Spinner Icon

Memanfaatkan Ruang Negatif Di Dalam Rumah

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 6 Maret 2020

Dalam dunia seni dan desain, bidang negatif kadang mengacu pada bidang putih di atas kertas atau di dalam lukisan sebagai bidang yang tidak termasuk dalam subjek lukisan. Di dalam rumah, bidang negatif bisa dianggap sebagai titik kosong di dalam rumah yang tidak memiliki desain - tidak ada seni, tidak ada furnitur, tidak ada barang apapun. 

Sumber: Blog.making-spaces.net

Pasti ada manfaat dari memperhatikan tempat yang kosong di dalam rumah. Menangani bidang negatif dengan baik bisa membawa suasana menenangkan di beberapa ruang dan menonjolkan elemen-elemen desain menjadi lebih kuat.


Tujuan optimal dari merancang sebuah ruangan adalah untuk membuatnya terasa seimbang, proporsi penempatan furnitur, benda seni dan aksesori yang tepat akan membantu membuatnya menjadi lebih penuh, kekinian dan bergairah. Tapi tidak terlalu berlebihan sehingga terasa sesak dan sempit. 


Keinginan untuk mengisi setiap bagian dan sudut ruang agar tidak terasa 'lowong' merupakan kesalahan desain yang sering terjadi.


Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


Cari Celah Bidang Negatif 




Sumber: Domain.com.au


Dalam penulisan, kalimat seringkali terdiri dari beberapa kata yang jika tidak digunakan tidak pun tidak ada pengaruhnya. Latih diri sendiri untuk menemukan momen tersebut di dalam rumah. 


Apakah Anda melihat dinding sempit dengan sebuah benda seni kecil menggantung, namun jika benda seni itu dipindahkan, tidak akan berpengaruh banyak pada keindahan dinding? Apakah ada Meja dengan vas bunga di atasnya yang kelihatannya tetap bagus jika vas bunga yang ada dipindahkan? Jangan mencari tempat-tempat di mana Anda berkesempatan membuang barang, tapi cari titik-titik yang kelihatannya tidak akan berubah secara estetika dengan pengurangan benda yang terletak disitu.


Perhatikan Dengan Jeli


Setelah mengetahui dan mengurangi elemen desain untuk menciptakan bidang negatif atau bidang putih, diam sejenak dan perhatikan baik-baik. Jangan lakukan hanya untuk beberapa menit, hasil yang seketika akan terasa seperti melihat seseorang tanpa kacamata ketika Anda hanya bisa mengenali orang tersebut saat ia menggunakan kacamata. Perhatikan bidang negatif selama beberapa hari atau minggu.


Lakukan Dengan Tujuan Jelas


Perbedaan antara bidang di dalam rumah yang dibiarkan kosong namun terlihat wajar dengan ruang yang kosong karena Anda sebenarnya lupa dengan ruang tersebut? Dengan sengaja membiarkan suatu ruang kosong dan melakukannya dengan alasan tertentu. Dengan kata lain, memiliki alasan yang jelas untuk membiarkan suatu ruang tetap kosong- misalnya agar ruang lain bisa lebih menonjol, adalah alasan yang lebih baik daripada tidak memiliki ide apapun untuk ruang tersebut, dan niat tersebut akan terlihat.


Gunakan Sebagai Pancingan Akan Sesuatu


Dengan membiarkan elemen desain terlihat sedikit melanggar area bidang negatif (katakanlah sebuah karya seni menggantung di belokan sebuah lorong dengan posisi tertentu sehingga Anda hanya bisa melihat bagian kecil dari benda tersebut, sehingga membuat Anda penasaran), Anda telah mengusik orang yang melihat, menarik mereka ke dalam ruang Anda dan menciptakan sensasi visual.


Apakah Anda memiliki ruang yang sengaja dibiarkan kosong di dalam rumah?  

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua