Spinner Icon

13 Tips Desain Model Rumah Industrial Modern

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 20 Maret 2024
Table of Contents:
  • Ciri Khas Desain Rumah Industrial Modern
  • 1. Palet Warna Netral
  • 2. Pencahayaan Alami
  • 3. Fokus pada Bahasa Arsitektur
  • 4. Bahan yang Diperbarui
  • 13 Tips Ide Desain Rumah Industrial Modern
  • 1. Padukan Warna-Warna Netral
  • 2. Buka Kerangka Rumah
  • 3. Fokus pada Lantai
  • 4. Campurkan Gaya Modern dan Rustic
  • 5. Open Plan
  • 6. Gunakan Pencahayaan Gaya Industrial
  • 7. Ventilasi dan Saluran
  • 8. Menerapkan Jendela Loteng
  • 9. Go Green
  • 10. Gunakan Logam dalam Desain Rumah Industrial Modern
  • 11. Penggunaan Kayu Bekas
  • 12. Tambahkan Elemen Palsu
  • 13. Tambahkan Sentuhan Akhir dengan Dekorasi
  • Kesimpulan

Semua orang tentu ingin memiliki rumah yang cantik dan unik. Saat ini sudah ada banyak desain rumah yang dapat kamu aplikasikan untuk membuat tampilan rumah yang menarik dan unik. Salah satunya adalah desain rumah industrial modern.

Desain industrial modern merujuk pada elemen-elemen dan unsur desain yang terlihat edgy dan unik. Rumah industrial modern memungkinkan kamu untuk memadukan material struktural kasar yang kental akan kesan industrial dengan material yang halus dan modern dengan aksen vintage yang terasa kuat.

Pada artikel berikut, kami akan membahas berbagai ide desain rumah industrial modern yang dapat kamu terapkan untuk tempat tinggal yang nyaman dan cantik.


Key Takeaways:

  • Desain industrial modern merujuk pada elemen-elemen dan unsur desain yang terlihat edgy dan unik.
  • Rumah industrial modern memungkinkan kamu untuk memadukan material struktural kasar yang kental akan kesan industrial dengan material yang halus dan modern dengan aksen vintage yang terasa kuat.
  • Desain rumah industrial modern terkenal akan perpaduan palet warna lembut dengan corak dan rona netral.

Ciri Khas Desain Rumah Industrial Modern

Sebelum memasuki ide-ide gaya industrial modern, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu ciri khas dari gaya industrial modern. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki rumah industrial modern.

1. Palet Warna Netral

Estetika bangunan industrial menggunakan beragam warna netral seperti warna hitam, abu-abu, putih, dan coklat. Palet warna ini memberikan kesan membumi pada seluruh ruangan.

2. Pencahayaan Alami

Jendela besar dengan panel hitam, lengkungan besar, dan pintu masuk besar juga merupakan elemen utama dalam desain rumah industrial. Interior rumah bergaya industrial jarang menggunakan pencahayaan eksternal pada siang hari.

3. Fokus pada Bahasa Arsitektur

Salah satu inti dasar dari desain industrial adalah membuat sejarah industri bangunan menjadi fokus dari rumah. Pada desain rumah industrial, denah terbuka, loteng, dan langit-langit tinggi dipadukan dengan batu bata ekspos, pipa yang terlihat, dan lantai beton.

4. Bahan yang Diperbarui

Desain rumah industrial sering memanfaatkan kembali furnitur lama yang dibuat sebagai karya baru. Misalnya, furnitur kayu reklamasi atau mengupas furnitur lama untuk membuatnya terlihat jelek. Desain interior rumah industrial dengan dekorasi furnitur bekas tidak hanya unik, tetapi juga menghemat banyak uang.

Baca juga: Biaya Terbatas? Cek Ide Desain Rumah Industrial Low Budget Ini


13 Tips Ide Desain Rumah Industrial Modern


Tertarik untuk mengaplikasikan desain rumah industrial modern untuk rumahmu? Simak beberapa tips ide berikut untuk desain rumah industrial modern yang menarik.

1. Padukan Warna-Warna Netral

Desain rumah industrial modern terkenal akan perpaduan palet warna lembut dengan corak dan rona netral. Warna hitam, abu-abu, dan coklat menjadi dasar keseluruhan desain rumah industrial.

Gunakan warna coklat untuk memberikan sentuhan menenangkan pada ruangan. Untuk tampilan yang lebih ramah dan elegan, gunakan warna hitam. Kamu juga dapat menggunakan warna hitam putih untuk kesan yang lebih menarik dan minimalis. Untuk gaya industrial yang lebih unik, kamu dapat menggunakan warna abu-abu.

2. Buka Kerangka Rumah

Beton ekspos dan batu bata menjadi tulang punggung desain konsep hunian industrial. Perpaduan hasil akhir yang kasar dan bergaris dengan hasil akhir yang ramping adalah inti dari tren rumah industrial.

Kini, beton sudah memperoleh popularitas yang sangat tinggi. Salah satu gaya terbaru yang cukup populer dari beton adalah meja dapur beton tuang.

Batu bata ekspos memberikan karakter yang besar ke dalam ruangan. Retakan, noda, dan pelapukan justru menambah daya tariknya. Kesan unfinished yang dibawakan oleh dua material ini membuatnya sangat populer dalam desain rumah industrial.

3. Fokus pada Lantai

Lantai merupakan salah satu elemen arsitektur yang jarang diperhatikan. Padahal lantai juga memegang peran penting dalam estetika rumah. Ingatlah untuk memilih desain lantai yang ramah di kantong dan praktis, serta menarik perhatian.

Kamu dapat menggunakan lantai beton tuang yang merupakan salah satu konsep industrial tradisional. Selain itu, jika kamu memiliki anggaran lebih untuk rumah, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lantai batu atau kayu yang tampak mentah.

Penting bagi kamu untuk memerhatikan bahan yang digunakan, dan pilihlah bahan yang kuat dan tahan banting secara alami sehingga perawatan dan pemasangan juga mudah dilakukan.

4. Campurkan Gaya Modern dan Rustic

Bagian terbaik dalam mendesain ruangan rumah industrial adalah kamu memiliki kebebasan untuk berkreasi penuh. Dalam kreasimu, kamu dapat memadukan desain industrial dengan desain modern dan rustic. Elemen kontemporer akan mengimbangi desain rustic dan sebaliknya untuk mencapai hasil yang baik.

5. Open Plan

Generasi sekarang yang lebih menyukai desain minimalis, loteng perkotaan (city loft) kini kembali populer di kalangan masyarakat. Fokus utama dari loteng perkotaan adalah denah lantai terbukanya.

Kamu dapat menerapkan ide ini pada dapur industrial. Dapur industrial dengan kayu reklamasi kaca bergalur serta panci dan wajan yang dipajang adalah perpaduan indah antara cottage core dan kontemporer. Tema industrial modern juga dapat kamu tingkatkan dengan menggunakan island counter berbahan kayu reklamasi yang menghubungkan dapur, ruang makan, dan ruang tamu.

6. Gunakan Pencahayaan Gaya Industrial

Desain industri memiliki ciri-ciri pencahayaan yang unik yang tidak terlihat pada gaya desain lainnya. Bola lampu Edison, dengan filamen tungsten yang terbuka di dalamnya merupakan pencahayaan desain industrial yang ikonik.

Salah satu ide desain lain yang dapat dilakukan adalah membiarkan kabel dari perlengkapan lampu ini terlihat di dinding dan langit-langit. Namun, pastikan kamu sudah memeriksa keamanan saat melakukan hal ini.

7. Ventilasi dan Saluran

Terkadang ruangan menjadi sulit untuk didekorasi jika diaplikasikan dengan tata letak ruangan terbuka. Kelemahan dari tata letak ruangan terbuka adalah ruangan yang terlihat kosong dan kaku. Untuk desain rumah industrial, kamu dapat menggunakan saluran-saluran sebagai bentuk dekorasi dari rumah industrial.

Saluran-saluran yang umumnya dianggap jelek dapat memberikan kehidupan baru dalam gaya desain interior rumah industrial. Mereka membuat langit-langit lebih menarik dan juga berperan dalam skema warna ruangan saat dicat.

Ventilasi hitam matte atau baja juga selalu menjadi favorit dalam desain rumah industrial. Namun, beberapa desainer lebih suka menonjolkan kontras dan mengecatnya dengan nuansa merah cerah, hijau, atau kuning yang menarik.

8. Menerapkan Jendela Loteng

Jendela dan pintu Crittall yang besar dengan sinar matahari yang memadai masuk ke dalam ruangan adalah ciri khas desain interior klasik industrial. Mereka identik dengan tren desain dan dekorasi rumah industrial. Bagian terbaik dari jendela kotak logam adalah jendela tersebut membuka ruangan ke alam terbuka.

9. Go Green

Tanaman hijau sangat cocok dengan gaya desain rumah industrial yang dipahat secara kasar. Isi ruangan dengan sejumlah tanaman indoor untuk membuat interior lebih hidup.

Perpaduan antara warna hijau alami dengan suasana industrial menciptakan kontras yang damai dan menenangkan. Ditambah lagi, tanaman yang dipadukan dengan cahaya alami yang berlimpah akan menciptakan ekosistem yang bersih di ruang hidup.

10. Gunakan Logam dalam Desain Rumah Industrial Modern

Desain industrial tidak lengkap tanpa logam. Bahkan di antara logam, warna hitam adalah suatu keharusan. Selain itu, ada juga kuningan dan tembaga hingga krom dan besi, emas berkilau hingga besi tempa berkarat, dan masih banyak lagi. Ingatlah kalau tekstur merupakan faktor penting dalam desain rumah industrial. Logam yang dipoles akan membuat desain rumah industrial terlihat ramping dan modern, sedangkan logam yang disikat atau matte akan menambah pesona vintage pada ruangan.

11. Penggunaan Kayu Bekas

Kayu reklamasi atau kayu bekas adalah salah satu strategi jitu untuk menerapkan desain rumah industrial. Tekstur mentah, simpul-simpul yang berbeda, dan lingkaran-lingkaran kayu yang digunakan kembali tidak hanya bergaya industri tetapi juga merupakan sentuhan ekologis yang pintar.

Ragam warna alami kayu juga membuatnya memiliki nilai estetika sendiri yang kental akan kesan rustic dan industrial. Namun jika kamu bukan penggemar keragaman warna yang ada pada kayu, kamu dapat membuatnya seragam dengan menggunakan pewarna kayu. Di samping itu, pastikan kayu tua atau kayu bekas yang kamu gunakan terawat dengan baik dan bebas dari rayap.

12. Tambahkan Elemen Palsu

Untuk menambahkan daya tarik industrial ke dalam interior, kamu dapat menciptakan kembali struktur yang ditemukan di monumen atau bangunan bersejarah. Pendekatan termudah adalah dengan membuat detail palsu yang menyerupai aslinya. Balok dan kolom palsu, loteng tiruan, dan ketidaksempurnaan buatan adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

13. Tambahkan Sentuhan Akhir dengan Dekorasi

Desain interior tidak akan lengkap tanpa seperangkat aksesoris yang menambah karakter dan sentuhan personal ke dalam desain rumah. Barang-barang seperti karya seni, lampu gantung, hiasan, dan bantal dapat membantu menonjolkan tampilan industrial. Dekorasi ini juga berperan dalam melengkapi palet warna dan membantu menambahkan sentuhan pribadi.

Kamu juga dapat memadukan palet warna dengan menambahkan bantal yang dilapisi kulit, linen alami, goni, atau rami dalam warna yang lebih lembut untuk memberikan visual rustic ke dalam desain rumah industrial. Salah satu keuntungan dari dekorasi rumah industrial adalah kamu dapat memilih banyak barang di pasar barang bekas dan tempat barang antik dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Ini Dia 9 Ide Desain Rumah Industrial Minimalis


Kesimpulan

Itu dia berbagai tips desain rumah industrial modern yang cocok bagi kamu yang ingin memiliki rumah industrial yang unik dan menarik. Ingatlah untuk menerapkan kreativitas yang kamu miliki pada desain rumah industrial untuk menambahkan kesan personal pada rumah industrial.

Baca artikel bermanfaat seputar properti lainnya melalui website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua