Spinner Icon

Menghilangkan Bau pada Kulkas dengan Bahan Alami di Rumah

Author Image
Info Terbaru · 5 Februari 2021
Table of Contents:

Menghilangkan Bau pada Kulkas merupakan hal penting yang harus segera dilakukan. Bau tidak sedap yang berasal pada kulkas bisa menimbulkan bakteri kalau tidak segera dibersihkan. Parahnya lagi, aroma tidak sedap yang berasal dari suatu sumber akan menyebarkan ke bahan makanan lainnya. Padahal sudah diketahui bahwa fungsi utama lemari es ini sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan minuman agar tetap segar untuk beberapa hari ke depan.

Aroma tidak sedap pada kulkas kemungkinan berasal dari bahan makanan segar seperti daging, ikan, rempah-rempahan yang tidak disimpan dengan benar. Atau bisa dikarenakan adanya makanan atau minuman yang disimpan terlalu lama hingga pada akhirnya busuk dan menimbulkan bau. Untuk solusi yang tepat, berikut ini cara ampuh Menghilangkan Bau pada Kulkas menggunakan bahan alami. Yuk simak ulasan di bawah ini!


Menghilangkan Bau pada Kulkas dengan Larutan Air Garam


(Unsplash)

Selain berfungsi untuk memberikan cita rasa di setiap hidangan, garam rupanya juga bisa Menghilangkan Bau pada Kulkas lho. Siapa yang menyangka bahwa bahan alami yang biasa ditemukan di dapur memiliki fungsi yang beragam.  Untuk mengatasi bau tidak sedap pada kulkas menggunakan garam, caranya sangat mudah dan praktis. Pertama-tama kamu harus mempersiapkan garam dapur secukupnya yang dilarutkan ke dalam segelas air hangat. Kemudian kamu bisa menggunakan lap kering atau spons ke dalam larutan garam untuk digosok ke permukaan kulkas. Dijamin aroma tidak sedap pada kulkas akan segera hilang dalam beberapa menit.


Menghilangkan Bau pada Kulkas Menggunakan Lemon dan Bubuk Kopi


(Pexels)

Lemon dan bubuk kopi memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kebutuhan sehari-hari. Kedua bahan alami ini dipercaya dapat mengatasi bau tidak sedap di berbagai tempat seperti dapur ataupun lemari es di rumah. Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman, kopi dan lemon memiliki manfaat lain sebagai penghilang aroma tidak sedap. Kopi dan lemon sering digunakan untuk mengusir bau tidak sedap karena bahan ini bisa menyerap bau tidak sedap dan mengubahnya menjadi aroma wangi yang kuat khas lemon dan kopi.

Cara Menghilangkan Bau pada Kulkas menggunakan lemon dan bubuk kopi sangatlah mudah. Peras lemon ke dalam wadah terbuka lalu masukan ke dalam kulkas. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, biarkan lemon menyerap aroma tidak sedap pada kulkas. Sedangkan untuk penggunaan bubuk kopi, kamu hanya perlu meletakkan kopi pada piring kecil dan masukan ke dalam kulkas hingga bau pada kulkas hilang.


Menghilangkan Bau pada Kulkas dengan Rutin Membersihkan Kulkas


(Pexels)

Penggunaan bahan alami untuk Menghilangkan Bau pada Kulkas akan kurang efektif jika kamu tidak membersihkan kulkas secara rutin. Agar memaksimalkan bahan alami tadi, kamu perlu membersihkan kulkas secara keseluruhan dan memilah bahan makanan yang masih segar atau sudah kedaluwarsa.

Jangan biarkan kamu menyisakan sisa makanan atau minuman di dalam kulkas berlama-lama dan membusuk.  Dengan melakukan perawatan dan kebersihan kulkas secara berkala dapat menghindari kerusakan terhadap kulkas lho. Setelah membersihkan kulkas, kamu bisa menaburkan soda kue di beberapa bagian kulkas untuk menghindari aroma tidak sedap yang akan timbul.


Menyimpan dengan Benar Bahan Makanan untuk Menghilangkan Bau pada Kulkas


(Pexels)

Untuk menghindari terjadinya aroma tidak sedap pada kulkas, sebaiknya kamu menempatkan bahan makanan seperti daging, ikan, dan sayur di wadah tertutup. Hal ini dilakukan agar aroma bahan makanan tidak tercampur dengan bahan makanan lainnya yang akan menghasilkan bau tidak sedap pada kulkas. Kamu juga bisa menambahkan bahan alami seperi bubuk vanili untuk Menghilangkan Bau pada Kulkas. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan kulkas dengan baik. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua