Spinner Icon

Mengenal Jenis Talang Air Rumah Agar Tidak Salah Pilih

Author Image
Info Terbaru · 26 November 2020
Table of Contents:

Jenis Talang Air Rumah memiliki banyak pilihan dengan berbagai fungsi dan material yang berbeda. Harga yang diberikan juga ada yang rendah sampai tinggi tergantung bahan yang dipilih. Setiap rumah sudah pasti diharuskan memiliki talang air supaya ketika hujan turun air tidak langsung berembes ke dalam rumah atau dinding. Talang air biasa ditempatkan pada sisi rumah untuk menampung air hujan yang kemudian akan mengalir menuju tempat pembuangan yang telah ditentukan seperti halaman belakang, tempat penampungan air hujan atau tanah resapan. Tanpa adanya talang air, air hujan dikhawatirkan akan masuk melalui celah rumah yang dapat merusak tembok dan parahnya lagi dapat menyebabkan banjir.

Memasuki musim hujan saat ini sangat penting memiliki talang air. Namun, perlu diingat Jenis Talang Air Rumah seperti apa yang kamu butuhkan. Jangan sampai menggunakan Jenis Talang Air Rumah yang salah sehingga mudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Kira-kira Jenis Talang Air Rumah seperti apa saja yang bagus dan tepat untuk sebuah rumah? Berikut ulasannya agar tidak salah pilih.


Jenis Talang Air Rumah Logam



Jenis Talang Air Rumah yang banyak digunakan untuk hunian yaitu berbahan utama alumunium atau seng. Pada umumnya mereka menggunakan Jenis Talang Air Rumah ini karena harganya yang cukup terjangkau dengan material yang baik. Bahan utama dari Jenis Talang Air Rumah ini cukup fleksibel dan mudah digunakan. Dapat dikatakan fleksibel karena material yang ringan sehingga mudah dipasang dan dapat disesuaikan dengan bentuk atap rumah.

Tetapi, Jenis Talang Air Rumah logam ini mudah berkarat dan bisa menyebabkan polusi suara saat hujan turun. Namun, kamu masih bisa menggunakan talang air ini dengan mengganti material galvalum agar terhindar dari karat.


Jenis Talang Air Rumah PVC



Jenis Talang Air Rumah PVC merupakan talang air paling popular yang digunakan untuk sebuah rumah. Material plastik yang ramah lingkungan serta memiliki harga terjangkau menjadi salah satu alasan untuk memilihnya. Tentu saja dengan material plastik dapat memudahkan pemasangan karena bobotnya yang ringan. Namun, penggunaan Jenis Talang Air Rumah ini sangat rentan kerusakan karena perubahan cuaca yang tidak menentu.

Talang air yang berada di luar rumah akan sering terkena paparan sinar matahari dan hujan yang dapat membuat Jenis Talang Air Rumah ini menjadi retak dan patah. Untuk kamu yang berminat menggunakan talang air PVC, kamu harus memperhatikan kondisi talang air secara rutin. Dan menyiapkan budget khusus untuk sering mengganti Jenis Talang Air Rumah ini ketika terjadi kerusakan.


Memilih Beton sebagai Jenis Talang Air Rumah



Talang air berjenis beton menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan untuk hunian kamu. Pasalnya Jenis Talang Air Rumah dengan material beton memiliki daya tahan yang kuat dibanding dengan jenis talang air yang lainnya. Bayangkan saja, talang air berjenis beton ini sudah ada sejak lama lho bahkan sebelum terciptanya talang air logam atau PVC.

Dengan bahan utama berasal dari beton, sudah tidak perlu diragukan lagi daya tahan dan keunggulan dari talang air ini. Pastinya talang air beton aman dan tidak mudah rusak walaupun terpapar sinar matahari seharian ataupun diterpa hujan deras. Untuk pemasangan Jenis Talang Air Rumah ini memang memerlukan waktu yang cukup lama dan harga yang tidak murah.

Bagaimana menurutmu mengenai Jenis Talang Air Rumah yang sudah dijelaskan di atas? Mana pilihan yang tepat versi kamu? Apapun jenis talang air yang akan digunakan, pastikan memilih material yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dan jangan biarkan adanya sampah yang mengotori talang air agar aliran air dapat berjalan semestinya. Bersihkan talang air secara rutin dengan merawatnya. 

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua