Spinner Icon

Cara Memilih Model Teralis Jendela Minimalis Lengkap dengan Design

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Juli 2023
Table of Contents:
  • Teralis Jendela Minimalis
  • Fungsi Teralis Jendela 
  • Model Teralis Jendela Minimalis
  • 1. Minimalis dekoratif
  • 2. Kombinasi garis di teralis
  • 3. Atraktif penuh lekuk
  • 4. Teralis model sederhana
  • 5. Teralis tipis
  • 6. Style ala Eropa
  • Bahan Teralis Jendela
  • 1. Besi behel
  • 2. Besi tempa dan plat
  • 3. Kayu
  • Tips Memilih Teralis Jendela
  • 1. Sesuaikan dengan Desain Rumah
  • 2. Utamakan Aspek Keamanan
  • 3. Jangan Memasang Teralis yang Mirip Jeruji Penjara
  • 4. Memasang Baut Tersembunyi
  • Desain Populer Teralis Jendela Minimalis
  • 1. Model Teralis Jendela Berbentuk Persegi
  • 2. Model Teralis Jendela Minimalis Bentuk Kotak
  • 3. Model Teralis Jendela Minimalis Bermotif Wajik
  • 4. Model Teralis Jendela Bermotif Ulir Wajik
  • 5. Model Teralis Jendela Model Ulir Ala Eropa
  • Kesimpulan

Mendengar kata teralis jendela, apa yang pertama kali terlintas di benak kamu? Tentu saja fungsinya, yakni demi keamanan dan keindahan rumah. Umumnya model teralis jendela minimalis ada berbagai macam. Misalnya dari besi dan kayu. Biasanya pembuatan teralis jendela minimalis memakan waktu yang lama, tergantung dari model yang akan dibuat. 

Model teralis jendela minimalis sering berupa bingkai besi yang berfungsi untuk pengaman sekaligus dekorasi pada pintu ataupun jendela. Jadi, bukan hanya menambah tingkat keamanan rumah, namun juga berfungsi sebagai dekorasi.

Teralis umumnya memiliki warna yang berbeda dengan cat rumah. Misal cat rumah dengan warna putih, warna teralis jendela minimalis berwarna lain, contohnya hitam. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu saat mix and match model jendela dengan desain rumah. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai model teralis jendela minimalis hingga jenis desain yang cocok untuk rumah kamu! Simak penjelasannya berikut ini.

Key Takeaways: 

  • Teralis memiliki beragam bentuk atau model. Salah satu desain teralis jendela yang sering digunakan antara lain bentuk persegi, motif wajik, motif ulir wajik, ulir ala Eropa, hingga berbentuk geometris.
  • Ada beberapa tips memilih teralis jendela yang harus kamu ketahui. Salah satunya yang tak kalah penting adalah menyesuaikan dengan desain rumah.

Teralis Jendela Minimalis

Umumnya, teralis adalah sebuah konstruksi berupa bingkai besi yang berfungsi sebagai pengaman sekaligus dekorasi untuk pintu maupun jendela. Tak hanya itu, selain berfungsi untuk keamanan rumah, teralis jendela juga berfungsi sebagai dekorasi.

Tak jarang, banyak orang yang menyebut teralis jendela sebagai ‘sel penjara’ karena bentuknya berupa garis vertikal atau horizontal. Biasanya warna teralis jendela hanya hitam dan putih. Kini, model hingga warna-warna tersebut sudah lebih bervariasi. Setelah mengetahui apa itu teralis jendela minimalis, akan dijabarkan fungsi dari teralis jendela.

 

Fungsi Teralis Jendela 

  • Fungsi utama teralis adalah keamanan. Jendela yang dilindungi teralis, membuat orang lain akan berpikir berkali-kali untuk masuk ke rumah kamu. Karena teralis sangat susah untuk dibongkar jika tidak menggunakan alat khusus.
  • Fungsi selanjutnya yakni sebagai pelengkap dekorasi hunian. Kamu bisa membuat teralis dengan motif dan warna yang menarik. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dari rumah.
  • Manfaat lainnya dari teralis jendela yaitu untuk melindungi kaca. Jika ada barang yang tidak sengaja terlempar ke arah jendela, maka kaca akan terhindar dari risiko keretakan atau pecah.

 

Model Teralis Jendela Minimalis


 

Teralis jendela memiliki banyak model yang menarik dan cocok untuk rumah kamu. Berikut gaya inspirasi model teralis jendela minimalis terbaru yang akan diulas.

1. Minimalis dekoratif

Untuk kamu yang gemar desain agak meriah, mungkin bisa mencoba model minimalis dekoratif. Karena kamu dapat membentuk pola teralis yang lebih atraktif. Biasanya, model ini dibentuk dengan menggunakan teknologi laser cutting.

2. Kombinasi garis di teralis

Jika kamu menyukai model yang lebih sederhana, cobalah model kombinasi garis. Di sini kamu bisa memadukan beragam arah garis sesuai dengan keinginan. Namun untuk penggunaan teralis model ini disarankan setidaknya mempunyai rumah berukuran besar. Tujuannya supaya pola teralis bisa lebih jelas terlihat.

3. Atraktif penuh lekuk

Desain lainnya yakni teralis dengan penuh lekuk. Teralis seperti ini tergolong banyak dipakai untuk hunian dengan model everlasting. Selain itu, model seperti ini juga cocok untuk semua style rumah.

4. Teralis model sederhana

Bagi kamu yang anti ribet, cobalah untuk memilih desain sederhana. Yaitu teralis yang membentuk persegi dan memenuhi jendela. Dengan model ini, rumah akan terlihat lebih elegan dan penglihatan tidak akan terhalang.

5. Teralis tipis

Model ini banyak digemari lantaran desain yang cenderung tipis. Teralis ini biasanya diciptakan dengan kombinasi warna dan pola yang tidak terlalu berlebihan. Selain itu, desain ini juga sangat cocok untuk semua rumah dan modelnya tidak ketinggalan zaman.

6. Style ala Eropa

Terakhir, ada juga teralis dengan sentuhan Eropa klasik. Pada umumnya, model ini diterapkan dengan warna hitam atau abu-abu tua agar gaya Eropa-nya lebih terlihat. Jangan lupa untuk kombinasikan lekukan dan juga garis lurus yang khas untuk menambahkan kesan klasik.

Selain model teralis jendela minimalis, ada hal yang harus dipertimbangkan juga yakni bahan teralis. Berikut tiga bahan yang cocok untuk membuat teralis jendela.

Baca juga: Pasti Terkesima! Ini Inspirasi Desain Rumah Gaya Eropa Modern


Bahan Teralis Jendela

Pastikan kamu paham akan bahan atau material apa yang akan digunakan untuk membuat teralis jendela. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal karena salah memilih bahan. Berikut bahan-bahan teralis jendela yang bisa kamu pilih.

1. Besi behel

Pertama, bahan besi behel yang banyak digunakan terutama untuk hunian berdesain minimalis modern. Banyak dipilih karena mempunyai bobot yang ringan. Selain itu, bahan satu ini bisa memancarkan gaya yang sesuai dengan konsep minimalis.

2. Besi tempa dan plat

Ada juga bahan yang terbuat dari besi tempa dan plat. Kelebihan dari bahan ini adalah dapat dibentuk sedemikian rupa dan juga kuat. Biasanya, bahan ini cocok untuk hunian yang mengusung desain klasik.

3. Kayu

Banyak juga orang yang menggunakan bahan kayu untuk membuat teralis jendela. Pada umumnya, bahan ini dipakai untuk jendela besar tanpa perlu banyak dibentuk.

Nah, selain model teralis jendela minimalis beserta bahannya, ketahui juga tips untuk memilihnya.


Tips Memilih Teralis Jendela

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam memilih teralis jendela adalah, menyesuaikannya terlebih dahulu dengan desain rumah. Saat kamu membuat desain rumah dengan tatanan yang menarik, maka unsur yang ada di rumah harus saling melengkapi. Termasuk dalam hal pemilihan teralis.

Karena salah satu fungsi teralis adalah meningkatkan karakter pada jendela. Misalnya ketika kamu akan membangun rumah dengan desain klasik, maka model yang tepat adalah teralis dengan bentuk yang tampak rumit ditambah dengan paduan warna emas serta coklat.

2. Utamakan Aspek Keamanan

Fungsi utama dari pemasangan teralis jendela yakni untuk menutup jalur yang terdapat di jendela di rumah, supaya tidak ada orang yang bisa masuk. Aspek keamanan dalam memilih teralis menjadi hal yang penting dibanding estetikanya saja. Untuk ukuran aman, jarak maksimal antara jeruji pada teralis adalah 30cm. Sehingga, lebih dari ukuran tersebut maka ruangan yang ada di sela besi bisa dimasuki tubuh manusia walaupun dengan cara yang tidak mudah.

3. Jangan Memasang Teralis yang Mirip Jeruji Penjara

Mungkin karena kamu ingin tampilan teralis di rumah terlihat sederhana, maka kamu memilih teralis yang bentuknya mirip dengan jeruji penjara. Pilihan ini terlihat salah, teralis jendela kamu akan terlihat seperti kaku. Maka jangan pernah memasang teralis yang modelnya seperti jeruji penjara. Kamu masih bisa memilih model lainnya yang simpel tapi enak dipandang.

4. Memasang Baut Tersembunyi

Langkah terakhir dalam memilih teralis jendela adalah dengan memasang baut yang tak terlihat, atau tersembunyi. Teralis biasanya akan dipasangkan pada bagian kusen dengan menggunakan baut. Teralis dapat dilepas dengan mencongkel bautnya dengan mudah. Maka pilihlah model dan desainnya yang membuat baut tidak tampak dari luar.

Jika kamu bingung lantaran banyak pilihan dan model teralis jendela minimalis. Tenang, kami akan memberikan inspirasi desain yang kekinian dan cocok untuk diterapkan di berbagai bentuk rumah modern. Simak penjelasan di bawah ini.


Desain Populer Teralis Jendela Minimalis