Spinner Icon

Pentingnya Asuransi KPR, Kenali Jenis dan Penerapannya!

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 30 Juli 2022
Table of Contents:
  • Mengenal Asuransi KPR
  • Asuransi Jiwa KPR
  • Asuransi Rumah (Asuransi Kebakaran)
  • Keuntungan Memiliki Asuransi KPR

 

Mengenal Asuransi KPR (Source: Adobe Stock)

Beragam kemudahan yang ditawarkan oleh program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadikan produk perbankan satu ini primadona yang banyak dipilih oleh masyarakat yang ingin segera memiliki hunian idaman, terutama generasi milenial dan pasangan muda. Melalui KPR, masyarakat hanya perlu menyiapkan uang muka pembelian properti dan mencicil sisanya sesuai dengan jangka waktu (tenor) yang disepakati.

Cicilan ringan, syarat pengajuan yang mudah, hingga pembebasan biaya administrasi menjadi berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh banyak bank penyedia layanan KPR. Selain fitur-fitur tersebut, asuransi KPR menjadi salah satu fasilitas yang tidak kalah penting dalam mewujudkan cita-cita nasabah untuk memiliki rumah.

Mengenal Asuransi KPR

Pada dasarnya, pemaknaan asuransi KPR tidak jauh berbeda dengan asuransi pada umumnya, yaitu sebagai langkah preventif terhadap kerugian finansial yang disebabkan oleh hal-hal tak terduga yang mungkin menimpa pemegang polis di masa depan, seperti sakit, kondisi kritis, maupun meninggal dunia.

Bedanya, asuransi KPR secara khusus berperan dalam untuk meringankan beban finansial yang harus ditanggung oleh debitur ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maupun melindungi hak pemilikan properti terhadap ahli waris.

Saat ini, pemilikan terhadap asuransi KPR menjadi salah satu kewajiban yang disyaratkan oleh bank ketika nasabah mengajukan permohonan KPR. Namun, tidak jarang juga program KPR yang disediakan oleh bank sudah mencakup asuransi jiwa dan kebakaran.

Jenis Asuransi Dalam KPR

Pada ruang lingkup KPR, terdapat 2 (dua) jenis asuransi yang dapat dimanfaatkan sebagai langkah antisipasi, yaitu asuransi jiwa dan asuransi kebakaran rumah. Kedua produk asuransi menawarkan benefit perlindungan yang berbeda sesuai dengan tujuan proteksi yang ingin dicapai.

Asuransi Jiwa KPR

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi KPR yang melindungi kepemilikan hak properti jika nasabah KPR meninggal dunia di tengah masa angsuran.

Ketika pemegang polis asuransi KPR meninggal dunia, pihak pemberi asuransi akan mengambil alih kewajiban pelunasan kredit kepada pihak bank, untuk memastikan kepemilikan aset tetap jatuh ke tangan ahli waris. Karenanya, ahli waris dari nasabah tidak perlu khawatir dibebani oleh tunggakan cicilan rumah yang harus dibayarkan.

Di sisi lain, asuransi jiwa juga menguntungkan bagi pihak bank, karena adanya kepastian terkait pihak yang menjamin pelunasan kredit.

Sebaliknya, pengajuan KPR tanpa asuransi jiwa bisa berisiko bagi ahli waris debitur, terlebih jika ahli waris ternyata tidak memiliki kemampuan untuk meneruskan cicilan kredit. Perlu diingat bahwa selama periode pembayaran KPR, properti belum sepenuhnya menjadi hak milik nasabah dan masih dapat dipindahtangankan oleh pihak bank jika nasabah maupun ahli warisnya dinilai tidak mampu untuk membayar cicilan kredit.

Asuransi Rumah (Asuransi Kebakaran)

Asuransi rumah merupakan jenis asuransi KPR yang umumnya diberlakukan oleh bank pelaksana program KPR maupun pemberi jasa asuransi. Asuransi ini menjamin debitur pemegang polis dari resiko kerugian finansial yang secara langsung disebabkan oleh:

  1. Kebakaran (fire)

Dalam hal ini, kebakaran yang ditanggung dalam asuransi adalah kebakaran yang disebabkan oleh kekurang hati-hatian atau kesalahan pelayan atau karyawan Tertanggung, tetangga, perampok atau sejenisnya, ataupun karena sebab kebakaran lainnya selain yang dikecualikan oleh polis.

  1. Petir (lightning)

Dalam situasi kebakaran yang disebabkan oleh petir, peralatan elektronik dan instalasi listrik yang terbakar turut ditanggung oleh polis asuransi.

  1. Ledakan (explosion)

Risiko ledakan yang ditanggung merupakan ledakan yang berasal dari harta benda yang dipertanggungkan pada polis asuransi kebakaran.

  1. Kejatuhan Pesawat Terbang (aircraft)

Polis asuransi kebakaran menjamin risiko dari benturan fisik antara pesawat terbang termasuk helikopter atau segala sesuatu yang jatuh dari padanya.

  1. Asap (smoke)

Asap yang dimaksud dalam hal ini adalah asap yang ditimbulkan oleh kebakaran harta benda yang dipertanggungkan pada Polis.

Asuransi kebakaran menjamin pertanggungan terhadap kerugian harta benda yang dapat berupa bangunan termasuk perabot, mesin, persediaan, barang dagangan, serta lainnya yang tidak dikecualikan dalam perjanjian polis.

 

Keuntungan Memiliki Asuransi KPR

Asuransi dalam program KPR memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah pertanggungan terhadap risiko yang menimpa properti yang menjadi objek KPR. hal tercantum pada Peraturan Kementerian Keuangan RI No. 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship, yang berbunyi:

“Asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit.”[5] [6] [7] [8] 

Dalam hal ini, jaminan pemenuhan yang dimaksud adalah bantuan pelunasan kredit pemilikan rumah untuk pemegang polis yang meninggal dunia yang diberikan oleh asuransi jiwa KPR.

Selain itu, manfaat yang didapatkan dari asuransi kebakaran adalah pertanggungan terhadap kerugian seluruh objek asuransi yang disebabkan oleh kebakaran dan bencana lain yang disebutkan dalam perjanjian polis. Karenanya, kamu dapat terlindungi dari risiko kerugian materi yang terlalu besar.

Asuransi KPR merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi pada properti yang miliki. Tentunya, kamu tidak ingin risiko yang mungkin menimpa di masa yang akan datang mengakibatkan kamu mengalami kerugian berat hingga kehilangan properti.

Karenanya, carilah program KPR yang memuat produk asuransi di dalam perjanjian kreditnya. Tak hanya kamu akan mendapatkan kemudahan dalam memiliki hunian idaman, tapi kamu juga akan mendapatkan perlindungan atas properti yang kamu beli.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua