Spinner Icon

Panduan Berburu Rumah di Pameran Properti

Author Image
Info Terbaru · 10 Agustus 2016
Tak terasa sekarang kita sudah sampai di bulan Agustus, bulan yang umum dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bulan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Namun, bagi mereka yang hendak memiliki rumah, bulan Agustus ini bukan hanya menjadi bulan untuk merayakan hari jadi negara kesayangan ini, namun juga sebagai bulan untuk menemukan rumah idaman mereka. Hal ini tidak lain karena akan diadakannya pameran properti dari BTN lewat ajang Indonesia Property Expo 2016 (IPEX 2016).


Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan Anda beberapa tips agar kunjungan dan proses mencari rumah di pameran properti nanti menjadi lebih efektif, efisien, dan memuaskan.


Persiapkan budget

Jika Anda berniat mengunjungi pameran properti untuk membeli rumah, persiapkanlah budget yang bisa dijadikan dana untuk rumah Anda. Jika Anda berniat membeli rumah secara KPR, maka budget yang perlu Anda siapkan adalah budget uang muka dan perkiraan seberapa besar cicilan yang dapat Anda bayar tiap bulannya. Dengan mempersiapkan budget, pencarian rumah idaman Anda akan menjadi lebih fokus kepada rumah yang sesuai untuk Anda dari sisi ekonomi dan pencarian pun menjadi jauh lebih efisien.
Terlebih lagi, jika penghitungan budget dilakukan dengan baik, maka kedepannya dapat meringankan beban ekonomi Anda.


Tentukan lokasi

Anda juga sebaiknya menentukan lokasi idaman rumah impian Anda sebelum mengunjungi pameran properti. Sama seperti mempersiapkan budget, hal ini juga berguna dalam membuat proses pencarian rumah impian Anda menjadi lebih fokus dan efisien. 


Ketika menentukan lokasi rumah idaman, pilihlah daerah yang dekat tempat Anda bekerja dan dekat dengan fasilitas-fasilitas publik (seperti tempat berbelanja, rumah sakit, jalan raya dan lain-lain), atau jika hal ini tidak memungkinkan, selalu pertimbangkan dengan matang bagaimana Anda dan pasangan akan melakukan aktivitas Anda ketika pindah ke lokasi tersebut. Jika Anda memiliki anak, pertimbangkan pula bagaimana transportasi anak Anda ke sekolah.


Pilih rumah jadi atau belum?

Ketika berkunjung ke pameran properti, Anda akan menemukan banyak pilihan rumah, mulai dari yang sudah jadi dan siap huni, hingga ke rumah yang masih baru dibangun. Jika Anda ingin membeli rumah, tentukan dulu kapan Anda ingin menempati rumah baru tersebut sebelum mengunjungi pameran properti. Jika Anda bertujuan untuk pindah sesegera mungkin, pilihlah rumah jadi. Namun, apabila Anda berencana untuk “pindah rumah” beberapa bulan kemudian, pilihlah rumah yang belum jadi, karena umumnya rumah yang belum jadi ditawarkan dengan harga yang lebih murah.


Siapkan berkas-berkas

Hal ini sangat penting untuk proses administrasi pembelian rumah, terutama ketika Anda ingin mengajukan pembelian rumah secara KPR. Anda sebaiknya mempersiapkan berkas-berkas diri Anda sebelum mengunjungi pameran properti agar Anda dapat dengan cepat menyelesaikan proses pembelian. Sebagai informasi, pada pameran properti, proses pembelian dapat diselesaikan di hari itu juga pada di tempat tersebut. Oleh karena itu jika Anda sudah mempersiapkan berbagai berkas diri, bukan tidak mungkin Anda dapat membawa pulang rumah pada hari pertama Anda mengunjungi pameran properti.


Putuskan dengan tenang

Memang, ketika Anda mengunjungi pameran properti, besar kemungkinan Anda akan menemukan banyak rumah-rumah yang menarik hati Anda. Tapi ketika Anda benar-benar memutuskan untuk membeli rumah, selalu pastikan bahwa keputusan tersebut diambil secara rasional dan bukanlah sebuah keputusan emosional. Analisa dulu secara mendalam agar segala aspek dari rumah, keadaan, serta kebutuhan dan keinginan Anda cocok satu sama lain. Hal ini agar tidak merugikan dan meninggalkan penyesalan bagi Anda di kemudian hari.


Jika Anda sudah mempersiapkan budget dan lokasi serta berbagai kriteria-kriteria lain yang hendak dicapai dalam perburuan rumah ini, maka hal tersebut dapat menjadi pembanding bagi Anda dalam menganalisa rumah pilihan Anda tersebut, dan menjawab, “Apakah keputusan Anda tersebut adalah sebuah keputusan yang tepat?”

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua