Spinner Icon

Menghilangkan Tungau di Rumah Secara Alami Paling Efektif dan Ampuh

Author Image
Info Terbaru · 23 April 2021
Table of Contents:

Menghilangkan Tungau di Rumah merupakan sebuah solusi tepat agar hunian bersih dan terhindar dari penyakit. Selain itu, dengan rumah bersih tanpa adanya tungau akan memberikan kenyamanan yang bisa dirasakan oleh penghuni rumah tersebut. Kenyamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan untuk kebaikan Bersama.

Keberadaan tungau tentunya sangat mengganggu untuk pemilik rumah. Hewan kecil ini sangat sulit dibersihkan karena ukurannya yang sulit untuk dilihat. Tidak heran bahwa mengusir tungau bukanlah perihal mudah.

Biasanya tungau berada pada kasur, sofa, ataupun perabot lainnya di dalam rumah. Tungau sangatlah berbahaya dan bisa mengganggu Kesehatan keluarga jika tidak diketahui keberadaannya. Maka dari itu lakukan perawatan rumah secara berkala agar hunian tetap bersih dan sehat.

Selain melakukan perawatan rumah secara rutin, berikut ini beberapa tips cara untuk Menghilangkan Tungau di Rumah menggunakan bahan alami paling efektif dan ampuh. Yuk simak artikel di bawah ini!

 

Menghilangkan Tungau di Rumah dengan Rutin Membersihkan Kasur


(Pexels)

Cara Menghilangkan Tungau di Rumah salah satunya dengan secara rutin membersihkan kasur dan memastikan kasur bebas debu dan kotoran. Keberadaan debu dan kotoran itulah yang bisa menimbulkan keberadaan hewan kecil ini. Jangan sampai tungau bersarang pada kasur dan mengigit bagian tubuhmu.

Selain membersihkan kasur setiap harinya, sebaiknya kamu menjemur bantal dan perlengkapan tidur lainnya di bawah sinar matahari langsung. Jika memungkinkan kamu juga bisa menjemur kasur di bawah terik matahari dengan intensitas cahaya yang cukup untuk membasmi tungau.

Jemur perlengkapan tidurmu tadi sekitar 1-3 jam tergantung kebutuhan. Ketika menjemur, kamu bisa memukul kasur, selimut, dan bantal menggunakan sapu kasur yang bersih untuk menghilangkan tungau sekaligus debu dan kotoran.


Menghilangkan Tungau di Rumah dengan Menggunakan Vacuum Cleaner


(Pexels)

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan sofa atau dudukan pada mobil untuk Menghilangkan Tungau di Rumah. Pastikan membersihkan seluruh isi rumah serta perabot secara rutin. Pasalnya tungau bisa bersarang di manapun khususnya tempat yang kurang bersih dan jarang dijangkau.

Setelah memastikan seluruh perabot sudah dibersihkan menggunakan vacuum, selanjutnya kamu bisa menggunakan bahan alami seperti larutan air garam atau air cuka. Kedua bahan alami ini nyatanya bisa Menghilangkan Tungau di Rumah secara efektif. Caranya sangat mudah yaitu hanya cukup campurkan cuka dengan air, lalu masukan cairan yang sudah dicampurkan ke dalam botol spray berukuran sedang. Kemudian, semprotkan larutan cuka tadi ke area yang diinginkan seperti permukaan sofa, kasur, bantal, atau gorden.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan semprotan anti nyamuk di rumah untuk Menghilangkan Tungau di Rumah. Beberapa cara di atas sebaiknya dilakukan secara rutin agar rumah bersih dari tungau dan serangga lainnya.


Gunakan Tanaman Hias Ini untuk Menghilangkan Tungau di Rumah


(Pexels)

Selain berfungsi untuk mengusir nyamuk dan memberikan tampilan cantik pada interior rumah, tanaman hias yang satu ini bisa digunakan sebagai cara untuk Menghilangkan Tungau di Rumah lho. Caranya dengan meletakkan bunga lavender kering ke area kasur maupun sofa. Atau bisa juga dengan memanfaatkan minyak lavender lalu disemprotkan ke bagian yang terdapat tungau. Dengan menggunakan tanaman hias yang beraroma khas ini, dijamin tungau pergi dan tidurmu lebih nyenyak.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua