Spinner Icon

Perawatan Kulkas yang Baik Agar Awet dan Tidak Bau

Author Image
Info Terbaru · 4 November 2020
Table of Contents:

Perawatan Kulkas yang Baik akan memberikan dampak positif untuk kamu dan keluarga. Dengan merawat kulkas dengan cara yang benar maka kamu akan memiliki kulkas yang sehat dan awet digunakan untuk jangka panjang. Kamu tidak mau dong kalau kulkas menjadi rusak dan tidak bisa digunakan? Apalagi sekarang ini kulkas merupakan barang penting yang harus berada di rumah untuk melindungi bahan-bahan makanan agar selalu segar dan tidak busuk. Belum lagi masa pandemi yang mengharuskan kamu untuk lebih berhemat. Oleh karena itu tidak ada salahnya melakukan perawatan kulkas yang baik untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini merupakan cara merawat kulkas yang baik dan benar agar kulkas menjadi lebih awet dan tidak meninggalkan bau tidak sedap. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai ya!


Perawatan Kulkas yang Baik Dimulai Dari Hal Ini



Kamu pasti sering mengabaikan cara membuka kulkas dengan baik dan benar. Apalagi jika sedang terburu-buru mengambil makanan atau minuman di kulkas. Sering tidak memperhatikan cara membuka kulkas dengan benar, yaitu menarik kulkas disembarang bagian. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada gagang kulkas maupun door seal. Door seal pada kulkas merupakan bagian terpenting yang membuat kulkas tertutup dengan rapat dan rapih. Selain itu door seal berfungsi agar pintu tetap tertutup rapat sehingga makanan tetap dingin.

Door seal sendiri memiliki bentuk seperti karet dengan tekstur seperti squishy berwarna hitam atau putih yang mengelilingi bagian luar pada pintu kulkas kamu. Perawatan Kulkas yang Baik yaitu dengan rutin membersihkan door seal menggunakan lap basah dengan memberikan sedikit sabun. Kamu juga bisa menggunakan baking soda agar door seal tetap bersih dan tidak bau. Kemudian perhatikan membuka kulkas agar lebih berhati-hati dan secara lembut agar tidak merusak gagang kulkas. Perawatan Kulkas yang Baik berawal dari diri kamu sendiri dulu, ya!


Perawatan Kulkas yang Baik Salah Satunya Tidak Membiarkan Kosong



Perawatan Kulkas yang Baik dengan tidak membiarkan kulkas kosong maupun dalam keadaan terlalu penuh. Mengapa? Karena hal ini akan membuat kulkas bekerja terlalu keras sehingga bisa menjadi terlalu dingin atau menimbulkan aroma tidak sedap. Parahnya lagi hal ini akan membuat boros listrik. Atur bahan makanan seperlunya agar suhu kulkas dapat disesuaikan dengan benar. Suhu pada kulkas berpengaruh terhadap kinerja kulkas agar makanan tetap segar dan awet. Perawatan Kulkas yang Baik sebenarnya sangat mudah dan tidak merepotkan. Hanya saja memerlukan kesabaran dan kemauan sendiri.

Agar mencegah bau tidak sedap, kamu bisa menempatkan bahan makanan pada bagian tertentu agar tidak tercampur antara satu dengan yang lainnya.


Atur Suhu Kulkas dengan Benar Merupakan Salah Satu Perawatan Kulkas yang Baik



Perawatan Kulkas yang Baik selanjutnya dengan mengatur suhu pada kulkas dengan benar. Jangan biarkan mengatur suhu paling rendah agar tidak menimbulkan batuan es pada freezer. Pastikan suhu kulkas yang kamu atur sudah benar di antara 37-40 derajat agar tetap memberikan kualitas terbaik pada makanan yang ada di dalamnya. Lakukan cara ini untuk membuat makanan kamu tetap segar, tahan lama, dan bisa tetap terjaga.

Kulkas menjadi barang elektronik penting dan rentan akan kerusakan. Untuk itu ikuti tips yang sudah dijelaskan serta perhatikan agar kulkas tetap awet sehingga kamu bisa hemat listrik. Selamat mencoba tips di atas, ya!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua