Spinner Icon

Persiapan Mudik di Tahun 2022

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 13 April 2022

Setelah 2 tahun, akhirnya pemerintah membolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Banyak masyarakat yang menunggu-nungu kabar baik ini dan mulai menyusun rencana mudik. Meskipun pemerintah sudah mengizinkan mudik, namun tetap harus waspada karena pandemic masih berlangsung. Berikut beberapa tips persiapan mudik yang bisa dijadikan referensi:

 

Pastikan Tubuhmu Fit

Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Setelah berbuka puasa, pastikan kamu makan dan minum dengan cukup, jangan sampai terlalu kenyang karena dapat membuat ngantuk atau kekurangan cairan sehingga membuat kamu dehidrasi. Makan sahur dan/atau berbuka puasa dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan juga serat agar tidak mudah lemas. Beristirahatlah ketika lelah dan mengantuk.

 

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Tetap terapkan protokol Kesehatan seperti jaga jarak, ganti masker setiap 4 jam sekali, cuci tangan sesering mungkin, konsumsi vitamin setelah berbuka atau sahur untuk menjaga imun tubuh. Kamu juga bisa membawa air purifier portable dengan jangkauan yang mumpuni agar bisa membersihkan udara pada kendaraan yang kamu tumpangi.

 

Perhatikan Persyaratan Mudik Tahun 2022

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Berikut ringkasan peraturan mudik selama pandemi:

- Sudah vaksin booster: Tidak wajib tes PCR atau antigen

- Sudah menerima 2 dosis vaksin: Wajib menunjukkan hasil Tes PCR atau Tes Antigen dengan hasil negatif. (PCR berlaku 3x24 jam dan Antigen berlaku 1x24 jam)

- Baru menerima 1 dosis vaksin atau memiliki penyakit komorbid sehingga tidak bisa menerima vaksin: Wajib menunjukkan hasil Tes PCR (PCR berlaku 3x24 jam)

- Anak berusia di bawah 6 tahun: Tidak wajib vaksin dan Tes PCR atau Antigen tapi wajib didampingi dengan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19.


Persiapkan Kendaraan Mudik

Jika mengendarai kendaraan pribadi, pastikan kamu sudah cek kendaraan dalam keadaan baik sebelum berangkat mudik. Lakukan servis berkala dan pengecekan kendaraan. Jika menggunakan transportasi umum, pastikan kamu membawa semua persyaratannya. Misal tiket perjalanan, bukti vaksin booster atau hasil antigen/PCR.

 

Siapkan Uang Tunai Secukupnya dan Uang Elektronik

Penting untuk kamu tetap menyiapkan uang tunai secukupnya. Sediakan juga uang kecil untuk membayar parkir jika membawa kendaraan sendiri karena tidak menutup kemungkinan kamu akan berhenti baik di mini market, buang air ataupun sholat. Selain uang tunai, pastikan juga uang elektronik untuk membayar tol sudah terisi cukup. Persiapkan juga dana di dompet digital karena sekarang beberapa pembayaran juga sudah bisa menggunakan pembayaran digital.

 

Memastikan Keamanan Rumah yang Ditinggalkan

Saat mudik, mungkin kamu akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam beberapa waktu lama. Pastikan kamu telah menyimpan barang berharga dengan aman. Pemasangan cctv baik di depan dan di dalam rumah juga bisa menjadi solusi. Jika ada tetangga atau orang terdekat yang tidak mudik, bisa juga meminta bantuan untuk sesekali mengecek keadaan rumah, paling tidak memastikan rumah masih terkunci dengan baik.

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6022440/aturan-baru-mudik-lebaran-2022-lengkap-pcr-antigen-hingga-syarat-booster

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua