Spinner Icon

Memiliki Rumah di Usia Muda Tak Lagi Sekadar Impian, Begini Persiapannya!

Author Image
Nabila Azmi
Tips Pengajuan KPR · 23 Maret 2022

Bagi generasi muda yang baru merintis karir dan bekerja, memiliki rumah sendiri kadang bukan menjadi prioritas dan masih menjadi impian. Kebanyakan dari mereka fokus memiliki rumah ketika akan merencanakan pernikahan dan berumah tangga.

Hal tersebut tentu sangat disayangkan, padahal memiliki rumah di usia muda, terlebih sebelum usia 25 memiliki banyak keuntungan. Melatih kemandirian, pengelolaan keuangan dan memiliki aset penting di masa depan. 

Selama kamu sudah memiliki penghasilan, sebenarnya memiliki rumah di usia muda bukanlah mimpi dan angan-angan semata. Kamu dapat mewujudkan keinginan tersebut asalkan mengetahui cara dan bisa menerapkannya dengan baik.

1. Bikin Rencana Disertai Tenggat Waktu


Langkah awal mulai dari perencanaan. Seperti lokasi, luas tanah, model bangunan dan interiornya. Dengan membuat rencana tersebut, kamu dapat mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memiliki rumah impian.

Jangan hanya rencana, tapi sertai juga dengan deadline atau tenggat waktu pembelian rumah tersebut. Dengan begitu, kamu memiliki dorongan semangat untuk mewujudkannya jadi nyata, bukan impian semata. Penentuan deadline juga secara rasional dan disesuaikan dengan pendapatan.

2. Menaikkan Persentase Tabungan

Menaikkan persentase tabungan menjadi salah satu cara untuk bisa membantu kamu memiliki rumah sendiri. Bila selama ini hanya menabung 15 persen dari gaji, mulai sekarang tingkatkan persentase menjadi 25 atau bahkan 30 persen. Semakin naik persentase, maka membuat target keuangan menjadi lebih cepat tercapai.

Ketika sudah memiliki cukup uang untuk uang muka, jangan ragu untuk segera mencari, mengikuti pameran dan menghubungi developer. Dengan begitu, motivasi untuk segera memiliki rumah sendiri semakin besar.

3. Jangan Hamburkan Uang THR

Ketika sudah fokus meningkatkan tabungan, mengumpulkan uang muka, tahan godaan untuk menghambur-hamburkan uang. Gunakan uang bonus dan tunjangan hari raya (THR) lebih bijaksana. Sisihkan dahulu untuk tabungan masa depan. Lakukan hal tersebut secara konsisten selama 3-4 tahun. Uang yang terkumpul jumlahnya akan besar bahkan akan cukup menjadi uang muka pembelian rumah.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Ingin lebih cepat memiliki rumah, maka jangan mengandalkan satu sumber pendapatan saja. Bila kamu seorang karyawan, cobalah untuk memiliki side-job atau kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang dan tidak mengganggu produktivitas pekerjaan utama.

Bila kamu seorang pengusaha, cobalah untuk lebih meningkatkan penjualan dan jaringan agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan menambah keuntungan kamu. 

5. Pilih Bank dengan DP dan Bunga Rendah


Selama ini masih banyak orang yang merasa kesulitan membeli rumah sendiri karena memikirkan pembayaran uang muka atau down paymentnya. Tak salah memang, karena umumnya uang muka minimal 20-30 persen dari harga jual rumah. Nilai bisa puluhan atau bahkan ratusan juta.

Kabar baiknya, sekarang ini KPR BTN Gaess menawarkan DP mulai dari 0% dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dengan demikian, kamu yang memiliki penghasilan tetap dan berkemampuan untuk membayar cicilan punya kesempatan besar untuk segera memiliki rumah.

Bukan hanya DP yang 'zero' persen, tapi BTN juga menyediakan jangka waktu yang cukup lama hingga 30 tahun untuk KPR dan 20 tahun untuk KPA. Sehingga cicilan bulanan bisa menjadi lebih ringan dan terjangkau. 

Dalam ketentuan suku bunga, BTN memberikan bunga fixed rate 4,75% selama dua tahun yang berlaku untuk periode akad hingga 31 Desember 2022. Setelah itu cicilan akan naik bertahap dan tidak signifikan.

Ajukan KPR BTN Gaess melalui online di www.btnproperti.co.id untuk bisa mendapatkan diskon 50% untuk biaya provisi dan administrasi untuk periode akad hingga 31 Maret 2022 (sesuai ketentuan yang berlaku). Kabar gembira selanjutnya, khusus untuk pengajuan akad hingga 31 Maret 2022 melalui https://btnpropertiexpo.com/ kamu bisa berkesempatan mendapatkan bunga special fixed rate 3,72% selama 1 tahun.

Jadi tunggu apalagi, segera cari hunian idaman kamu dan ajukan KPR segera di sini atau kunjungi https://bit.ly/3KLl9ZF untuk dapatkan bunga special.


Sumber: Liputan6.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua