Spinner Icon

Pentingnya Simulasi KPR untuk Investasi Anda

Author Image
Info Terbaru · 12 September 2016
Ketika Anda memilih masuk ke dalam dunia investasi, maka salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda menginvestasikan uang Anda adalah perencanaan. Anda harus memiliki perencanaan dengan matang tentang bagaimana Anda akan menginvestasikan uang Anda, seberapa besar biaya yang dibutuhkan, hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi nilai investasi Anda dan bagaimana Anda menangani faktor ini, serta seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan.


Properti, baik itu rumah, apartemen, ataupun ruko, di satu sisi merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup “gurih” dan memiliki prospek yang baik di Indonesia, oleh karena itu tidak heran jika Anda akan menemukan banyak orang asik berbisnis dan berinvestasi di bidang ini. Bahkan mereka sampai menggunakan program KPR rumah (atau kredit pemilikan lain untuk jenis properti lainnya) sebagai jalan untuk memiliki properti tersebut, karena memang prospeknya yang masih sangat bagus di Indonesia. 


Kembali ke masalah perencanaan, Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti, maka ada sebuah alat yang dapat membantu Anda menciptakan perencanaan investasi menjadi jauh lebih baik, namanya adalah simulasi KPR. Simulasi KPR adalah sebuah alat yang bisa dianalogikan sebagai kalkulator yang akan menghitung nilai kredit dan angsuran dari kredit KPR (atau bentuk kredit lain) ketika Anda memutuskan untuk memiliki rumah atau properti tersebut. Dengan menggunakan sistem simulasi KPR, Anda dapat tahu dengan detil besar angsuran dan jangka waktu manakah yang paling tepat untuk program Investasi Anda, karena dengan sistem ini, Anda dapat tahu seberapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya dan seberapa besar totalnya pada jangka waktu yang berbeda dengan sangat mudah. Apalagi, jika Anda memutuskan untuk menggunakan program KPR syariah, maka angka yang ditunjukkan ketika simulasi KPR adalah angka tetap yang akan Anda pakai hingga kredit lunas, tanpa perlu takut adanya perubahan angka dikarenakan perubahan tingkat suku bunga.


Ketika Anda sudah mengetahui seberapa besar angsuran, total kredit, dan jangka waktu untuk rumah atau produk properti lain yang hendak Anda jadikan barang investasi, maka Anda dapat melakukan sebuah perencanaan jangka panjang yang baik tentang keuangan dan usaha investasi Anda. Anda dapat memperhitungkan berapa besar dana yang akan Anda keluarkan untuk investasi ini dan seberapa besar keuntungan yang dapat Anda dapatkan nantinya. Lebih dari itu, dengan informasi detil mengenai angsuran yang Anda bayar, Anda dapat memperhitungkan risiko dari investasi Anda ini, misalnya Anda dapat memperkirakan kemungkinan terburuk ketika terjadi kenaikan tingkat suku bunga dan kemudian mempersiapkan rencana untuk mengantisipasi keadaan tersebut.


Sebagai penutup, perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam dunia investasi, karena perencanaan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dan meminimalisasi kerugian ari hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Oleh karena itu jika Anda memang berniat untuk berinvestasi di dunia properti (terutama jika Anda hendak menggunakan program KPR), maka lakukanlah simulasi KPR!  

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua