Spinner Icon

Mengintip Pesatnya Perkembangan Rumah Subsidi di Tangerang

Author Image
Berita Terkini · 3 November 2017
Daerah penyangga ibu kota merupakan lokasi tempat tinggal favorit bagi masyarakat yang bekerja di ibu kota. Tak mengherankan bila beberapa tahun belakangan ini perkembangan kota-kota penyangga Jakarta terhitung sangat pesat. Salah satu yang paling menonjol adalah Kota Tangerang.


Data Tentang Penjualan Rumah di Tangerang


Hingga awal tahun 2017, Cushman and Wakefield Indonesia mencatat bahwa ada 8.400 hingga 9.600 rumah yang terjual di Tangerang. Jumlah transaksinya bisa mencapai 60 sampai 65 unit rumah setiap hari dan menjadi yang tertinggi di kawasan Jabodetabek. Perkembangan infrastruktur di Kota Tangerang pun turut mendukung peningkatan omset penjualan rumah di daerah tersebut.


Rumah Subsidi Juga Kian Diminati


Bukan hanya rumah komersil saja yang sangat diminati di Tangerang. Rumah subsidi Tangerang pun turut menjadi solusi tepat bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Program rumah subsidi yang dikembangkan di kawasan Tangerang sangat bermanfaat bagi MBR yang bekerja di Jakarta.


Apalagi kini rumah subsidi tersebut juga didukung oleh sarana transportasi umum yang mudah diakses. Sehingga MBR tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi terlalu besar. Pergi ke Jakarta dan daerah sekitarnya bisa ditempuh dengan kereta api atau bus.


Realisasi Program Rumah Susun Sederhana Milik


Presiden RI, Joko Widodo, menyatakan bahwa keterbatasan lahan menjadi salah satu penghambat realisasi program rumah susun subsidi. Untuk mengatasi masalah ini, konsep rumah susun sederhana milik (rusunami) pun menjadi pilihan yang inovatif. Salah satu proyek rumah susun sederhana subsidi tersebut sudah mulai dibangun di Serpong sejak April 2017. Ada sebelas rusunami dengan total 6.000 unit rumah khusus untuk kalangan MBR.


Konsep rusunami ini diharapkan mencapai target yang tepat, yaitu MBR yang berprofesi sebagai buruh pabrik di sekitar Tangerang. Cicilan per bulannya kurang lebih 1,2 juta sehingga tidak membebani kondisi finansial MBR. Bahkan para pengaju KPR juga bisa mendapatkan bantuan uang muka (down payment atau DP) sebesar 4 juta rupiah bila melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Kini proyek rusunami subsidi di Tangerang juga mulai menjadi percontohan bagi daerah lainnya seperti Depok. 



Kalau Anda bekerja di daerah yang tak jauh dari Tangerang, maka Anda bisa memilih rumah subsidi yang tak jauh dari tempat bekerja Anda. Pastikan bahwa Anda sudah siap mengajukan KPR rumah subsidi agar prosesnya berlangsung lancar sesuai ekspektasi. Segera miliki hunian pribadi yang lokasinya strategis dan cicilannya sesuai dengan kemampuan Anda.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua