Spinner Icon

Pentingnya Asuransi pada Program KPR Rumah

Author Image
Info Terbaru · 2 Maret 2017

Ketika Anda membeli rumah lewat program KPR rumah, umumnya akan ada berbagai biaya ekstra yang akan dibebankan kepada Anda, salah satunya asuransi.

Asuransi ini, meskipun cukup mahal dan proses pengurusannya cukup rumit, bukanlah sebuah hal yang dapat dianggap remeh, karena manfaat yang ditawarkannya kepada Anda sangat-sangatlah besar!

Asuransi kebakaran untuk rumah baru

Salah satu asuransi yang umum diberikan ketika Anda membeli rumah lewat program KPR adalah asuransi kebakaran untuk rumah tadi. Asuransi ini sangat penting karena dapat sangat membantu Anda. Karena seandainya rumah kredit Anda tadi terbakar, maka Anda akan menerima ganti rugi terhadap kerugian Anda.

Uang ganti rugi ini kemudian dapat Anda pakai untuk merenovasi rumah yang Anda kredit tadi.

Sebenarnya, secara tidak langsung, asuransi kebakaran ini juga berfungsi untuk melindungi bank. Karena ketika rumah kredit tadi terbakar, maka besar kemungkinan si debitur akan kesulitan atau berhenti membayar angsuran KPR-nya, entah itu disebabkan oleh si debitur yang kehabisan uang karena harus merenovasi rumah, atau karena si debitur merasa rumah tadi sudah hancur dan sebaiknya diambil alih pihak bank saja.

Asuransi jiwa pada KPR

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi jiwa yang juga sangat umum dibebankan pada program KPR rumah. Bagi Anda yang merasa heran mengapa harus ada asuransi jiwa ketika membeli rumah lewat program KPR, percayalah, hal ini sangat baik bagi Anda.

Karena dengan adanya asuransi jiwa, seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membuat Anda (yang namanya dipakai dalam pengajuan KPR) menjadi kehilangan nyawa atau mengalami cacat yang membuat Anda tidak dapat mencari nafkah, maka ahli waris Anda tidak akan mewarisi utang kredit dari KPR yang Anda ambil.

Hal ini dapat terjadi karena ketika hal tersebut terjadi (kematian atau cacat) maka pihak asuransi akan mengambil alih sisa angsuran KPR tadi.

Hal ini tentunya merupakan hal yang sangat membantu, terutama bagi keluarga Anda, karena mereka tak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana cara melunasi kredit yang dimilikinya.

Asuransi jiwa tentunya juga sangat berguna bagi pihak bank, karena dengan adanya asuransi ini, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka mereka dapat tenang tak perlu takut akan ada kredit macet dari si debitur, karena semuanya cenderung akan aman di tangan asuransi. Anda juga tak perlu terlalu memikirkan bagaimana kelanjutan rumah Anda tersebut. Karena jika urusan asuransi jiwa Anda sudah beres, maka semuanya tinggal urusan antara pihak bank dan pihak asuransi.

Karena nilai fungsinya yang sangat tinggi, maka Anda harus bersyukur atas adanya fitur ini dan menyiapkan segala hal yang dibutuhkan, agar Anda terlindungi sepenuhnya oleh asuransi jiwa, untuk Anda dan keluarga Anda.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua