Spinner Icon

Membersihkan Sofa Kain Ternyata Semudah Ini!

Author Image
Info Terbaru · 17 Desember 2020
Table of Contents:

Membersihkan Sofa Kain harus dilakukan secara rutin agar tidak menimbulkan bau apek dan debu yang mengganggu kesehatan keluarga. Pastinya sofa menjadi salah satu furnitur di rumah yang sering ditemukan pada setiap hunian. Mulai dari bentuk sofa berukuran L, hingga minimalis. Penggunaannya yang hampir tiap hari memungkinkan debu, kotoran mengendap di sofa. Apalagi jika kamu memiliki sofa dengan bahan material kain, kamu harus tahu cara membersihkannya secara tepat.

Tidak banyak yang mengetahui cara Membersihkan Sofa Kain dengan baik dan benar. Kebanyakan hanya mendiamkan atau sekadar membersihkan sofa menggunakan kemoceng untuk menyingkirkan debu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk Membersihkan Sofa Kain.


Membersihkan Sofa Kain Ampuh dengan Vacuum Cleaner


(Shutterstock)

Penggunaan vacuum cleaner untuk Membersihkan Sofa Kain merupakan solusi terbaik. Membersihkan Sofa Kain dengan alat ini dapat mempermudah dalam menghisap kotoran dan juga debu yang bersarang di sofa. Penyedot debu ini memang sangat diperlukan untuk membersihkan sisa makanan ketika sedang bersantai atau kotoran yang sulit dijangkau. Jangan lupa untuk mengarahkan vacuum cleaner diberbagai sisi sofa agar bersih merata. Untuk lebih memudahkan kamu bisa menggunakan vacuum cleaner dengan ukuran sedang yang bisa dipegang atau biasa disebut handheld.


Membersihkan Sofa Kain Menggunakan Cairan Pembersih


(Shutterstock)

Cara lain yang dapat dilakukan untuk Membersihkan Sofa Kain yaitu dengan menggunakan cairan pembersih seperti air, sabun, deterjen, atau alkohol. Cairan pembersih ini bisa membersihkan noda pekat yang menempel pada sofa. Campurkan salah satu cairan pembersih dengan air lalu tuang ke dalam botol semprot untuk memudahkan agar tidak tumpah. Sikat secara halus atau gunakan lap untuk membersih kotoran pada sofa. Gunakan cairan secukupnya saja jangan sampai sofa terlalu basah dan lembap. Lalu bisa dikeringkan menggunakan hair dryer atau dijemur di bawah terik matahari.


Membersihkan Sofa Kain Secara Lembut dengan Tisu Basah


(Shutterstock)

Membersihkan Sofa Kain bisa juga menggunakan tisu basah dengan kandungan alkohol yang dapat menghilangkan noda pada sofa. Apalagi jika noda tersebut tidak pekat dan bisa dikatakan baru. Segera gunakan tisu basah dengan cara mengelap bagian kotoran sampai bersih. Hal ini menjadi cara mudah untuk Membersihkan Sofa Kain dari noda minuman atau makanan yang bisa berbekas. Setelah itu keringkan sofa kain menggunakan lap atau tisu biasa.

 

Gunakan Bahan Alami ini untuk Membersihkan Sofa Kain


(Shutterstock)

Langkah lainnya untuk Membersihkan Sofa Kain bisa menggunakan pasta atau cuka yang bisa dibeli di toko dekat rumah atau mini market. Caranya sangat mudah hanya menyemprotkan cairan cuka pada bagian sofa yang kotor dan tunggu beberapa saat. Kemudian bersihkan menggunakan kain bersih dan usap sampai kotoran di sofa hilang. Cuka mengandung zat asam klorin yang mampu menghilangkan noda membandel dengan lebih efektif. Ulangi beberapa kali sampai noda benar-benar hilang dari bahan sofa.

Untuk sofa berbahan kain dan Sofa Minimalis Modern, usahakan selalu bersihkan debu secara rutin menggunakan vacuum cleaner. Jika sofa berbahan kainmu terkena noda, bersihkan noda pada sofa dengan cara menepuk-nepuk noda atau menggunakan lap basah agar tidak semakin menyebar ke permukaan sofa.

Setelah membaca langkah-langkah di atas, sebaiknya kamu pastikan cairan pembersih aman digunakan untuk sofa agar sofa yang kamu miliki tidak rusak. Maka dari itu perlu untuk membaca label petunjuk penggunaan sofa saat membelinya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua