Spinner Icon

Memilih Rumah Seken untuk Investasi

Author Image
Info Terbaru · 20 Oktober 2016
Tidak ada hal yang salah dengan memilih rumah seken daripada rumah baru sebagai barang investasi, karena baik itu rumah baru ataupun rumah bekaskeduanya menawarkan prospek keuntungan yang baik untuk Anda. Bahkan, dari sisi proses pemilikan, keduanya dapat Anda miliki lewat program KPR rumah, hanya saja, ketika Anda memilih rumah seken untuk barang investasi, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar tetap menjadi investasi yang menguntungkan.


Tekan harga semaksimal mungkin
Ini adalah salah satu hal utama yang penting ketika Anda hendak membeli rumah untuk kepentingan investasi. Anda sebaiknya melakukan penawaran untuk menemukan harga terbaik (termurah) untuk rumah tersebut. Hal ini penting, karena ketika Anda hendak menjadikan rumah seken untuk investasi, Anda membutuhkan biaya tambahan untuk renovasi atau perbaikan di sana dan sini, serta biaya operasional atau perawatan rumah yang umumnya semakin tinggi jika bangunan rumah tersebut sudah tua. Semakin baik keadaan rumah tersebut maka akan semakin mudah pula rumah tadi untuk dijual di kemudian hari.


Periksa keadaan rumah
Ketika Anda membeli rumah bekas untuk kepentingan investasi, adalah wajib hukumnya bagi Anda untuk memeriksa segala aspek yang bersangkutan dengan rumah tadi, mulai dari keadaan bangunan, akses, rawan tidaknya lokasi dari banjir, keadaan lingkungan sekitar, serta fasilitas yang dimilikinya. Semakin baik berbagai hal di atas, semakin baik pula prospek rumah tadi sebagai barang investasi. Pemahaman mendalam juga penting bagi Anda nantinya, ketika hendak menjual kembali rumah investasi Anda ini, agar Anda dapat memastikan kepada si calon pembeli apa kelebihan dari rumah dan apa yang harus si calon pembeli perhatikan, agar mereka semakin yakin untuk membeli rumah investasi Anda.


Tentukan harga yang layak
Pasar dari rumah seken adalah suatu pasar yang stabil, di mana permintaan (demand) dan penawaran (supply) dari rumah seken selalu ada pada tingkat yang seimbang. Kunci dari terjadinya keseimbangan ini adalah harga yang layak. Rumah bekas bukanlah rumah yang umum untuk dijual dengan keuntungan yang selangit, melainkan dengan harga yang pas dengan keuntungan yang pas pula. Oleh karena itu ketika Anda hendak mencairkan investasi rumah seken Anda nanti, tetapkanlah keuntungan yang selayaknya agar rumah Anda tetap memiliki daya tarik yang tinggi. Jangan mencoba mengambil keuntungan terlalu besar untuk investasi dari rumah seken, karena hal ini malah membuat investasi Anda kehilangan daya tariknya. Sebaliknya anggaplah investasi rumah seken Anda ini sebagai batu loncatan bagi Anda untuk melakukan investasi berikutnya.


Rumah baru maupun rumah bekas adalah produk investasi yang baik, dengan catatan Anda mengenal karakteristik keduanya ketika dijadikan barang investasi.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua