Spinner Icon

Pahami Jenis Pencahayaan Ruangan untuk Tinggal Lebih Nyaman

Author Image
Info Terbaru · 25 Agustus 2021
Table of Contents:

Pemasangan pencahayaan ruangan tidak bisa kamu lakukan sesuka hati. Kamu tetap harus memahami fungsi dan prinsip pemasangannya. Pencahayaan ruangan yang sesuai akan menghidupkan suasana dan menambah estetika. Suasana tersebut akan memberi kamu kenyamanan ketika berada di dalam rumah.  Selain itu, cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup bisa membuat mata tegang sehingga mudah lelah. Ada beberapa prinsip yang perlu kamu ketahui sebelum membeli lampu penerangan untuk hunian barumu.


Pencahayaan Ruangan Secara Umum (General Lighting)


(www.archdaily.com)

Tipe pencahayaan ruangan secara umum digunakan sebagai sumber penerangan utama. Biasanya, dilakukan dengan memposisikan lampu pada tengah ruangan. Kamu harus menggunakan lampu yang dapat menerangi seluruh ruangan. Pencahayaan ruangan seperti ini juga dikenal dengan istilah low lighting, karena lampu yang digunakan tidak perlu menggunakan cahaya yang sangat terang. Terkadang pencahayaan umum juga didukung lampu dengan jenis yang lain untuk menguatkan suasana. Penggunaan lampu chandelier di tengah ruangan adalah contoh lain yang bisa kamu pilih untuk menerapkan general lighting.


Pencahayaan Ruangan Terkonsentrasi (Task Lighting)


(Foto oleh Jorge De Jorge dari Unsplash)

Task lighting merupakan pencahayaan ruangan yang berfokus untuk menerangi area tertentu. Kamu bisa menerapkannya di ruang tamu, kamar tidur, meja makan, dan dapur menggunakan lampu gantung. Oleh karena letaknya yang biasanya berada di sudut-sudut strategis tempat banyak orang melakukan aktivitas, task lighting biasanya memiliki variasi bentuk yang beragam dan lebih unik dibandingkan dengan general lighting.

Pencahayaan ruangan terkonsentrasi membantu kerja mata supaya mata tidak tegang dalam melakukan aktivitas yang membuatnya lebih cepat lelah. Penerapan task lighting juga dapat ditemukan dalam lampu berdiri yang bisa kamu letakkan di dekat sofa untuk membantumu membaca lebih jelas.


Pencahayaan Ruangan dengan Aksen Tertentu (Accent Lighting)