Spinner Icon

Millenials Problem: Rumah atau Mobil Dulu?

Author Image
Info Terbaru · 31 Juli 2019

Di zaman sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa rumah dan kendaraan merupakan hal yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumah merupakan kebutuhan primer. Mengenai rumah, tentu saja semua orang ingin memiliki rumah idaman. Akan tetapi, model kendaraan yang kian ciamik tiap tahunnya juga kerap menggoda, iya kan? Duh! kalau sudah begini nampaknya harus pilih salah satu terlebih dahulu. Bisa dibayangkan dong seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli keduanya? Apalagi harga keduanya semakin meningkat tiap tahunnya.

Pastinya kamu akan pusing jika memikirkan mana yang harus dibeli terlebih dahulu, apakah itu rumah atau kendaraan. Alangkah baiknya untuk mempertimbangkan secara matang dan bijak dalam memilih kebutuhan dan keperluan. Jangan larut dalam masalah tersebut, diskusikanlah terlebih dahulu dengan orang terdekat dan tinjau manfaat serta kegunaan dari rumah atau membeli mobil. Hitung anggaran dan biaya yang kamu miliki dan gunakan sebaik mungkin agar tidak menyesal nantinya.

Nah, bagi kamu yang memiliki uang sekitar 100-200 juta dan sedang galau karena rumah atau mobil, sebaiknya pikirkan secara matang-matang. Kalau nggak mau menyesal nantinya, baca dulu penjelasan di bawah ini agar kamu mendapatkan pencerahan:


#1 Mobil Dulu, Rumah Nanti


Membeli kendaraan seperti mobil merupakan hal yang menyenangkan karena dengan memiliki kendaraan pribadi tentunya kamu tidak perlu lagi panas-panasan di bawah teriknya matahari saat menunggu transportasi umum. Apalagi tak jarang transportasi umum yang mengalami masalah juga akan menghambat aktivitas kamu di hari itu. Jika mempertimbangkan hal tersebut, tentunya kamu akan merasa ingin segera membeli mobil iya bukan?

Tapi ada hal yang perlu diingat, sebelum memutuskan untuk membeli mobil yaitu biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat mobil tersebut. Selain itu, biaya bensin juga harus kamu pertimbangkan karena kita semua tahu harga BBM sangat fluktuatif dan kerap naik tiap tahunnya. Dari segi budget, dengan uang 100-200 juta kamu bisa memiliki sebuah mobil dengan kondisi bekas ataupun baru, hal tersebut tergantung dari mobil seperti apa yang kamu inginkan. Jika ingin meminimalisir pengeluaran, disarankan untuk membeli mobil bekas dengan kualitas mesin yang baik.

Jika kamu sudah merasa mantap ingin membeli mobil, kamu harus tahu risikonya yaitu harga yang cenderung turun dan tidak menutup kemungkinan akan susah untuk dijual pada beberapa tahun mendatang. Tidak hanya itu, masih ada risiko lain yang menanti kamu yaitu kejamnya kemacetan di kota besar. Bagaimana? Masih tertarik untuk beli mobil dibanding rumah? 


#2 Rumah Dulu Deh, Mobil Bisa Nanti!


Pastinya kamu sudah tahu bahwa rumah merupakan kebutuhan primer untuk semua orang. Rumah berfungsi sebagai tempat berteduh, beristirahat dan tempat berkumpul bersama orang tercinta. Belum lagi kenyamanan yang didapat adalah dari rumah kita sendiri. Selain menjadi hunian, sudah jelas rumah memiliki nilai yang tinggi untuk investasi. Di zaman sekarang ini, harga tanah serta rumah terus merangkak naik bahkan di berbagai wilayah. Di ibukota sendiri, rumah yang tidak begitu besar bahkan bernilai milaran rupiah.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa memiliki rumah, dengan dana sekitar 100-200 juta, kamu sudah bisa membayar uang muka sebuah rumah atau mengajukan KPR (Kredit Pemilikan rumah). Nah, KPR bisa jadi solusi tepat untuk kamu apalagi KPR BTN yang menawarkan persyaratan mudah dengan metode kredit yang ringan. Dengan KPR BTN, kamu bisa memiliki rumah impian dengan cara yang menyenangkan.

Satu hal terpenting ketika kamu sedang mempertimbangkan akan membeli rumah atau mobil yaitu memikirkan mana yang prioritas terlebih dahulu. Pikirkan dengan seksama kebutuhan terpenting pada saat itu. Jangan membeli sesuatu hanya karena keinginan apalagi cuma karena gengsi. Jika hanya ingin memenuhi gengsi, kamu harus siap dengan konsekuensinya nanti.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua