Spinner Icon

Merawat Rumah di Musim Hujan agar Tetap Bersih dan Nyaman

Author Image
Info Terbaru · 11 Februari 2021
Table of Contents:

Merawat Rumah di Musim Hujan sangatlah penting untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan terjadi pada hunianmu. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk upaya menjaga rumah agar tetap bersih dan nyaman. Jangan sampai Merawat Rumah di Musim Hujan disepelekan karena dapat menimbulkan bau tidak sedap serta lembab di beberapa sudut rumah.

Merawat Rumah di Musim Hujan dapat membuat rumah senantiasa bersih, rapi, dan nyaman. Selain itu, merawat rumah merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap penghuni rumah. Rumah yang bersih akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan anggota keluarga di rumah. Apalagi ketika hujan turun, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga tercinta.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika Merawat Rumah di Musim Hujan salah satunya yaitu dengan memperhatikan rembesan air hujan yang biasanya terdapat di sudut rumah dan dinding ruangan. Rembesan air hujan akan membuat ruangan menjadi lembab dan kurang nyaman ketika ditempati.

Agar rumah tetep terjaga dan nyaman, berikut ini beberapa tips Merawat Rumah di Musim Hujan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga tercinta.


Merawat Rumah di Musim Hujan dengan Cek Atap Rumah dan Bersihkan Talang Air


(Pexels)

Merawat Rumah di Musim Hujan dengan mengecek atap dan langit-langit rumah. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah ada atap yang bocor atau bergeser. Jika kamu tidak melakukan pengecekan pada atap rumah, dikhawatirkan air hujan akan masuk ke celah lubang atap yang menyebabkan kebocoran. Sebelum hujan tiba, sebaiknya kamu memastikan atap rumah aman dengan dilapisi cat pelapis waterproof atau anti bocor.

Setelah melakukan pemeriksaan pada atap rumah, hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu mengecek talang air. Pemeriksaan talang air guna menghindari kotoran yang bisa menyumbat jalannya air hujan. Pastikan talang air tidak rusak dan bersih dari daun ataupun debu.

 

Merawat Rumah di Musim Hujan dengan Cek Dinding Rumah


(Pexels)

Biasanya saat hujan tiba air bisa merembes ke berbagai sudut dinding di rumahmu. Rembesan air yang berasal dari hujan akan menimbulkan kerusakan pada dinding atau lembab. Agar hal ini tidak terjadi, kamu sebaiknya melapisi dinding rumah dengan cat pelapis anti bocor. Lapisi seluruh bagian dinding menggunakan cat anti bocor agar dinding tetap aman dan tidak rusak.


Merawat Rumah di Musim Hujan dengan Periksa Listrik dan Alat Elektronik


(Pexels)

Merawat Rumah di Musim Hujan harus memperhatikan hal penting seperti listrik dan alat elektronik. Pastikan kabel listrik dan alat elektronik lainnya terhindar dari percikan air hujan agar tidak rusak dan menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan. Periksa seluruh jaringan listrik di dalam maupun luar rumah. Simpan dan jauhkan alat elektronik dan kabel dari tempat yang mudah basah untuk menghindari risiko korsleting.


Pastikan Sirkulasi Udara Baik untuk Merawat Rumah di Musim Hujan


(Pexels)

Merawat Rumah di Musim Hujan dengan memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk memastikan rumah dalam kondisi baik dan sehat. Kamu bisa membuka jendela dan pintu saat hujan reda. Udara yang baik dan sejuk akan memberikan dampak baik untuk kesehatanmu. Dan jika curah hujan sedang tinggi sebaiknya kamu menutup jendela dan pintu serta menutup dengan gorden agar ruangan tetap hangat.

Saat merawat dan membersihkan rumah di musim hujan jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai di dalam maupun rumah. Pastikan seluruh ruangan di rumah dibersihkan seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan agar terhindar dari bakteri dan virus berbahaya. Selain itu, kamu bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membersihkan rumah.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua