(0)


Mengatur Keuangan bukanlah perihal yang mudah apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Segala sumber keuangan jadi terhambat karenanya. Belum lagi sebagian orang yang dirumahkan bahkan banyak usaha yang tidak berjalan seperti biasanya. Dampak yang diberikan dari masa pandemi saat ini sungguh besar terhadap kondisi ekonomi dan sistem kesehatan. Faktanya, kesehatan finansial berperan penting dalam menentukan keseimbangan dalam keluarga.

Situasi keuangan yang tidak stabil dapat mengganggu segala jalannya kegiatan serta kebahagiaan. Maka dari itu kamu harus mengelola dan mengatur pendapatan serta pengeluaran dengan bijak agar tidak memberikan kerugian yang fatal untuk kamu dan keluarga. Kamu harus memikirkan cara terbaik Mengatur Keuangan rumah tangga agar tetap bisa bertahan hidup dan memiliki pemasukan untuk ditabung. Berikut beberapa cara pintar dan bijak dalam Mengatur Keuangan rumah tangga.


Mengatur Keuangan dengan Review&Budgeting



Dalam Mengatur Keuangan pertama kali yang harus kamu lakukan yaitu Review & Budgeting yakni menetapkan anggaran keuangan serta mengevaluasi kembali pengeluaran dari bulan ke bulan. Ketika kamu di rumah saja merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan kembali pengeluaran rumah tangga. Di sini kamu bisa memahami dan memperhatikan kebutuhan atau keinginan. Pada hari biasanya kamu cenderung menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan sering mengabaikan anggaran yang ada. Nah, mulai dari sekarang lakukan penetapan anggaran setiap bulannya dan tinjau kembali untuk memprioritaskan kebutuhan keluarga seperti bahan makanan pokok dan tagihan dibanding harus membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan.


Mengatur Keuangan dengan Menabung



Mengatur Keuangan yang paling sering dilakukan yaitu dengan cara menabung. Menabung menjadi cara jitu agar memiliki simpanan uang untuk digunakan jika ada hal mendesak. Usahakan untuk menabung sekitar 30% dari hasil pendapatan bulanan. Gunakan rekening berbeda agar uang yang ditabung tidak digunakan secara tidak sengaja saat bertransaksi. Biasakan menggunakan uang tunai dan tetapkan budget minimum ketika berbelanja kebutuhan rumah agar tidak membengkak. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan investasi sesuai yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki tabungan yang cukup dan menginginkan investasi yang lebih aman bisa dengan membeli properti dan mengunjungi website BTN Properti untuk informasi lebih lanjut. Investasi properti selalu menguntungkan dari masa ke masa.


Mengatur Keuangan dengan Menandai Kalender Tagihan



Menandai kalender tagihan merupakan cara Mengatur Keuangan yang tepat dan mudah. Kamu hanya perlu menggunakan kalender dan tandai tanggal serta menjadwal tagihan-tagihan rumah tangga. Pada umumnya tagihan rumah tangga berupa tagihan listrik, telepon, internet dan air. Kalender berfungsi sebagai alat yang dapat mempermudah kamu menyelesaikan tagihan tersebut dengan tepat waktu.


List Barang yang Dibutuhkan Terlebih Dahulu untuk Mengatur Keuangan