Spinner Icon

Perhatikan ini Ketika Anda Hendak Investasi Apartemen

Author Image
Info Terbaru · 18 Oktober 2016
Investasi di bidang properti memang memiliki prospek keuntungan yang besar, karena semakin tingginya permintaan atas apartemen oleh masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar. Layaknya KPR rumah, Anda pun dapat memiliki apartemen untuk investasi dengan cara yang lebih mudah lewat program kredit pemilikan apartemen.


Meskipun sekarang relatif lebih mudah dan memiliki prospek keuntungan yang besar, tetap saja ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi di apartemen agar Anda tetap mendapatkan keuntungan yang diharapkan dan terhindar dari masalah kerugian.


Lokasi adalah segalanya

Salah satu yang paling diperhatikan ketika Anda hendak memiliki apartemen untuk investasi, adalah dari sisi lokasi. Karena lokasi yang strategis kemungkinan besar akan menghasilkan permintaan yang tinggi pula nantinya. Ada beberapa standar yang dapat Anda jadikan acuan untuk menentukan apakah suatu lokasi adalah lokasi yang (atau akan menjadi) strategis, misalnya dekat atau memiliki akses yang baik ke jalan utamadekat dengan kawasan perkantoranberada di pusat kotajauh dari daerah yang rawan bencana, seperti banjirmerupakan kawasan yang sedang aktif melakukan pembangunan, misalnya di lokasi tersebut mulai dibangun area perkantoran, tempat perbelanjaan, dan tempat hiburan.
Perhatikan pihak manajemen gedung


Berbeda dengan rumah, apartemen adalah bentuk properti yang masih sangat bergantung kepada pihak ketiga yang menjaga kondisi apartemen tadi, yaitu pihak manajemen gedung. Ketika apartemen berada di bawah manajemen gedung yang baik, maka Anda dapat tenang bahwa apartemen yang Anda investasikan akan tetap pada kualitas yang prima hingga nantinya siap dicairkan, sehingga tidak ada kerugian atau kesulitan dalam pencairan investasi apartemen Anda ini. Pihak manajemen gedung yang baik akan selalu memastikan bahwa berbagai fasilitas apartemen juga akan tetap terawat dengan baik, sehingga menambah nilai jual dari apartemen yang Anda investasikan sebelumnya. 
Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memastikan rekam jejak manajemen gedung sebelum Anda memutuskan berinvestasi di barang yang mahal ini.


Beda lantai beda harga

Hal ini adalah salah satu hal unik yang dapat Anda pertimbangkan ketika hendak berinvestasi di bidang apartemen, yaitu unit apartemen di lantai atas memiliki harga pasaran dan permintaan yang lebih tinggi daripada unit apartemen di lantai bawah. Alasan dari terjadinya hal ini beragam, mulai dari kenyamanan, pemandangan yang unik, atau hanya sekedar prestis. Satu hal yang pasti, jika Anda serius untuk berinestasi di apartemen, terutama ketika Anda memiliki dana yang cukup, pilihlah unit-unit yang ada di lantai atas karena akan memberikan keuntungan yang besar untuk Anda di kemudian hari.


Sebagai penutup, Anda harus sadar jika investasi di apartemen bukanlah perkara ringan dari sisi keuangan, karena itu persiapkanlah secara matang sebelum Anda melakukannya. Selain itu pilihlah kawasan yang akan menjadi ramai, karena dengan berinvestasi pada kawasan ini, dana yang dibutuhkan akan semakin kecil, dan keuntungan yang didapat nantinya menjadi jauh lebih besar.
Selamat berinvestasi!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua