Spinner Icon

Semua Tentang Paving Block yang Harus Kamu Ketahui

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 20 November 2023
Table of Contents:
  • Apa itu Paving Block?
  • Keunggulan Menggunakan Paving Block
  • 1. Daya Tahan yang Kuat
  • 2. Fleksibilitas Desain
  • 3. Pemasangan Mudah
  • 4. Perbaikan yang Mudah
  • 5. Drainase yang Baik
  • Macam-Macam Model Paving Block
  • 1. Model Bata 
  • 2. Model Cacing 
  • 3. Model Hexagon 
  • 4. Model Trihex
  • 5. Model Rumput 
  • Berapa Kisaran Harga Paving Block?
  • Bagaimana Proses Pemasangan Paving Block?
  • Kesimpulan

Selain jalanan aspal, apakah kamu pernah melihat jalanan yang terlihat seperti batu yang disusun rapi? Jika iya, kamu telah melihat paving block atau yang lebih kenal dengan conblock/konblok.

Paving block adalah material bangunan yang terbuat dari beton atau bahan-bahan lainnya yang digunakan untuk membuat jalan, trotoar, atau area outdoor lainnya. Mereka hadir dalam berbagai model, ukuran, dan warna yang memungkinkan fleksibilitas dalam desain dan penggunaan di berbagai tempat.

Yuk, ketahui selengkapnya apa itu paving block, jenis modelnya, dan apa saja keunggulannya di artikel ini.


Key Takeaway:

  • Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang digunakan untuk menutup permukaan tanah. Biasa digunakan untuk jalanan, parkiran, taman, dan lainnya.
  • Keunggulan menggunakan paving block adalah ia memiliki daya tahan yang kuat, bisa didesain sesuai yang kita inginkan, mudah dipasang dan perbaiki, serta memiliki drainase yang baik
  • Model paving block yang umum adalah bata, cacing, hexagon, trihex, dan rumput.

Apa itu Paving Block?

Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang digunakan sebagai penutup atau pengeras permukaan tanah. Terbuat dari campuran semen, pasir, dan air, paving block memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna.

Bentuk paving block yang umum digunakan adalah persegi, persegi panjang, dan hexagon. Ukurannya juga bervariasi, mulai dari 10x10x5 cm hingga 40x40x10 cm. Warna paving block umumnya tersedia dari warna natural, reguler, hingga warna khusus.


Keunggulan Menggunakan Paving Block

Menggunakan paving block sebagai material memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam konstruksi. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari penggunaan paving block.

1. Daya Tahan yang Kuat

Paving block terbuat dari bahan-bahan yang kuat, seperti beton atau batu alam. Mereka mampu menahan tekanan dan beban, menjadikannya pilihan yang ideal untuk perkerasan jalan, trotoar, dan area parkir yang akan menerima lalu lintas berat.

2. Fleksibilitas Desain

Salah satu keunggulan terbesar dari paving block adalah fleksibilitas desainnya. Mereka hadir dalam berbagai model, ukuran, dan warna yang memungkinkan kreativitas dalam menciptakan pola dan desain yang menarik. Ini membuatnya cocok untuk berbagai gaya arsitektur dan wilayah.

3. Pemasangan Mudah

Paving block relatif mudah dipasang. Mereka seringkali datang dengan sistem interlocking atau pengunci yang mempermudah pemasangan. Pemasangan paving block dapat dilakukan dengan cepat, menghemat waktu, dan biaya tenaga kerja.

4. Perbaikan yang Mudah

Salah satu keunggulan besar lainnya adalah kemudahan perbaikan. Jika ada bagian paving block yang rusak atau aus, bagian tersebut dapat diganti dengan mudah tanpa harus merusak seluruh permukaan.

5. Drainase yang Baik

Paving block memiliki sela-sela kecil antara batunya yang memungkinkan aliran air yang baik. Ini membantu mencegah genangan air di permukaan jalan atau area perkerasan, menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah yang sering terkena hujan.

Baca juga: SPC Flooring: Jenis Lantai Paling Modern dan Revolusioner


Macam-Macam Model Paving Block

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, paving block dapat dibedakan menjadi berbagai jenis, antara lain:

1. Model Bata 


Paving model bata adalah jenis paving block yang paling umum digunakan. Bentuk paving block ini menyerupai bata, yaitu persegi panjang atau persegi. Ukuran model bata yang paling umum adalah 21 cm x 10,5 cm. Model ini memiliki kelebihan yaitu mudah dipasang, kuat, dan harganya terjangkau.

Paving block model bata cocok digunakan untuk berbagai macam area, seperti jalan setapak, trotoar, parkiran, halaman rumah, dan taman. Paving block model bata juga dapat digunakan untuk membuat pola-pola tertentu, seperti pola kotak-kotak, pola garis-garis, atau pola motif.

2. Model Cacing 

Paving model cacing adalah jenis paving block yang berbentuk seperti cacing. Model ini memiliki kelebihan yaitu kuat, tahan lama, dan memiliki daya drainase yang baik. Paving block model cacing ini cocok digunakan untuk area yang sering terkena air, seperti taman, kolam renang, dan tepi sungai. Model cacing memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya agar air dapat mengalir dengan lancar.

3. Model Hexagon