Spinner Icon

Merawat Rumah Agar Selalu Bersih dan Sehat

Author Image
Info Terbaru · 3 Maret 2021
Table of Contents:

Merawat Rumah merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga rumah bisa senantiasa bersih dan sehat untuk ditempati. Apalagi saat ini banyak virus berbahaya yang berdampak tidak baik untuk kesehatan sehingga harus menjaga kebersihan rumah. Selain itu, Merawat Rumah dilakukan agar menghindari kerusakan yang tidak diinginkan terjadi pada perabot dan hunianmu.

Melakukan kegiatan bersih-bersih juga termasuk cara untuk Merawat Rumah agar terus bersih, rapi, dan nyaman. Jangan sampai rumah penuh dengan debu dan kotoran yang bisa berdampak bagi kesehatan anggota keluarga. Rumah yang tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan bau tidak sedap sehingga dapat mengganggu kenyamanan saat beristirahat atau melakukan kegiatan di rumah.

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk Merawat Rumah agar tetap awet, bersih, rapi, wangi, dan nyaman. Berikut ini beberapa cara Merawat Rumah yang bisa kamu lakukan secara rutin bersama keluarga.

 

Merawat Rumah dengan Rutin Membersihkan Perabot


(Pexels)

Untuk menciptakan rumah bersih dan nyaman kamu harus rutin membersihkan setiap perabot yang ada di rumah. Biasakan untuk membersihkan perabot setiap harinya mulai dari meja dan storage yang berada di ruang tamu atau dekorasi yang terdapat di beberapa ruangan. Bersihkan debu-debu yang menempel di berbagai perabot menggunakan kemoceng atau kain basah sehingga memudahkan kamu untuk melepaskan kotoran di perabot tersebut.

Fokuskan terlebih dahulu untuk Merawat Rumah dan membersihkannya di ruangan tertentu agar cepat terselesaikan. Misalnya, pilih ruang tamu sebagai tempat pertama untuk dibersihkan sehingga kamu bisa melakukan perawatan yang maksimal dan lebih efisien waktu. Kemudian, kamu bisa melakukan pembersihan lainnya seperti menyapu, mengepel, atau membuang sampah yang sudah menumpuk agar tidak menimbulkan penyakit.

 

Merawat Rumah dengan Menata Barang Agar Tersusun Rapi dan Tidak Berantakan


(Pexels)

Agar Merawat Rumah bisa dilakukan dengan mudah, sebaiknya kamu menyiapkan storage atau kabinet untuk meletakkan barang-barang untuk disimpan dan tersusun rapi di dalamnya. Sortir juga barang-barang yang tidak dipakai sehingga menghindari kesan berantakan yang menimbulkan ketidaknyamanan di rumah. 

Atau kamu juga bisa membuat rak dinding yang dapat dipergunakan untuk meletakkan berbagai barang dan dekorasi kesukaanmu sehingga menghemat ruang. Hindari penggunaan banyak perabot agar debu tidak banyak menempel yang akan memberikan kesan pengap dan panas. Minim dekorasi dan perabot akan menciptakan hunian yang rapi, sejuk, dan nyaman.


Melakukan Pengecekan Furniture Hingga Alat Elektronik untuk Merawat Rumah yang Tepat


(Pexels)

Lakukan pengecekan secara berkala pada perabot dan alat elektronik di rumah seperti sofa, kasur, AC, TV, coffee table, lemari, meja makan, kompor, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan sehingga bisa melakukan perawatan khusus terlebih dahulu.

Untuk perawatan furniture kamu bisa melakukan perbaikan segera atau membersihkannya agar tetap terjaga dan awet. Misalnya, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa dan kasur agar debu dan kotoran bisa hilang dan kualitas tidur akan lebih terjaga.

Sedangkan untuk alat elektronik, kamu bisa menggunakan jasa profesional untuk melakukan perawatan secara rutin sehingga tidak mudah rusak. Kamu juga bisa membersihkan kulkas minimal 1 bulan sekali agar kulkas dapat berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan bau tidak sedap. Hal di atas penting dilakukan untuk menghindari pengeluaran darurat dan bisa ditabung.

Tidak lupa juga untuk memastikan sirkulasi udara pada ventilasi berjalan dengan baik sehingga rumah akan terasa sejuk dan menghindari hawa panas. Pastikan cahaya matahari masuk pada pagi hari untuk hunian yang sehat. Untuk rumah yang selalu sejuk tanpa penggunaan alat elektronik tertentu, kamu bisa mencoba trik dan tips Rumah Sejuk Tanpa AC sehingga dapat berhemat sekaligus memiliki hunian yang nyaman.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua