Spinner Icon

Perbedaan AC Inverter dan Low Watt: Pilihan Tepat Hemat Energi

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 November 2023
Table of Contents:

Indonesia sebagai negara yang belokasi di katulistiwa, memiliki suhu yang cenderung tinggi dan memiliki musim panas yang cukup panjang. Hal ini membuat AC  diminati oleh konsumen. Ditambah lagi, perkembangan teknologi terus menghasilkan produk inovatif yang canggih.

Beberapa jenis AC kian populer, seperti AC inverter dan low watt. Kedua tipe AC tersebut kerap dicari konsumen karena penggunaan daya listrik lebih hemat dibanding AC pada umumnya.

Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara kedua tipe itu. Kamu sebagai konsumen tentu bingung dalam memilihnya. Tetapi, tenang saja. Pada artikel berikut ini, akan dijelaskan dengan lengkap apa saja perbedaan antara AC tipe inverter dan low watt.


Mari simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Key Takeaways:

  • Beberapa jenis AC kian populer, seperti AC inverter dan low watt. Kedua tipe AC tersebut kerap dicari konsumen karena penggunaan daya listrik lebih hemat dibanding AC pada umumnya.
  • AC low watt merupakan pendingin ruangan yang memiliki sistem bekerja secara on dan off yaitu berhenti bekerja ketika telah mencapai suhu yang diinginkan baik unit indoor maupun outdoor, dan kemudian menyala ketika suhu ruangan memanas.
  • AC inverter memiliki teknologi yang mampu bekerja menyesuaikan suasana ruangan. Tipe ini mampu bekerja secara maksimal ketika dinyalakan dalam mencapai suhu yang diinginkan dan mengurangi kinerja ketika suhu ruang telah stabil atau bisa disebut AC yang fleksibel mengikuti keadaan.

AC Low Watt

AC low watt merupakan pendingin ruangan yang memiliki sistem bekerja secara on dan off yaitu berhenti bekerja ketika telah mencapai suhu yang diinginkan baik unit indoor maupun outdoor, dan kemudian menyala ketika suhu ruangan memanas.

Tipe AC low watt memiliki daya listrik yang lebih kecil dibandingkan AC standard pada umumnya. Oleh karena itu, umumnya AC tipe low watt dipasarkan dengan harga yang lebih murah. AC low watt juga cocok untuk konsumen rumahan dengan pemakaian listrik normal rumah tangga.

Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih murah, AC tipe low watt menggunakan kompresor yang lebih kecil. Dengan begitu, tipe AC ini tidak cocok untuk penggunaan terus menerus.

Kelebihan AC Low Watt

  • Memerlukan daya listrik yang lebih rendah
  • Cocok digunakan untuk rumah tangga
  • Mampu mendinginkan ruangan dengan kinerja yang prima

AC Inverter

Berbeda dengan sebelumnya, AC inverter memiliki teknologi yang mampu bekerja menyesuaikan suhu ruangan. Tipe ini mampu bekerja secara maksimal ketika dinyalakan dalam mencapai suhu yang diinginkan dan mengurangi kinerja ketika suhu ruang telah stabil atau bisa disebut AC yang fleksibel mengikuti keadaan. Pasalnya, listrik yang mengalir pada AC ini dapat naik dan turun mengikuti ruangan.

Kelebihan AC Inverter

  • Mampu mengatur pendinginan secara otomatis
  • Hemat daya listrik
  • Menggunakan komponen yang berkualitas dan friendly ozone
  • Tidak berisik karena suara kompresor yang lebih halus dan bekerja dengan baik.

Perbedaan AC Inverter dan Low Watt, Kamu Pilih yang Mana?


Kedua jenis AC tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut beberapa perbedaan penting antara keduanya:

1. AC dengan daya listrik rendah

AC low watt memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan AC low watt adalah memiliki harga yang lebih terjangkau. Tentunya faktor ini memegang peranan penting ketika kamu ingin membeli sebuah AC. Dengan harga yang lebih terjangkau, kamu juga bisa memiliki AC dengan fitur energy saving yang tentunya hemat listrik.

2. AC dengan kinerja paling efisien

Efisiensi pada AC inverter dilakukan menggunakan remote. Dengan remote, kamu bisa menyetel suhu yang kamu inginkan. Kemudian ketika AC telah mendinginkan sampai ke suhu tersebut, maka kompresor akan menurunkan dayanya secara otomatis. Sehingga daya listrik yang digunakan lebih hemat.

Oleh sebab itu, AC inverter lebih cocok digunakan pada ruang tertutup. Karena jika digunakan pada ruang yang kerap dibuka dan ditutup, AC ini tidak akan mencapai suhu yang diinginkan dan berkinerja dengan kecepatan rendah. Akibatnya, unit outdoor akan terus bekerja dengan perputaran tinggi dan boros menggunakan listrik.

3. Suara Kompresor

AC low Watt umumnya menggunakan kompresor dengan daya yang lebih kecil dibanding AC standard pada umumnya. Dengan begitu, suara outdoor AC low watt umumnya lebih berisik daripada AC inverter. Hal ini juga berlaku untuk semua merek seperti Panasonic.

4. Tingkat kedinginan

Walaupun dengan kompresor yang lebih rendah, AC low watt tetap memiliki tingkat kedinginan yang sama dengan AC standard lainnya. Hanya saja AC low watt membutuhkan waktu lebih lama dalam mendinginkan ruangan.

Baca juga: AC Service Rutin agar Tetap Berfungsi dengan Baik


Kesimpulan

Itu dia penjelasan lengkap mengenai AC low watt dan inverter. Penting bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu jika kebingungan dalam memilih tipe AC yang diinginkan. Namun, jangan ragu untuk membeli AC berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Sebab, AC merupakan salah satu investasi dalam bentuk aset yang bertahan lama.

AC sendiri terdiri dari beberapa jenis selain low watt atau AC inverter yakni AC split duck, AC central, AC window, dan lain-lain. Apapun AC yang kamu pilih, penting untuk merawat AC dengan melakukan servis rutin. Jika menemukan kendala dengan AC, jangan khawatir kamu bisa pesan jasa servis AC dengan mudah secara online melalui Home Service di BTN Properti. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua