, program KPR BTN Gaess yang memberikan promo bebas biaya provisi dan administrasi untuk periode akad hingga 30 September 2022 (khusus untuk KPR non-subsidi).  

Bagi kamu, kaum milenial yang sedang ingin membeli rumah impian kamu untuk pertama kalinya, sekarang kamu bisa tenang karena BTN menyediakan program KPR untuk kamu, yaitu KPR BTN Gaess dengan jangka waktu cicilan lama dan ga pake mahal. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui program KPR milenial yang dikeluarkan oleh Bank BTN.

Program KPR BTN Gaess

Program KPR BTN Gaess merupakan kredit untuk pembelian rumah (KPR) atau apartemen (KPA) yang diperuntukkan bagi para kaum milenial dengan rentang usia dari 21 tahun hingga 40 tahun yang ingin memiliki hunian idaman.

Syarat dan Ketentuan

Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam proses pengajuan KPR BTN Gaess, antara lain:

1. Kriteria Debitur

  • Memiliki penghasilan fixed income
  • Masa kerja minimal 1 tahun
  •  Rentang usia yakni mulai dari 21 tahun sampai 40 tahun
2. Maksimal plafon kredit: tidak dibatasi atau sesuai dengan kemampuan calon debitur
3. Jangka waktu
  • Maksimal 20 tahun untuk KPA BTN
  • Maksimal 30 tahun untuk KPR BTN
4. Suku Bunga
  • Suku Bunga Developer Tertentu: mulai dari 2,22% fixed rate 1 tahun
  • Suku Bunga Non-Developer Tertentu: mulai dari 3,72% fixed rate 1 tahun 
  • Suku Bunga 4,75% fixed rate 2 tahun
5.Uang muka: mulai dari 0% sesuai ketentuan yang berlaku
6. Seluruh biaya proses dapat dimasukkan ke dalam maksimal kredit selama masih memenuhi ketentuan LTV dan RPC.
7. Pengajuan kredit wajib menggunakan aplikasi online waktu melalui www.btnproperti.co.id
8. Program ini dapat di bundling dengan produk KPR Zero (hanya bayar bunga 2 tahun).


Program KPR BTN Gaess juga dapat dibundling dengan fitur produk Graduated Payment Mortgage (GPM). Dengan tagline #GakPakeMahal, para kaum milenial tidak perlu lagi takut cicilan rumah yang berat dan naik secara mendadak karena fitur ini memungkinkan cicilan yang super ringan dengan kenaikan bertahap. Fitur GPM memberikan solusi bagi kaum milenial untuk mendapatkan pembayaran cicilan yang lebih ringan di beberapa tahun pertama dengan perhitungan suku bunga pinjaman yang lebih kompetitif.

Beberapa keunggulan dari fitur GPM adalah adanya suku bunga promo yang lebih rendah yang dihitung secara bertahap. Jika KPR konvensional menggunakan skema fix dan cap dengan bunga naik 1 persen per tahun selama 3 tahun pertama, dengan fitur GPM suku bunga hanya 4,75 persen untuk 2 tahun pertama pinjaman. Setelah 2 tahun pertama, pembayaran angsuran akan terus meningkat dengan asumsi pendapatan calon debitur meningkat setiap tahunnya.

Misalnya, kamu adalah kaum milenial membeli rumah Rp500 juta dengan uang muka 5%. Dengan fitur GPM cicilan awal hanya perlu dicicil sebesar Rp2,8 juta per bulan. Sedangkan tanpa fitur GPM, cicilan yang perlu kamu bayarkan bisa mencapai Rp 3,1 juta.

Dengan mengajukan KPR BTN Gaess melalui link www.btnproperti.co.id, kamu tidak perlu khawatir akan biaya-biaya lain untuk membeli rumah. Ajukan KPR BTN Gaess secara online dan dapatkan keuntungan bebas biaya provisi dan administrasi untuk periode akad hingga 30 September 2022 (sesuai ketentuan yang berlaku).

Jadi tunggu apa lagi, ayo milenial! Segera wujudkan impian kamu untuk memiliki rumah sendiri dengan mengajukan KPR BTN!


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua