Spinner Icon

Mengecat Rumah Sendiri Harus Menerapkan Hal Ini Agar Rapi!

Author Image
Info Terbaru · 17 November 2020
Table of Contents:

Mengecat Rumah Sendiri sah-sah saja dan merupakan pilihan yang tepat untuk menekan dana agar lebih hemat. Kamu tidak perlu repot-repot menggunakan jasa tukang dan bisa menentukan sendiri ruangan yang perlu dicat. Dengan memutuskan untuk Mengecat Rumah Sendiri, tentunya kamu bisa bermain dengan warna pilihanmu atau berkreasi sesuai motif warna keinginanmu. Lalu, uang yang telah disiapkan untuk jasa tukang bisa disimpan atau dijadikan dana darurat untuk keperluan lainnya.

Mengecat Rumah Sendiri dapat dikatakan susah-susah gampang karena membutuhkan keterampilan serta memiliki perlengkapan untuk mengecat. Untuk kamu yang ingin mengecat rumah tanpa menggunakan jasa tukang, kamu perlu memperhatikan hal berikut ini agar tidak gagal dalam Mengecat Rumah Sendiri. Jangan sampai hasilnya tidak rata atau terlalu tebal sehingga ada gumpalan pada beberapa dinding. Yuk simak ulasan berikut ini agar Mengecat Rumah Sendiri berhasil layaknya profesional!


Mengecat Rumah Sendiri dengan Bersihkan Dinding Dulu


(Shutterstock)

Sebelum Mengecat Rumah Sendiri, kamu harus membersihkan dinding terlebih dahulu. Hal ini perlu diperhatikan agar dinding bebas dari kotoran dan noda. Pastikan dinding telah ditambal dan diampelas jika terdapat permukaan yang tidak rata. Kamu bisa membersihkan dinding dengan lap yang sudah diberikan air. Kotoran dan noda di dinding akan membuat tampilan dinding menjadi kurang sempurna ketika dilapisi oleh cat warna baru.


Mengecat Rumah Sendiri dengan Melapisi Primer


(Shutterstock)

Hal yang sering diabaikan ketika Mengecat Rumah Sendiri yaitu melewati langkah penggunaan cat primer atau cat dasar. Padahal melapisi dinding dengan cat primer merupakan hal yang tepat agar warna cat nantinya bisa menyatu dengan dinding. Langkah ini jelas tidak boleh dilupakan begitu saja karena sangat penting lho. Meskipun primer hanyalah cat tipis tetapi fungsinya sangat bagus untuk Mengecat Rumah Sendiri. Menggunakan primer sangat dianjurkan agar warna cat yang nantinya digunakan menjadi semakin terlihat halus dan cerah.


Mengecat Rumah Sendiri dengan Berhati-hati saat Mencelup Kuas Cat


(Shutterstock)

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika Mengecat Rumah Sendiri yaitu proses pencelupan kuas cat. Untuk orang awam biasanya kamu sering menyepelekan hal ini dengan mencelupkan kuas cat terlalu dalam. Hal ini bisa menyebabkan dinding menjadi terlalu tebal dan menggumpal. Kamu cukup celupkan kuas ke dalam kaleng berisi cat sekitar setengah bagian bulu kuas. Kemudian usapkan kuas ke dinding secara perlahan namun merata di setiap permukaan. Mencelupkan terlalu dalam dapat menimbulkan kegagalan dalam Mengecat Rumah Sendiri dan sekaligus boros.

Jika kamu menggunakan rol, usahakan menuang isi cat ke dalam wadah yang sudah tersedia namun tetap sesuai takaran. Takaran cat tidak boleh terlalu kental ataupun encer agar warna dinding cerah merata. Kamu bisa menambahkan sedikit air dengan perbandingan cat agar mendapatkan tekstur cat yang sesuai.


Lindungi Lantai Ketika Mengecat Rumah Sendiri


(Shutterstock)

Ketika Mengecat Rumah Sendiri banyak yang tidak menggunakan lapisan untuk melindungi lantai. Hal ini menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan dan disepelekan. Padahal jika kamu tidak melindungi lantai dengan lapisan maka cat dinding akan jatuh berantakan dan mengotori lantai rumah. Percikan cat yang jatuh ke lantai akan menambah pekerjaan kamu lho. Membersihkan cat dinding di lantai membutuhkan waktu yang lama dan cukup sulit dilakukan.

Untuk menghindari hal itu terjadi, disarankan melindungi lantai dengan lapisan seperti kain yang tidak terpakai lagi atau koran bekas. Pastikan permukaan lantai tertutup sempurna sehingga tidak ada celah untuk percikan dari cat menodai lantai.

Nah, untuk kamu yang ingin Mengecat Rumah Sendiri jangan lupa memperhatikan hal yang sudah dijelaskan di atas agar mengecat dinding bisa sukses dan maksimal. Lakukan dengan sabar dan penuh dengan ketelitian agar hasilnya sempurna. Selamat mencoba di rumah! 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua