(0)



Kreasi Gabion untuk Hunian Kekinian
Info Terbaru | 14 Oktober 2021

Gabion berasal dari bahasa Italia yang artinya sangkar besar. Sesuai dengan namanya, bentuknya menyerupai pelindung seperti sangkar yang berukuran besar. Sangkar ini terbuat dari anyaman kawat dengan lilitan ganda yang berbentuk segi enam dan diisi batu berukuran besar. Pembuatan sangkar ini bertujuan untuk mencegah longsor sekaligus untuk memperkuat konstruksi. 

Waktu terus berganti, demikian pula dengan cara orang memandang gabion. Sekarang, struktur ini banyak digunakan sebagai elemen-elemen untuk menambahkan estetika pada sebuah hunian. Kamu juga bisa berkreasi menggunakan gabion, tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Jangan ragu untuk mengombinasikannya dengan bahan lain seperti kayu, besi dan berbagai jenis batu alam.


Gabion dengan Batu-Batu yang Cantik


(www.homestratosphere.com)
Gabion bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis batu, mulai batu sabak hingga batu hias. Selain mempercantik taman bagian luar hunianmu, gabion juga memiliki fungsi lain. Gabion bisa membantu menyangga tanah di sekitar tanaman hias agar tidak longsor. Kamu juga bisa mendapat kauntungan lain dari gabion dalam pembuatan seperti ini, yaitu membantu konsentrasi resapan air ke tanah.


Gabion sebagai Furnitur Luar Ruangan


(patio.selbermachendeko.com)

Selain menggunakan gabion sebagai dinding pembatas, kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi furnitur yang dikombinasikan dengan papan kayu di atasnya. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai kursi taman ataupun mengkolaborasikannya untuk meja makan di taman belakang rumah. Furnitur dengan elemen dasar gabion cenderung bersifat permanen dan sulit untuk dipindahkan. Maka kalau ingin mewujudkan furnitur menggunakan gabion, kamu harus mempertimbangkannya dengan matang.


Padukan Gabion dengan Tanaman sebagai Pagar Hunian


(www.homestratosphere.com)

Terdapat berbagai macam alternatif sebagai pagar hunian, salah satunya adalah tanaman. Kamu bisa memadukan gabion dan tanaman sebagai pagar hunianmu untuk menghindari kesan monoton. Gabion memiliki karakter yang kokoh dan tahan segala jenis cuaca. Sedangkan tanaman membawa kesan segar. Perpaduan keduanya akan membuat hunianmu terasa lebih asri, namun privasi tetap terjaga. Rapikan tanaman jika sudah tumbuh tidak teratur untuk menjaganya supaya tetap menjadi perpaduan yang estetik. 


Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/118152/memahami-fungsi-gabion

https://www.dekoruma.com/artikel/115493/jenis-dinding-penahan-tanah



Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Warna Interior yang Mengundang Hasrat untuk Mengembangkan Diri
Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Rasa nyaman yang muncul merupakan salah satu efek psikologis yang terkait dengan emosi manusia, salah satunya melalui indera penglihatan. Salah satu aspek yang berpengaruh dalam kenyamanan di dalam rumah adalah warna interior hunian. Maka, kamu harus benar-benar memilikirkan warna apa yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Suasana Baru dalam Hunian Tanpa Harus Banyak Pengeluaran
Bentuk dan warna ruangan yang begitu-begitu saja sering membuat kamu merasa bosan. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang merasakan hal yang sama. Mungkin ketika kamu ingin merombak interior hunianmu, kamu merasa takut mengeluarkan cukup banyak uang. Jangan khawatir, berikut beberapa tips untuk tetap bisa membuat suasana baru dalam ruanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Hunian Lebih Berkarakter dengan Atap Rumah Joglo
Setiap orang memiliki hunian idamannya masing-masing. Supaya hunian yang dimiliki memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain, diperlukan karakter yang kuat. Karakter yang diberikan pada sebuah desain hunian akan menambah keunikan sehingga lebih menarik. Salah satu caranya adalah kamu bisa memadukan konsep tradisional dan modern menjadi satu. Menerapkan konsep tradisionalBaca Selengkapnya