Spinner Icon

Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Author Image
Info Terbaru · 1 Juli 2021
Table of Contents:

Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan harus secara detail dan tepat. Kini perabot rotan banyak digemari banyak orang karena tampilannya yang tradisional dan unik. Selain itu, harga yang ditawarkan dari berbagai perabot rotan ini sangat terjangkau dan mudah didapat. Furniture dan perabot rotan bisa menjadi pilihan tepat untuk melengkapi tampilan interior maupun eksterior hunian yang minimalis tetapu tetap memberikan aksen yang manis dan nyaman.

Furniture rotan yang berasal dari kayu rotan pilihan ini tentunya memiliki banyak keunggulan di antara lainnya yaitu material yang cukup kuat dengan warna klasik serta ramah lingkungan. Bobotnya yang ringan dapat memudahkan ketika memindahkannya ke sudut tertentu di berbagai ruangan. Tidak hanya itu, perabot berbahan dasar rotan memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak. Meskipun begitu kamu perlu Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan secara rutin dan tepat untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa tips dan trik Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan yang kamu miliki di rumah agar selalu tampil maksimal dan nyaman digunakan. Yuk simak ulasan di bawah ini!


Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan dengan Lap Bersih


(Pexels)

Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan merupakan cara terbaik agar menghindari kerusakan maupun kotor karena debu yang menempel. Kamu pastinya nggak mau kalau perabot rotan kesayanganmu penuh dengan debu dan kotoran? Nah, maka dari itu ada berbagai cara tepat agar furnitur atau dekorasi tetap terjaga.

Ada banyak berbagai furnitur dan dekorasi rotan pada hunian, salah satunya yaitu dekorasi lampu dengan material rotan seperti gambar di atas. Perabot maupun dekorasi rotan memiliki area yang sulit dijangkau ketika membersihkannya, untuk itu sebaiknya kamu menggunakan sikat kecil yang masih baru. Sikat berukuran kecil ini mampu menyingkirkan debu-debu membandel yang menempel pada berbagai furniture rotan. Pilih sikat dengan bulu yang halus untuk menghindari kerusakan pada material rotan.

Basahi bulu sikat menggunakan air bersih dan kemudian bersihkan debu pada perabot secara perlahan. Jika sikat masih sulit untuk membersihkan sisa debu yang menempel, kamu bisa menggunakan tisu basah atau ujung lidi.


Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan dengan Vacuum Cleaner


(Pexels)

Pada umumnya, perabot rotan yang digunakan pada hunian berupa kursi atau sofa rotan. Tentunya kursi sering digunakan dan diletakkan pada ruangan utama sehingga sering terkena debu atau percikan noda. Untuk itu disarankan Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan secara tepat dan rutin. Kursi rotan biasanya memiliki pola anyaman yang penuh dengan celah-celah sempit. Hal ini bisa menyulitkan ketika membersihkan debu-debu pada kursi rotan tersebut.

Untuk membersihkannya, kamu perlu menggunaka vacuum cleaner atau alat penyedot debu di rumah. Usahakan memilih penyedot bulu berbulu untuk memudahkan ketika membersihkan debu pada celah-celah kursi rotan. Dan hindari penekanan dan berlebihan ketika membersihkan kursi rotan dengan menggunakan penyedot bulu agar material tidak rusak dan lecet.


Hindari Meletakkan di Bawah Sinar Matahari untuk Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan


(Pexels)

Hal yang sering diabaikan pada furnitur rotan yaitu dengan meletakkannya pada ruangan terbuka dan membiarkan perabot terkena sinar matahari secara langsung. Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan bisa dilakukan dengan menjauhkan perabot dari tempat panas yang bisa membuat warna asli dari rotan cepat pudar. Jika kamu ingin untuk melengkapi eksterior dengan rotan, sebaiknya meletakkannya di tempat teduh dan sejuk seperti di bawah pohon atau gazebo.

Untuk merawat furniture rotan agar tetap menawan, kamu bisa melakukan re-finishing pada berbagai macam perabot rotan yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan wax atau melamik agar tampilan warna tetap maksimal dan terjaga keindahannya. 

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua